Sebesar Apa 1 Gigabyte Itu ?

Buat kita-kita yang hidup di zaman sekarang, ga asing lagi kan dengan istilan Giga, Mega atau lengkapnya Gigabyte atau Megabyte itu. Yang memakai memory card di ponselnya pasti ga bakal asing dengan istilah ini; kecuali dia memang idiot total. Meskipun tetap saja banyak yang cuma mengenal istilah ini hanya sebatas ‘istilah ini’, tapi paling tidak mereka tau misalnya 1 Gb (gigabyte) dapat menampung kira-kira berapa banyak data-data ga penting seperti musik, foto narsis dan video di ponselnya. Gua lagi ga mo bahas detil tentang istilah ini sih, tapi gua lagi mo bahas betapa beruntungnya kita yang hidup dizaman ini dalam teknologi.


Berikut adalah gambar dari mesin IBM seri 3380 yang dibuat IBM di tahun 1980 (kanan), mesin ini bukan sembarang mesin karena dapat menampung data sebesar 1-2,5 Gb. Dibanding alat penyimpanan data super canggih yang lain hanya sekitar 250Mb (gambar kiri). Di jaman itu, jika kita ingin menyimpan musik disitu, untuk 250mb hanya menampung 25 menit lagu karena belum ada teknologi kompresi lagu seperti MP3. Sedih ya, alat semahal $81,000 – $142,400 itu hanya dapat menampung kurang lebih 5-6 lagu saja. Hehehe..
Tapi tujuannya saat itu bukan buat hura-hura ga penting seperti kebanyakan anak sekarang, mungkin kapasitas sebesar itu dipakai untuk menyimpan data-data penting perusahaan atau hal-hal produktif lainnya.

Sekarang bandingkan dengan yang kita pakai sehari-hari, di ponsel gua terpasang Memory Stick M2 dengan kapasitas 2Gb. Dimana kebanyakan memang berisi lagu, foto, dan termasuk data-data penting pekerjaan gua. Gua coba ambil beberapa gambar dari memory card yang gua punya. Asik juga ya jaman sekarang benda yang 20 tahunan lalu sebesar lemari baju dengan berat ratusan bahkan ribuan kilogram itu bisa menjadi sangat kecil sekali. Buat yg ga tau sekecil apa, ini gua foto bareng kartu-kartu ATM / Credit Card untuk memudahkan skalanya; kebayang kan? Hehehe..

Blogged with the Flock Browser
  1. Salam
    Hmm, yaks emang asyik man, secara teknologi membuat hidup kita lebih mudah dan berwarna, but sayang juga sometimes ada yang manfatin teknologi buat hal yang ga bener misalnya bikin bokep sendiri pake HP he..he.. so tentunya saja yg salah bukan HP nya ibarat yang salah bukan tajamnya pisau saat kita terluka, tapi si penggunanya, bener ga bro🙂
    Sorry nie, baru mampir lagi ntar gw masukin di peselencar blog biar tahu postingan2 baru lo. OK🙂

  2. Misi mas numpang lewat …
    Salam kenal.

  3. Somehow i missed the point. Probably lost in translation🙂 Anyway … nice blog to visit.

    cheers, Pavo!!!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: