Pelajaran sebelum berlibur, dan berbagai pengalaman dengan pusat servis.

Liburan akhir tahun kemarin, gua mendapatakan pelajaran yang sangat berharga yang sebetulnya bisa dibilang klise tapi ternyata penting banget. Yaitu ‘memeriksa semua perlengkapan yang akan dipakai’, yup hal sepele yang mustinya gua lakukan beberapa hari sebelum berangkat.๐Ÿ™‚
Singkat cerita, gua dan teman-teman sudah ditempat liburan; kami sudah sampai ditempat yang sudah jauh-jauh hari diriset via internet, dan bahkan titik koordinat nya sudah di bookmark di GPS hp gua. Ketika mau foto, kamera SLR sudah ditangan dan berisi memory card berapasitas 8Gb yang baru beberapa hari sebelumnya dibeli; baterai terisi penuh.. tapi loh.. koq tiap moto kluar tulisan “error 01, check lens contact.. bla bla bla..” WHAT?
Wah, mungkin di restart atau coba di lepas-lepas dulu tiap bagian kameranya, mulai dari memory card, baterai, lensa. Tapi setelah dipasang kembali, error ini terus muncul. Hanya terkadang-kadang aja kamera ini bisa berfungsi dengan baik. Dan pada akhirnya berhenti berfungsi karena error tadi, atau karena autofokus nya gagal.
Untung bawa kamera cadangan, biar cuma prosumer tapi lumayan lah. Dan teman-teman yang lain juga ada bawa kameranya. Jadi ga gondok-gondok amat, selain pikiran gelisah berapa biaya perbaikan untuk kamera gua.

Sesudah kembali ke Jakarta dan menunggu liburan tahun baru selesai, gua hari selasa segera membawa kamera dan lensa bermasalah ini ke pusat perbaikan kamera Canon di jalan Angkasa. Menurut CSO-nya ini mungkin masalah kabel power diagfragma nya yang terputus karena “usia” (sering dipakai). Dalam hati, gua pake ini jarang dan baru 1 tahun lebih umurnya. Estimasi biaya spare part nya sekitar 200rb-sekian plus ongkos kerja nya jg segituan. Mereka juga akan membersihkan elemen-elemen lensa biar kinclong lagi katanya, dan akan selesai dalam 2 minggu ini. Ya sudah, gua langsung acc kalo benar segitu; dan segera cabut ke kantor.
Rabu siangnya, gua kaget dapet sms dari mereka dan katanya sudah selesai. Wow.. jauh lebih cepat dari yang diperkirakan, hehehe.. Kamis pagi langsung gua ambil dan membayar total biayanya sebesar 462rb, dan sejauh ini gua test sudah tidak ada masalah lagi.๐Ÿ™‚

Yang membuat gua salut, Canon memiliki pusat perbaikan yang bisa dibilang sangat cepat dalam bekerja. Selain itu juga nyaman, gua tiap kesana selalu kangen sama kopi gratisnya. Dan Canon berhasil memecahkan rekor perbaikan tercepat buat barang-barang elektronik yang gua punya. Berikut pengalaman-pengalaman gua dengan pusat servis produk:
1. MP3 player Creative Nuvo, lama servis hampir 1 bulan. Dan akhir nya diganti 1:1 alias diganti baru karena mereka nyerah.
2. MP3 player Samsung, lama servis 1 minggu. Mereka sukses memperbaiki, katanya sih board nya diganti.
3. Soner P1i, update software. Lama servis beberapa jam aja.
4. DVD player Changhong, ganti optik. Kalo ga salah 3-4 hari.
5. Nokia E71, ganti layar. Ini gila, sebulan lebih. Hasilnya casing layar baret, dan ada debu di layar bagian dalam sampai sekarang.
6. Lensa Canon 17-85IS, ganti diafragma. Lama kerja 2 hari.

Terkadang brand yang merasa dirinya belum memimpin pasar akan berusaha sebaik mungkin untuk menyenangkan penggunanya. Misalnya Changhong, tv bokap gua waktu itu rusak dan teknisinya datang dalam waktu beberapa jam saja loh. Tapi yang gua salut adalah Canon yang bisa dibilang salah satu dari “The Big Two” dalam pasar kamera SLR bersama Nikon, mereka bisa dengan cepat melayani konsumennya.๐Ÿ™‚

si kecil ini telah sedikit merusak liburan gua๐Ÿ˜ฆ

  1. Hello there๐Ÿ™‚ nice blog, I’m blogie walking here.. keep writing and heppy blogging. my last post is about wedding ideas can you help me please?

  1. Januari 9th, 2010

Tinggalkan Balasan

