“Busway” ala China, KEREN!!

Kemajuan ekonomi Cina sepertinya kalo ga diimbangin dengan transportasi publik yang wokeh bisa2 malah bikin kota2 besarnya macet. Mereka memang sudah punya kereta Maglev yg super cepat itu, jalan2an yang luas, tapi buat mereka masih kurang. Oleh sebab itu mereka merancang bis yang ga kemaruk kayak TransJakarta yang ngambil jalur jalanan Jakarta yang memang sudah sempit.
Ini fotonya:
Bis ini bisa muat 1200 penumpang! Bentuknya besar sampai membutuhkan 2 jalur jalan, tapi bis ini membentuk terowongan sehingga jalur yang dia pakai tetap bisa dilewati kendaraan yang lebih kecil dibawahnya.
Untuk keamanan akan dilengkapi sensor radar untuk memperingati kendaraan dibawahnya ketika terlalu dekat dengan roda bis ini. Juga akan memperingati kendaraan yang akan melewati kolong bis jika kendaraan itu terlalu tinggi. Sampai dengan peringatan yang paling mendasar yaitu ketika bis ini akan membelok.πŸ˜€
Dari video nya, sepertinya selain dari samping, penumpang bisa masuk dari bawah, Jadi memungkinkan station bis dibuat sesuai dengan kondisi jalan. Kalo terjadi kecelakaan, dinding bis yang ada jendela akan terbuka dan menjadi semacam perosotan yang memudahkan penumpang evakuasi.
Juga dari video nya, sepertinya bis ini bertenaga listrik. Station selain untuk menaik-turunkan penumpang juga berfungsi sebagai “charger” untuk bis ini.πŸ™‚
  1. wow keren dan dan gak makan tempat ya, tetap menyediakan jalan untuk kendaraan yang lain..
    bagus banget tuh idenya.. kita kapan bisa kayak gitu ya? hehe

    • awo
    • Agustus 22nd, 2010

    Harus didukung oleh segala aspek,bukan hanya teknologi dan finansial saja tapi budaya orang-orang kita juga harus dididik untuk tidak saling serobot. Karena bahayanya akan lebih kalau jalur di bawahnya juga masih amburadul. Tapi salut inovasi sepeti ini kalau sampai terwujud di negeri kita……….semoga

    • habilih al khawarizmi
    • Januari 1st, 2011

    keren

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: