Nokia E71

Sudah seminggu lebih ahirnya gua menggunakan Nokia E71, buat teman-teman forum yang minta review-nya maaf banget kalo sekarang baru sempat nulis. Lagian masa baru 1-2 hari, udah nulis review; nanti kurang akurat doang. Hehehe…

Nokia E71 Gray Steel (gambar dari GSM Arena)

Nokia E71 Gray Steel (gambar dari GSM Arena)

Nokia E71 White Steel (gambar dari GSM Arena)

Nokia E71 White Steel (gambar dari GSM Arena)

Wokeh kita mulai ya.

Desain
Desain dari Nokia E71 ini asli sangat elegan, jika di sejajarkan dengan seri pendahulunya Nokia E61i bakalan kebanting banget. Dengan dimensi 114mm x 57mm dengan ketebalan yang hanya 10 mm membuat ponsel ini bahkan lebih tipis dari Apple iPhone sekalipun. Membuat Nokia E71 ini mungkin bisa dibilang ponsel bisnis / kantoran yang paling tipis dibanding pesaingnya seperti Blackberry atau ponsel berbasis windows lainnya. Ditambah casing metal yang berwarna hitam chrome yang membuatnya semakin ‘nongol’ jika disejajarkan dengan ponsel keluaran kompetitornya.

Fitur
Ponsel ini beroperasi di 4 band GSM (GSM 850/900/1800/1900) dan 2 band HSDPA (HSDPA 2100/900). Dengan kamera 3.2 Megapixel autofocus, dan bisa merekam video MPEG 4 dan 3GP. Layar horisontal resolusi 320 x 240 pixel 2.36 inchi 16 juta warna tipe TFT. Asiknya tipe TFT jika dipakai di luar ruangan dengan sinar matahari terik, layar TFT akan tetap terlihat jelas. Memory internal 110 Mb, ram 120 Mb plus memory tambahan via MicroSD Card yang bisa sampai 8 Gb. Sebagai ponsel yang dirancang untuk bekerja, tentu kita akan banyak memakai email dan membuka website; maka Nokia E71 dibekali dengan keyboard QWERTY utnuk memudahkan kita mengetik tulisan yang panjang dengan nyaman dan cepat. Oh ya, battery nya jenis Lithium-Polimer denga 1500 mAh (tipe BP-4L), asli ponsel ini betul-betul awet banget battery-nya. Rata-rata gua bisa memakain ponsel ini dari full charge sampai 3 hari, dengan sisa 1-2 bar loh. Padahal malamnya sering gua pakai untuk browsing internet via Wifi.

Yang paling menarik adalah Setting Wizard dari Nokia yang sangat memudahkan pengguna nya dalam menyeting ponsel. Biasanya kita harus menyeting dengan manual atau minta dari operator untuk settingan mms dan internet/gprs. Belom lagi buat pengguna email, kita terpaksa mensettingnya secara manual, dan bisa di bilang proses mimpi buruk buat pengguna awam. Buntut-buntutnya banyak pengguna tidak memanfaatkan fasilitas internet, email dan mms di ponselnya. Tapi di E71 ini kita tinggal jalankan Setting Wizard, mengisi alamat email dan password nya; dan taadaaaaa… semua setingan internet, mms, dan email sudah jadi dan ponsel ini siap digunakan secara maksimal.

Email client dari ponsel ini sepertinya sudah mendukung sejenis ‘push email’ ala Blackberry, dan tidak seperti push email milik Blackberry yang berbayar; yang di Nokia E71 ini gratis dan bisa untuk email dari Gmail. Untuk email lain seperti Yahoo atau yang lainnya; gua kurang tau karena belom coba. Untuk pemakai MSN, juga disediakan software MSN, dan lagi-lagi gua belum bisa mencoba karena tidak punya accountnya. Tapi sejauh ini, untuk pengiriman email pengalaman gua sih cukup lancar, dan untuk penerimaan email malah ‘terlalu lancar’ karena setiap email masuk akan juga langsung masuk ke inbox ponsel. Sebetulnya rada ganggu sih, karena tiap beberapa menit bisa bunyi-bunyi masuk email gitu. Ahirnya penerimaan otomatisnya gua matiin aja, hehehe..

Web Browser berbasis Safari yang disertakan, bisa me-render halaman-halaman website yang rumit sekalipun. Nokia memilih mitra yang tepat dalam hal ini. Safari adalah browser dari Apple yang juga dipakai di iMac, Mac Book Pro, iPhone beserta produk-produk terbaru Apple lainnya (sekarang juga tersedia untuk Windows). Jadi untuk urusan browsing internet, ponsel ini ditangani oleh pihak yang tepat. :)

Untuk yang butuh aplikasi Office, Nokia E71 dilengkapi QuickOffice. Dan bisa memulai, mengedit dan menyimpan file jenis Word, Exel, dan Power Point. Selain itu agendanya memiliki interface ala Nokia E90 dengan bagian sebelah kiri layar menampilkan kalender dan sebelah kanan layar menampilkan isi dari appoinment, notes, to-do list, dll. Kamera dari ponsel ini juga bisa di gunakan untuk memindai/scan dokumen tulisan dan langsung mengubahnya menjadi text yang bisa kita edit-edit. Juga bisa menjadi pemindai kartu nama dan langsung menerjemahkan nama, nomor telpon, alamat, fax, email, website, dll yang tertulis di kartu kedalam daftar contact kita. Fitur ini sudah pernah gua temui di ponsel gua yang sebelumnya, Nokia nyontek dari situ kali ya? :pone

Buat yang sebelumnya memakai ponsel pintar / smart phone Nokia, ada aplikasi baru di Nokia E71 bernama “Switch”. Seperti namanya, aplikasi yang bisa kita jumpai di folder Tools ini berfungsi untuk membantu memudahkan kita, maksud saya JAUUUH… memudahkan kita untuk berpindah dari ponsel lama kita ke Nokia E71 ini. Dengan “Switch” kita bisa memilih data-data apa saja yang bisa kita impor secara utuh dari ponsel kita sebelumnya. Mulai dari contacts, notes, sms, jadwal kalender, dll. Saya agak lupa-lupa deh bisa apa aja, tapi yang jelas seolah semua data dari Nokia 6120 saya dengan lengkap pindah aja gitu ke Nokia E71. Sayang untuk yang dari Sony Ericsson P1i tidak bisa di impor, padahal itu lah ponsel utama saya sebelumnya. :( Tapi yang jelas fitur ini sangat sangat sangat.. memudahkan kita sebagai pengguna. Banyangin mimpi buruh mentransfer manual isi contact phonebook kita, belum lagi sms yang memang tidak bisa di transfer, calendar yang tidak lengkap, dll. Pokoknya gua sangat berterima-kasih untuk fitur ini. Semoga untuk kedepannya akan selalu menjadi fitur standar untuk semua ponsel. 

Multimedia
Mungkin ponsel ini selalu mengajak kita untuk bekerja sambil bersenang-senang menikmati prosesnya. Fitur pemutar multimedianya bisa dibilang lengkap. Mulai dari pemutar musik dan videoyang mendukung berbagai format populer, juga dilengkapi pemutar file flash yang memungkinkan kita browsing di situs-situs berbasis flash seperti Youtube. Yup ponsel ini bisa membuka situs Youtube versi desktop maupun versi mobile dengan tanpa masalah. Bahkan dengan software tambahan seperti Mobitubia kita bisa menyimpan video dari Youtube dan memutarnya atau mengirimkannya di lain waktu. Buat yang suka mendengarkan radio, juga disediakan Visual Radio.

GPS
Buat yang suka jalan-jalan fitur ini mungkin bisa sangat berguna. Dengan kombinasi penerima GPS built-in dan Assisted GPS, membuat lebih mudah menemukan lokasi fix dari kita. Karena ketimbang GPS konvensional, agak sulit dan lama untuk menemukan posisi kita secara tepat ketika kehalang gedung-gedung atau ada di dalam ruangan. Untuk petanya disediakan Nokia Map dengan peta Indonesia yang mencakup Jawa dan Bali. Untuk peta negara lain bisa di download dengan gratis dari situs Nokia. Buat yang mau peta gratis lainnya, bisa dengan Google Maps. Sayangnya untuk Google Maps, Indonesia cuma tersedia foto satelit saja, belum ada peta vector nya seperti di Nokia Maps. Tapi fungsi GPS nya tetap berjalan dengan baik di Nokia Maps dan Google Maps. Fitur penunjuk jalan di Nokia Maps (Walk n Drive) diberikan waktu trial 3 bulan pemakaian gratis, setelah itu kita harus berlangganan.

Kekurangan
Ponsel ini sebetulnya sudah sangat memuaskan, tapi memang ada sedikit kekurangan kecil yang mungkin bisa diperbaiki pada seri penerusnya nanti.
Keyboard QWERTY nya memang sudah sangat responsif dan cukup nyaman, tapi mungkin entah Nokia lupa atau gimana; tombol “Z” dari Nokia E71 terletak tepat dibawah “A”. Padahal jika kita perhatikan pada keyboard komputer dan keyboard dari ponsel QWERTY umumnya, Tombol “Z” itu seharusnya ada di bawah antara tombol “A” dan “S”. Ini bisa membuat orang salah ketik loh. Termasuk gua, yang sebelumnya memakain Sony Ericsson P1i. Di ponsel itu letaknya benar seperti umumnya, ketika pindah ke Nokia E71 ini pantas saja awal-awalnya gua sering salah ketik. Ketika diperhatikan, ternyata mungkin ini masalahnya. Tapi sekarang sih sudah mulai terbiasa, jadinya ga masalah lagi.
Kamera nya juga semustinya bisa lebih baik lagi kualitasnya. Jika dibandingkan dengan Nokia N95 atau Sony Ericsson P1i, kamera Nokia E71 ini kualitas masih kalah. Tapi dibanding dengan ponsel sekelasnya, bisa dibilang sudah cukup lumayan, tertolong dengan fitur auto-focusnya. Bicara soal auto-focus, ini juga rada aneh nih. Umumnya kita memakai auto-focus dari kamera kebanyakan dengan menekan setengah tombol shutter setengah, setelah fokus-nya dapat, kita menekan full untuk mengambil gambar. Tapi disini kita harus menekan tombol “T” untuk mengaktifkan auto-focus dan menekan D-Pad untuk mengambil gambar. Biarpun kedua tombol ini sangat berdekatan, tapi ini rada ganggu loh. Kita bisa dengan mudah kehilangan momen. Cara mengakalinya kita menekan tombol T dengan jempol kiri, dan segera menekan tombol D-Pad dengan jempol kanan segera setelah fokus nya terkunci. Ribet, tapi buat gua sih ini cara yang terbaik sejauh ini. Dan juga gua merasa kalo kamera nya agak under-expose 1/2 – 3/4 stop. Mungkin buat orang awam tidak berpengaruh. Tapi buat penggemar fotografi bisa agak mengecewakan. Sementara mengakalinya gua menaikan kompensasi exposure nya ke 1/2 – 3/4 stop lebih tinggi untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.

Saat tulisan ini dibuat, Nokia E71 warna Grey Steel sudah beredar 3 mingguan; dan untuk cewe-cewe yang suka warna yang lebih cerah dan kalem, sebentar lagi masuk warna White Steel. Harganya menurut seorang teman dan beberapa toko online di Jakarta, terus merangkak naik karena permintaan cukup banyak. Mungkin karena sekarang orang-orang lagi pada kena hype dari Blackberry, tapi enggan pindah merek dari Nokia. Dan Nokia E71 bisa jadi alternatif buat mereka, dan gua pikir juga ini lah jawaban Nokia terhadap Blackberry.

Dibawah ini gua pasang foto-fotonya, beserta gua coba buat tabel perbandingan bentuk/dimensi dari ponsel sejenis. Loh kenapa ada Sony Ericsson P1i ikutan? Karena itu ponsel yang gua pake sebelum ini, dan gua rasa masih tetap layak untuk di perbandingkan mengingat fiturnya yang sangat baik dan hasil kameranya yang bisa dibilang luar biasa untuk ponsel dari kelas bisnis.

perbandingan ponsel

perbandingan ukuran ponsel, klik untuk perbesar ((ki-ka : Nokia E71, Blackberry Bold, iPhone 3G, Sony Ericsson P1i))

Nokia E71, Blackberry Bold, iPhone 3G, Sony Ericsson P1i)

Perbandingan ketebalan, klik untuk perbesar (ki-ka : Nokia E71, Blackberry Bold, iPhone 3G, Sony Ericsson P1i)

Blogged with the Flock Browser
QR-Code for this post

QR-Code for this post

About these ads
  1. wow…kren abis jadi pingin beli berapaan ya harganya…

  2. Di Jakarta kabarnya sudah menembus 5 juta pak, karena barang terbatas tapi permintaan cukup besar. :)

    • masbadar
    • Juli 27th, 2008

    wah, kalo hp saya nokia juga, cuman 5115 keluaran 1999, gimana yah? lebih canggih dari e71 gak ya? kalo ada yg naksi dengan hp saya, 10 juta saya lepas… :D
    masbadar: “ada 8 cara agar blog cepat terindeks google”

  3. Pakai ponsel sesuai kebutuhan aja, mas. :)
    Kalo cuma telpon dan sms saja ponsel mas sudah cukup koq.
    Hehehehe..

    Sayang kalo ponsel mahal2 kaya fitur, tapi ga dipakai maksimal;
    apalagi yg paling parah bisa beli ponsel mahal, tapi pulsa ga kebeli. :p

    • ririn
    • Juli 27th, 2008

    mas…
    ada info yg lebih jelas ga tntang nokia E71 yg white steel??
    ngebet bgt nih…
    kira2 selama2nya kapan yah keluarnya???
    hehehehehe, tenkyu yah infonya…

  4. Awal bulan Agustus ini, Rin.
    Jadi minggu depan mungkin sudah ada. :)

    • ririn
    • Juli 28th, 2008

    tenkyu bgt yah bung Arif bwat infonya…
    jadi berbunga-bunga nih mendengar infonya…
    hehehehehe… :)

    • ririn
    • Juli 28th, 2008

    eh…
    ada yang ketinggalan…
    mmm, kalo misalnya seri nokia E71 dijual di pasaran gitu kayak seakarang yang baru ada grey steelnya aja, kan dummynya tentu baru ada yang grey steel juga…
    tar kalo white steel masuk kita bisa liat dummynya juga ga??
    biasa liat bgitu dimana??
    abis kan biasa dummy itu yah warna yang dominan dijual aja…
    kayak E90 emang ada dummy yang beraneka macam warna bgitu??
    maaf ngerepotin Bung… ;)

  5. brapa juts ni? brapa juts?

  6. @Ririn
    Sama-sama Rin, thanks udah mampir. :)
    Waktu gua beli sih cuma ada dummy Gray Steel aja sih,
    tapi bayangan gua yg warna White Steel mirip skema warna dari Nokia 6120 White aja.
    Bagus koq kalo buat cewe.

    @MonsterIkan
    Coba cek di http://www.ponseljakarta.com/iklan/nokia/e71.htm
    Btw, itu biasa tempat gua cek harga ya; ga ada hubungannya ama gua pribadi tuh toko2 ;)

    • tya
    • Juli 28th, 2008

    nanya dunk setting email yahoo di e71 bagaimana ya? saya coba pake setting wizard bisa, tapi gak bisa buat retrieve emails.. belom coba akun gmail sih.. itu fasilitas dari kartunya ada pengaruh gak sih? help me, please.

  7. Tya, setahu saya dulu email dari Yahoo Internasional (yahoo.com) tidak memiliki fasilitas email POP3/IMAP gratis.
    Tidak tahu sekarang sudah di gratiskan atau belum ya,
    musti nya sudah ya jika Yahoo Mail ingin tetap survive dari Google Mail (GMail).

    Jika sudah gratis, apakah Tya sudah mengaktifkan fasilitas POP3/IMAP nya di setting accout Yahoo nya belum?
    Coba buka account nya dari web browser PC, ke bagian setting, mungkin disana ada settingannya.

    Soalnya di Gmail juga fasilitas itu HARUS kita aktifkan terlebih dahulu secara gratis. :)

    Kalo sayang sama alamat emailnya, bisa cara kita buat account Gmail baru;
    dan kita set di Yahoo Mail supaya email-email yang masuk ke account Yahoo di forward ke Gmail.
    Setelah itu yang di Gmail kita set ‘reply-path’ nya kembali ke account Yahoo,
    atau biarinin aja sekalian pelan-pelan beralih ke GMail. :)

    Atau…
    Operator Tya juga lagi padat jaringannya ?
    Coba browsing seperti biasa aja, buka google.com atau buka homepage dari operator.
    Soalnya saya kemarin-kemarin sempat panik gara-gara internet dan email ga jalan,
    sampai coba setting manual segala macam. Eh XL emang gprs nya lagi padat.

    • ririn
    • Juli 29th, 2008

    maaf yah Bung…
    itu kabarnya denger darimana??
    soalnya saya duah tanya2 ke bagian sales nokia ga ada yang taw dan belom ada kabar tentang “sminggu masuknya white steel” itu…
    maap loh ngerepotin…
    hehehehehehe… :)

  8. Hai Ririn, :)
    itu menurut teman sekantor saya yg beda divisi.
    Dia Channel Development untuk salah satu dari 4 distributor resmi Nokia.
    Dan kebetulan, dia lagi nunggu juga tuh. Hihihi..

  9. Halo..
    mau nanya.. apakah di Nokia E71 ini ada Blackberry Connectnya? Trus sudah pernah dicoba untuk VoIP mas?
    mohon reviewnya juga. Thanx.

  10. Hai Godril,
    Blackberry connect tidak disertakan, tapi biasanya bisa di download gratis.

    Kalo untuk push email, tidak perlu via BB juga bisa koq.
    Bahkan jika mau yang lebih responsif lagi kita bisa mendownload gratis aplikasi beta dari Nokia Beta Labs.
    (untuk Nokia Mail Beta, gua lupa link nya dimana; nanti kl ketemu gua update)

    Oh ya, ini adalah link untuk beberapa aplikasi yang udah pre-installed di Nokia E71

    http://europe.nokia.com/A41073165

    Buat yang suka berexperimen, ini adalah link dari situs Nokia Beta Labs:

    http://www.nokia.com/betalabs/applications

    Terdapat aplikasi instant messenger, chatting, VoIP, dan masih banyak lagi. :)

    • tya
    • Juli 31st, 2008

    makasih banget bung arif info ttg setting emailnya.. banyak membantu. Akhirnya saya buat akun di yahoo.co.id yang ada fasilitas POP3nya. thx.

    • yahoo.com memang tidak menyediakan POP3 Gratis. Yahoo.co.id, yahoo.co.in adalah beberapa domain yahoo yang support POP3 gratisan.

      Gmail lebih oke dgn dukungan IMAP

    • donny
    • Juli 31st, 2008

    Halo..

    • donny
    • Juli 31st, 2008

    Halo.. Sory nieh gw mau nanya..
    Gw br seminggu pake E71, klo mau chat pake software apa y dan klo mau koneksi langsung ke email gw gmn y? gw pake yahoo international, g bs koneksi.. Ada g software2 yg bagus buat E71, tlng ksh tau y.. Ju2r gw msh awam bgt dan msh belajar.. Btw gw pake kartu matrix yg browsing jatah perbulan itu.. Thx

  11. Kalo mau chatting YM bisa pake Gizmo yg dikasih sama Nokia, atau pake Slick (gua rekomend yg ini)

    Soal mo emailan, ga perlu software tambahan, emailan segampang sms-an koq disini.
    Tapi kalo lu baca posting si Tya dia atas, sepertinya YAhoo Int. memang belom gratis POP3/IMAP nya (hari gini…)
    Saran gua sih bikin lagi di Yahoo Indonesia, atau Gmail aja yg lebih canggih teknologinya. :)

    • donny
    • Juli 31st, 2008

    btw gw dah buat Gmail, terus settingnya gmn? thx

    • Tom
    • Agustus 4th, 2008

    Bung Arif, saya numpang nanya nih. nokia E71 bisa dikasi aplikasi aplikasi dan games games nokia yang umumnya ada di pasaran ? kan masi sama symbian juga, mestinya kan bisa
    ya …… soalnya saya pakai aplikasi kamus , blacklist,dll
    thanx before.

    • ririn
    • Agustus 5th, 2008

    bung arif…
    maw tanya nih…
    udah masuk awal bulan agustus kira2 kapan adanya yah bung????kok blom ada kabar2 dari temen2 yang dijakarta maupun liat2 di toko2 bandung???

  12. @Donny
    jalanin setting wizard-nya.

    @Tom
    Bisa.

    @Ririn
    belom ada ya? Nanti coba saya tanyakan ke kantor ya.
    ini saya lagi di Bali cuti.

    • christine
    • Agustus 7th, 2008

    Hai , Bung Arif . mau nanya nieh .. aku pakai E71 , tapi untuk dl peta jakarta dan bandung di nokia maps , tidak ada untuk hp ku adanya untuk E90 dan tipe E61i .. kalau mau dl / beli softwarenya dimana yah ? thanks ^_^

  13. keypeet nya itu kecil banget
    wehhhhhhh
    itu yg saya kurang suka
    lebih lega E61i

  14. HELP ME………. PLEASE!!!

  15. @Christine
    Yang saya punya sih sudah pre-load map Indonesia. (Jawa-Bali)
    Dan sudah di tes baik map dan navigasi nya di Bali minggu ini.
    Btw, untuk peta nya tidak perlu beli kan?
    Download gratis di http://maps.nokia.com aja.

    @Satya
    Keypad nya memang lebih kecil, tapi pada prakteknya keypad E71 lebih baik di gunakan loh. :)

    • aldi
    • Agustus 10th, 2008

    bung arif saya mau tanya ni, e71 apa termasuk keluarga series 60 ya? soalnya saya dikasih tugas sama yg tercinta buat nyariin games buat e71 barunya. saya rada bingung soalnya gak pernah pake nokia. kalo saya pasang game utk series 60 jalan gak ya? oya kira 2 tau nggak ya dimana saya bisa donload game sudoku buat nokia e71. bantuin ya bang. thanks b4

    • Agnes
    • Agustus 11th, 2008

    Thanks ya infonya..
    karena aku emang lg cari2 info perbandingan E71 sama P1i segi harga siy masih jauh ya..hehe..jadi mungkin ini bisa jadi pemikiran lebih lanjut lagi..
    btw P1i juga bagus to?
    Budget ku cukupnya Pi1..and minta informasi pemanfaatan P1i biar optimal gak cuma tlp ma sms aja..
    hehe..
    thanks
    regards
    Agnes

  16. oiya kalo ada waktu dateng ya ke blog aku..
    walaupun kalah jauh dr blog kamu but I do My Best..

    http://visitagnes.blogspot.com

  17. @Aldi
    Nokia E71 termasuk keluarga Nokia berbasis sistem operasi Symbian 60 versi 3. Tepatnya 3.1 kalo engga salah.
    Buat games dan apliaksinya, sudah sangat banyak koq;
    bisa di cari di forumnya Ip Mart.
    Masukin aja di Google: “ipmart s60 v3″ pasti langsung kluar koq.
    Karena layarnya ber-orientasi lanscape / memanjang ke samping, beberapa game dan aplikasi bisa menjadi masalah karena kebanyakan orientasi layar ponsel pada umumnya adalah potrait / memanjang ke bawah.
    Tapi belakangan aplikasi dan game mulai muti resolusi koq.
    Jadi mustinya sih ga masalah, karena saya sendiri juga tidak menemukan masalah besar dalam mencari games dan aplikasi untuk ponsel ini.

    @Agnes
    Sony Ericsson P1i adalah ponsel yang sangat bagus sekali koq.
    Kelebihannya adalah bisa email dengan attachment, html web browsing, mutimedia yang lengkap, dan kualitas kamera yang sangat memuaskan.
    Kekurangannya karena tidak memilikin D-Pad,
    agak sulit menggunakan ponsel ini ketika kita berkendara.
    Dan layarnya masuk kedalam bodi, hingga sulit untuk dibersihkan sisi pojok layarnya.
    Dan buat yang suka denger musik, Soner masih menggunakan colokan jenis pop-port yang mudah lepas atau tergeser hingga ini bisa sangat mengganggu kenyamanan kita.
    Karena ketika koneksi colokannya terputus sedikit saja;
    musik akan terhenti dan kita harus mem-play nya kembali secara manual.
    Tapi selebihnya bagus koq, apalagi karena layar sentuh;
    sangat nyaman untuk browsing web dan mengerjakan aplikasi office di ponsel Soner P1i ini. :)

    • Yolan
    • Agustus 11th, 2008

    Mas…

    Iya nih saya juga naksir banget sama Nokia E71 ini
    Lagi nunggu yang warma putih juga, tapi kemaren cari2 di roxy masih belum ada, ya udah terpaksa sabar dulu deh…
    nanti kalo hp udah ditangan baru tanya2 deh, hehehe…
    Oh ya, kalo mau pake hp yang bs email dll kaya gini, enaknya pake provider apa ya yang inet nya harganya terjangkau? thanks before……

  18. Yolan,
    jika kamu di Jakarta dan jarang keluar kota, saya merekomendasikan operator AXIS karena masih baru jadi masih agak sepi jaringannya.
    Internet AXIS bisa di bilang relatif murah untuk harga ‘eceran’ gprs dan sinyalnya masih lebih baik dari XL Xplor yang saya sekarang pakai.

    Tapi jika udah ketagihan chatting dan browsing via ponsel,
    gua nyaranin banget buat ambil pake data plan biar tagihan telpon ga ngebengkak. :)

  19. gwa coba e71 dengan axis dan juga nyoba wifi di FX.. mantaf bro.. dan lucunya lagi, pas beli ini hape, pas mbak penjual lagi masukin simcard dan mo dikasih ke gwa untuk dicoba, ada orang yg nyelonong mo megang, dikira dia mungkin “dummy”, tapi buat gwa kaget banget.. blum dipake udah dibejek orang.. hehehe..

  20. Hehehe.. Wifi dari E71 beneran gampang banget ya, thank you Nokia…
    Rully, tuh orang kepo banget ya. Dasar.. :p

  21. BTW, minggu lalu gua ke Bali dan betul2 ngerasain kalo Navigasi dari GPS dari E71 ini ‘God sent’ banget.
    Detilnya gua tulis sesegera mungkin, duh kantor ‘PR’ gua numpuk nih. >_<

    • annang
    • Agustus 11th, 2008

    gimana dengan aplikasi QuickOffice nya, mas
    apakah benar2 bisa untuk edit maupun bikin dokumen baru… seperti layaknya aplikasi di PDA

    • Toni
    • Agustus 11th, 2008

    Ini translate dari B G R ???

  22. @Anang
    Ya, aplikasi Quick Office nya bisa untuk create, edit dan save.

    @Toni
    what BGR ? why you so negative like that ?

    • ririn
    • Agustus 12th, 2008

    bung arif??sudah kembali dari bali??ada kabar white steel???hohohohohohoh…tetep maksa… :)

  23. @Ririn
    memang ada keterlambatan nih masuknya.
    Tapi paling lambat di akhir bulan ini sudah masuk katanya.

    Udah ngebet ya, hehehe…

    • Ardhi
    • Agustus 14th, 2008

    Bang Arif,
    Soner mau or udah ngeluarin G900.. gimana menurut Bang Arief jiga di bandingkan dengan E71? pilih mana ya?

  24. Ardhi,
    tergantung kebutuhan dan selera mas.
    Saya sendiri belom melihat seperti apa itu G900.
    Tapi Soner X1 sepertinya bagus tuh, hehehe…

    Perlu dipertimbangkan juga faktor harga jual kembali nya juga mungkin.
    Jujur kemaren gua sempat kesal banget sama Soner karena ponsel yang di pakai dalam setahun harga barunya bisa turun hampir setengahnya gitu.
    Yang benar aja dong, ah..
    Pernah jaman Soner P800 temen gua beli 5 juta,
    jual cuma 1,1 ajah..

    • Ardhi
    • Agustus 14th, 2008

    Bang Arif, sy ralat pertanyaan sy sebelumnya. Minta pendapatnya donk plus minus antara E71 dan N96

    • Ardhi
    • Agustus 14th, 2008

    Bang Arief, sorry ngerecokin terus. Harap dimaklumi, soalnya lagi bingung mo beli yg mana. Emang target pertama adalah Soner X1 atau HTC Pro Touch. Tapi sampe sekarang belum keluar juga, sementara P900 saya udah sekarat. Bisa kasih saran? target sih pengen yg pake windows mobile dan ada keyboardnya. Tapi setelah baca postingan E71 Bang Arif, pengen beralih ke situ, secara harga juga tidak harus menguras THR yang belum dapet.. hehe.. Makasih ya.. mudah2an tidak bosan

  25. Ardhi
    Kalo bingung seri E atan seri N sih gampang aja.
    Tujuan lu apa? :D
    Seri E itu lebih buat kerja, seri N lebih buat senang2;
    keduanya tergantung kebutuhan kita.

    Kemarin senin ada coba N96 koq rasanya kurang solid digenggam ya?
    Seperti megang plastik mainan gitu loh.
    Tapi fitu multimedia nya untuk N96 tidak perlu diragukan lagi.

    Soner X1 udah ada dummy nya belom ya?
    Kalo di foto nya sih saya lihatnya suka banget sama ini hp.
    Tapi jangan2 seperti Soner seri W yg kembaran P1i (apa lagi ya tipenya)
    pas di foto sih keren, tapi asli nya rada2 ‘kurang’. Hehehe

    Kalo lu fans Soner, tipe X1 itu layak koq buat di tunggu.
    Gua pikir X1 itu tipe ponsel yang bisa cukup balance antara
    fitur bisnis dan senang-senang.

    • ririn
    • Agustus 14th, 2008

    hehehe…iya nih…
    mudah2an cepet keluarnya deh…
    ditunggu kabar2 selanjutnya bung…
    thanks a lot…

    • Ronald
    • Agustus 15th, 2008

    Bro

    W kemarin baru beli. Mantap emang hp ini tapi browser saya sampe sekarang nga jalan. Bisa detect wifi dan assigned tapi nga bisa browsing. Kata org2 sih E71 memang ada masalah di wifinya yah? Error msg nya “No gateway reply”

    Tolong kasi petunjuk bro

  26. Ronald,
    koq aneh ya, Lu coba di Wifi mana?

    Kalo gua konek wifi, cuma di layar active stand-by nya kan ada pilihan WLAN Scanning, trus klik aja.
    Trus nanti dia kasih list wifi apa aja yg ada.
    Tinggal pilih start browsing, dan langsung kebuka web browser dari hp ini kan?
    Jika itu wifi berbayar atau di kafe2, kan biasanya pas kehadang sama username dan password.
    Tinggal kita masukin doang, beres. :D

    Lu dah coba di tempat lain belom?
    Atau setingan di browser nya kalo bisa di set buat selalu ada pilihan koneksi tiap kita mulai browsing.
    Takutnya dia default ke mana gitu, bukan ke wifi atau koneksi yg kita mau pake saat itu.

    Kalo wifi dikamar gua, emang gua password dari pemancar nya.
    (minta temen ajarin setting waktu itu)
    Kl engga, enak aja tetangga2 gua bisa nebeng dunk.
    Hehehe…

    • ririn
    • Agustus 22nd, 2008

    bung arif…
    maaf ya nanya mulu dengan pertanyaan yang sama..
    apakah benar E71 white bakalan keluar di akhir bulan ini?kok sudah tanggal 22 tampak tak ada gaungnya??
    apa diundur lagi??
    apa ada info jelas??
    dimana saya bisa bertanya??
    habis…udah lama sampai ga pake2 hape…
    hahahahahaha…
    thanx.

    • Peter
    • Agustus 22nd, 2008

    Samaaaa lagi nunggu e 71 white steel…. tiap kali ke toko nokia pasti nanya kapan keluar yg white steel. ada yg bilang bakal keluar bareng2 sama e66 white steel juga….

    btw di aussie dah keluar yg white steel, kalo di sg atau di taiwan dah keluar blom yg white steel?

  27. Maaf buat teman2 yang nunggu warna putih kelamaan.

    Coba hari Senin besok telpon ke Hotline SentraPonsel di : (021) 6231 3535
    Mudah2an sudah ada jawaban yang memuaskan ;)

    Terima kasih ya.

  28. bro ada masalah agak aneh nih sama E71 gw,
    Kalo browsing pake browser standar nya E71 dia gak mau buka kalau kita pake GPRS/3G/3.5G tapi kalau pakai Opera lancar-lancar saja.
    Terus kalau pakai browser nya E71 trus pake Wifi itu normal juga.
    Kira-kira apa ya masalah nya????

  29. Coba buka default browsernya > Option > setting > general > access point > pilih yg Always Ask
    Mungkin yg punya lu, kepilih yg user defined dan pilihannya kurang tepat (misalnya kepilih ke Wifi) :)
    Jadi pas wifi nya ga ada, dia stuck aja gitu.
    Kalo pilih Always Ask, nanti tiap mo browsing ada pilihannya mo pake koneksi yg mana.

    • yudhie
    • Agustus 26th, 2008

    ada yg tau aplikasi blackberry connect buat e71 g? gw da cb ke nokia bussiness g bs… hx,,hx gw beli e71 karena gw kira bisa instal Blackberry connect.. tmen2 gw pake blackberry smua.. jd gw bth bgt.. plis help me..

  30. Iya buat sebagian orang memang disayangkan kalo BB Connect ga ada lagi di E71 dan E66. :(
    Sepertinya Nokia mau melakukan tandingan dari domonasi BB Connect dengan softwarenya sendiri.

    Ada beberapa sih alternatif gratis lain diantaranya:

    Mail for Exchange

    http://www.businesssoftware.nokia.com/mail_for_exchange_downloads.php

    “If you need to have your Exchange email account and Nokia E71 stay in sync, then Mail For Exchange is your solution. This will give you a true push email experience on your E71. It’s easy to set up and it’s free.”

    Nokia Email

    https://email.nokia.com/account/home.action

    “Nokia Email service is mobile email made easy.
    You always have your device with you, so access to personal email accounts goes with you too.
    Stay connected to the people that matter, wherever you go.”

    SEVEN

    http://community.seven.com/main.php

    “SEVEN is determined to deliver the best user experience on mobile email, calendar, and contact management.”

    Untuk software messenger / chatting, coba sofware gratis berikut ini:

    Nokia Gizmo

    http://www.nokia.com/A4403822

    “Install the Gizmo client onto your device to start making internet calls and using instant messaging (IM) and Presence. After installing the application you will be able to create an account or use the existing Gizmo username and password. With a WLAN connection you can use the full set of features – and IM and Presence are available even when you are connected over 2G or 3G.”

    Slick

    http://www.lonelycatgames.com/?app=slick

    “Slick is messenger application for mobile devices.
    It allows you to chat with your friends connected though various online messaging applications.”

    Aplikasi chatting diatas saya sudah mencobanya untuk YM.
    Tapi juga mendukung server2 lain seperti MSN, Google Talk, dan lainnya koq. :)
    Dan di Nokia E71 yg saya pakai, MSN Messenger dan Yahoo Go! sudah pre-installed.
    Bahkan untuk Gizmo dan MSN Messenger langsung menintegrasikan contact temen chatting kita ke contact buku telpon ponsel.

    • ririn
    • Agustus 26th, 2008

    bung arif…
    saya udah nanya ke sentra ponsel…
    tapi jawabannya justru ga sejelas perkataan bung arif kemaren2…
    apa ada kabar yang jelas dari rekan ada itu??
    mohon bantuannya…

    ps: maaf ya pertanyaannya sama melulu…

    • ririn
    • Agustus 27th, 2008

    ternyata udah keluar…
    hehehehehehe, harga 4,6..
    tenkyu…

  31. Hai Ririn, maaf gua berapa lama ga ngecek kesini;
    Sudah dapat ya? Bagus deh, selamat pake ya. :)

    • Dedi A.
    • Agustus 29th, 2008

    Mas Arif,
    Tolong dijelasin cara seting GPS nya E71 dan juga keunggulan2 nya.. kemudian cara seting internet dengan menggunakan 3G nya IM3 gimana?
    Terima kasih atas bantuannya.

    • ririn
    • Agustus 29th, 2008

    mmm, bung arif..
    maw tanya dong…
    apa kalo ringtone di E71 itu meskipun pilih ringing bunyi yang terdengar seperti besar kecil-besar kecil modelnya…
    soalnya saya udah coba bermacam2 lagu ato tones kok seperti itu…
    mohon bantuannya…

    • cool
    • Agustus 30th, 2008

    kk, suara nokia E71 tuh bagus ga?
    dari bacaan w, ktnya suaranya besar kecil ya?

  32. @Dedi
    Setting GPS? Yang saya sih tinggal pakai, mas. :)
    GPRS / 3G bukannya tinggal jalanin setting wizard nya aja ya?

    @Ririn
    Ririn paake ringtone lagu ya?
    Waduh, saya dari beli cuma pakai ringtone bawa’an nih Rin.
    selama ini saya tidak merasa suaranya besar kecil ringtonenya.
    Memang saya tidak begitu suka ringtone yg aneh2. :p

    @Cool
    Maksudnya suara yg dimana?
    Untuk suara memutar musik dengan speaker internal dan handfree bawaan memang tidak bisa sebaik Walkman phone buatan Sony Ericsson. :)
    sayang sekali ya, tapi mungkin Nokia tidak mau membunuh pasar ponsel musik kluaran mereka sendiri juga mungkin.
    Soal suara waktu kita menelpon, selama ini saya puas koq.
    Cuma speaker phone nya kalo bisa harus lebih baik lagi.

  33. ada bagi-bagi nokia e71 tiap minggu tuh di http://www.pushmailcompetition.com

    • kikie
    • Agustus 31st, 2008

    mas arif.. saya uda 3hari belakangan ni keliling banda aceh cari e71, tpi jawaban para penjual “lagi kosong” di nokia centre jg kosong.. gmana ni mas.. dari baca blog n komentar yg ada jadi tambah semangat ne hunting e 71, ntar klo saya uda dapet mohon di bimbing ya mas..
    tenkyu

    • kikie
    • Agustus 31st, 2008

    mas arif, saya mohon ulasan perbandingan yg inti2nya aja ttg nokia n95 dengan e71, saya masih bingung antara milih keduanya…
    trims

  34. @Kikie
    Wah saya sama sekali belum tau tentang Banda Aceh nih,
    tapi kalo udah ngebet Kikie ke Medan jauh tidak? :)

    Nokia E71 vs N95 ya?
    Intinya sih E71 itu lebih buat bisnis / kerja, dan N95 itu lebih buat hiburan.
    Keduanya itu ponsel yang bagus dan powerfull.
    Nah tergantung kebutuhan kita memilih ponsel yang mana yang paling tepat untuk kita.

    Perbedaan mencolok yang ‘dari luar’ itu adalah materialnya.
    Coba ke Nokia Centre, pegang dummy nya dulu.
    Sepertinya kita setelah pegang dummy E71 ini, memegang N95 seperti memegang mainan plastik. Hihihi :D

    • kikie
    • September 2nd, 2008

    medan 1,5 jam naek pesawat mas, klo via darat 10 jam,
    ohya mas, klo kameranya dibanding dengan nokia pixel yg sama, kualitasnya beda ya.. lbih jelek yg E71?? katanya seh,
    trus masalah kibodnya, ada masalah gak pencetnya??

  35. @Kikie
    Oh maaf saya kira seperti Jakarta-Bandung aja jaraknya.
    Mungkin ada sahabat atau saudara dari Kikie yang tinggal di Medan bisa bantu kirimin?

    Kameranya sebetulnya bagus,
    tapi mungkin karena firmware nya masih ‘bego’
    jadi hasilnya agak sedikit under expose (sedikit lebih gelap)
    tapi bisa kita naekin koq exposurenya secara manual.
    Mudah2an masalah ini bisa diperbaikin di update firmware nanti.

    Oh ya untuk ketajaman gambar,
    auto focusnya berfungsi dengan baik dan cukup cepat koq.

    Keyboardnya, tergantung nih.
    Kalo jempolnya gede banget kayaknya bisa agak susah ya.
    Tapi teman saya yang memakain E61i
    dan satu lagi ada yang memakai BB bilang kalo
    Nokia E71 ini tombol2nya enak koq.

    Saya pribadi juga berpendapat sama,
    tombol2nya masih lebih enak dari Soner P1i yg saya pake sebelum ini. :)

    Dan lampu di D-Pad nya sangat membantu kalo
    ada sms/email masuk, miss call, atau even kalender yg terlewat kan oleh kita.

    • hans
    • September 2nd, 2008

    Bung Arif jadi penasaran nih… mau nanya. saran nya gimana lebih baik mana antara E51 / E66 / E71 atau Blackberry Bold ( yang sayang nya sampe sekarang pun nggak ketahuan harganya ) ditunggu ya… thx…

  36. Update:
    GSM Arena ahirnya selesai membuat review dari E71 dan
    memberikan judul “Nokia E71 review: Messenger of steel”

    http://www.gsmarena.com/nokia_e71-review-266.php

    @Hans
    Semua tergantung kebutuhan kita,
    saya pikir tidak ada podusen ponsel yang membuat ponselnya jelek. :)
    Tinggal kita nya aja yg tinggal pilih mana yg paling cocok aja.

    Untuk komparasi fitur bisa cek disini (sayang ga bisa di compare sekali 4, cuma bisa 1 vs 1 aja.
    E71 vs E66:

    http://www.gsmarena.com/compare.php3?idPhone2=2426&idPhone1=2425

    Kedua ponsel ini sebetulnya bisa di bilang “kembar” secara fitur.
    Sepertinya Nokia hanya memberikan alternatif untuk tiap style pemakai aja.
    Buat yg suka keypad QWERTY dan layar horisontal ada E71,
    dan yg lebih suka cara keypad dan layar sliding tradisional silakan beli E66. :)
    Oh ya, E66 ada sensor Accelerometer nya untuk medeteksi rotasi hp.
    Biasanya untuk fitur auto-rotate ketika kita nonton film atau browsing internet.
    Di E71 fitur ini tidak ada, karena mungkin siapa yg butuh itu kalo layar sudah selalu horisontal.

    E71 vs E51:

    http://www.gsmarena.com/compare.php3?idPhone2=2106&idPhone1=2425

    E51 saya cek harganya sudah dibawah 3 juta, mungkin ini pilihan termurah.
    Sayang kameranya belum autofocus,
    jadi ga bisa di pake buat foto2 dokumen seperti tulisan2 kecil kali ya.
    Dan aplikasi Office nya cuma buat viewer aja, ga bisa create dan edit.

    E71 vs Blackberry Bold 9000

    http://www.gsmarena.com/compare.php3?idPhone2=2370&idPhone1=2425

    Buat yg suka denger musik, colokan headphone nya udah standar 3.5mm <- asik nich..
    Memori internal yang sudah 1Gb, tapi sayang kamera cuma 2Mp tanpa autofocus.
    Dataviz documen viewer/editor ini apa ya?
    Sejenis aplikasi Office kali ya? Bagus deh udah bisa edit.
    Soalnya temen gua yg pake BB seri 8310 itu cuma bisa viewer doang.
    Notes buat calon pembeli hp BB:
    Fitur2 IM, Push Mail khas BB cuma bisa di nikmati kalo
    kita langganan dengan operator.
    Kecuali biayanya dibayarin kantor, perhitungin juga biaya berlangganannya.
    Tanpa berlangganan, rada percuma hp itu. :D

    Selebihnya semua HP diatas sih saya lihat sudah sangat mencukupi buat menunjang pekerjaan kita.
    Fitur navigasi GPS seperti yg ada di semua ponsel diatas saya pikir lama kelamaan akan menjadi fitur tak terpisahkan untuk ponsel-ponsel.
    Karena sangat membantu banget terutama yg suka travel tapi hobi nyasar kayak gua.
    Hehehe..

    • borneo people
    • September 3rd, 2008

    bung arif tolong ya jelasin detail gimana cara gunain nokia maps/gps e71 supaya tau lokasi kita saat ini dan navigasinya

    sorry masih awam banget :D

    Thx

    • sunu
    • September 6th, 2008

    tolog dong kasi tau aplikasi yg laen bwt E71..
    byar gag basi gt..
    ada ga ya??

    • kikie
    • September 6th, 2008

    akhirnya saya dapet jg mas e71 black, skrg uda mulai ngutak-ngatik dulu, kebiasaan lama klo lg pegang HP baru hehe.. ntar klo ada kendala utk memaximalkan e71 saya bole nanya2 lagi ya mas, ohya aplikasi laen utk e71 dimna lagi bisa dihunting mas??? trims

  37. @Sunu
    Disini kita bisa mendapatkan aplikasi dan game untuk ponsel E71
    dan ponsel-ponsel berbasis Symbian lain keluaran belakangan.
    Mohon berkonsultasi dengan penasehat hukum dan agama masing-masing dulu sebelum nge-klik ;)
    Aplikasi: http://www.ipmart-forum.com/forumdisplay.php?f=374
    Games: http://www.ipmart-forum.com/forumdisplay.php?f=375
    Enjoy.. :)

    @Kikie
    Siap bos.. :)

  38. @borneo people
    Saya kira aplikasi Map nya cukup jelas di terangkan di Manual nya :)
    Btw anda dimana?
    Map untuk Indonesia cuma ada untuk Jawa dan Bali saja.

    Oh ya, untuk navigasinya di sediakan trial 3 bulan.
    Sedangkan untuk posisioningnya bisa kita pakai gratis.

    • kikie
    • September 8th, 2008

    mas, untuk YM di e71 gmana??? aplikasiya bisa dpt dmna? pke gizmo koq gak ada yg utk e71? yg mendekati os-nya nokia yg mana?

    • cellozart
    • September 8th, 2008

    halo mas arif,
    trims atas reviewnya…cukup membuka mata hati dan menguatkan iman untuk melepas kocek…dalam waktu dekat saya akan membeli E71
    langsung aja, 1 silly question :
    bagaimana cara menggunakan VoIP?
    pertanyaan2x selanjutnya nanti aja…setelah item purchased! thanks before!
    cellozart di kuta – bali

  39. @Kikie untuk Gizmo seinget saya bukannya ada ya buat E71?
    Atau kalo ga ada pake yg punya E61i aja.

    http://nds1.nokia.com/NOKIA_COM_1/Microsites/BetaLabs/applications/apps/Gizmo_for_N80ie_v1.1.013.SIS

    Aternatif lain pake Slick.
    http://www.lonelycatgames.com/?app=slick

    @Cellozart
    Buat voip bisa pake Gizmo, itu juga bisa buat YM, MSN gitu.
    Maaf saya belom coba VioP nya, karena ga ada lawannya. :P

    http://www.nokia.com/A4403822

    • vievie
    • September 9th, 2008

    mas, mu nny dunk..
    sy mu bli e71,tp ms bgg dg wrnany
    bgs grey steel ato white steel?
    thx b4

  40. @vivie
    Warna sih selera Vie.
    Coba ke toko HP atau Nokia Sales Centre minta liat dummy nya.
    Kalo gua pribadi emang dari dulu suka warna hitam,
    dan ga mau kena hype dari putih nya Apple.
    Lagian warna putih di produk Apple itu buat produk kelas bawahnya,
    produk seri atas biasanya malah tetep hitam klasik. :p
    (misalnya: Macbook vs Macbook Pro hehehe..)

    • Rendhy
    • September 9th, 2008

    maaf para sesepuh, saya mau nimbrung milis ini juga.apakah boleh ?
    wah, e71 akhirnya kebeli juga. hore . . . .
    pertama kali saya utak atik nih hp, saya sangat terkesan dengan segala fiturnya yang seabrek.
    saya mau nanya, pada aplikasi kontak, untuk melihat no telp harus di klik dulu. tidak bisa langsung terlihat di bawah nama.
    bagaimana cara setingannya supaya bisa muncul no telp di bawah nama.
    saya sangat kesulitan ketika melakukan sms karena harus dilihat dulu nomernya pada daftar kontak baru pindah lagi ke aplikasi sms.
    terima kasih atas perhatiannya

    • Aldi
    • September 9th, 2008

    Mas, terima kasih atas review E 71, melihat semua jawaban2 dari Mas Arif, saya jadi ingin menggunakan nokia E 71, tapi ada saya yang mau tanyakan,apakah E 71 ini bisa push email untuk Outlook..karena saya berpergian ke luar kota dan tidak sempat membuka email kantor via laptop.

  41. @Rhendhy
    Kalo mau sms dari list contact bisa dengan cara
    highlight nama yang mau kita sms, pencet kanan,
    nanti ada pilihannya mau ngapain aja kan? :)
    termasuk Voice Call, SMS, MMS, Email, IM, Audio Message, dll
    tergantung apa saja data yg ada di contact tersebut.

    Tapi emang nih Nokia mustinya perhatikan hal ini,
    karena ga semua orang buka contact maksud nya mau
    nelpon/sms atau apapun dari hp langsung kan.
    Bisa aja cuma mau liat nomer telponnya, dan nelpon dari fix line.
    Untuk notes dari tiap2 contact juga kita musti pilih ‘edit’
    untuk melihatnya dengan lengkap.

    @Aldi
    Untuk push email bisa dengan aplikasi gratis berikut ini:
    Mail for Exchange

    http://www.businesssoftware.nokia.com/mail_for_exchange_downloads.php

    “If you need to have your Exchange email account and Nokia E71 stay in sync, then Mail For Exchange is your solution. This will give you a true push email experience on your E71. It’s easy to set up and it’s free.”

    Nokia Email

    https://email.nokia.com/account/home.action

    “Nokia Email service is mobile email made easy.
    You always have your device with you, so access to personal email accounts goes with you too.
    Stay connected to the people that matter, wherever you go.”

    SEVEN

    http://community.seven.com/main.php

    “SEVEN is determined to deliver the best user experience on mobile email, calendar, and contact management.”

    Kalo mau sync dengan MS Outlook,
    jujur saya belum coba karena saya memakai Mozilla Thunderbird untuk email client.

    Lu udah instal Nokia PC Suite nya belom?
    Oh ya gua sangat menyarankan donlot yg terbaru aja di:

    http://www.nokia-asia.com/A4482317

    Nanti kalo udah terinstall dan hp-pc kita udah connect,
    tinggal klik icon Syncronize doang.
    Nanti ada pilihan mau seperti apa syncro nya,
    disana cukup jelas dan mudah koq :)

    • Delly
    • September 10th, 2008

    aq pake nokia E-71 tapi kalo lagi internetan koq sering muncul connection time out! apa ada setting yang salah? mohon bantuannya dunk!

  42. @Delly
    Iya tuh kayaknya dari operatornya,
    gua juga beberapa kali mengalami ‘conection time out’.
    Itu ibaratnya kalo kita nelpon, kena call drop.
    Coba pilih di Tools > Setting > Connection > Packet Data > Packet Data Connection > Pilih ‘When Avaliable’.
    Lumayan membantu sih di gua,
    tapi abis pake jangan lupa balikin ke ‘When Needed’
    supaya batre nya lebih hemat. :)

    Gua pake XL Xplor belakangan makin buruk aja jaringannya,
    padahal tahun lalu masih sangat ok.
    Sekarang kadang lebih parah dari CDMA sinyalnya, sebel..

    • cemplon_1999
    • September 10th, 2008

    Nokia E71 apa bisa buat video call ya? HSDPAnya mampu sampe kecepatan berapa?

    • ranti
    • September 11th, 2008

    mas, kebetulan aku baru aja beli E71 sekitar 1 mingguan.
    Tapi asli….keren abiz….browsingnya cepet banget ga kalah se ma blackberry. Temenku baru beli juga tapi yang white stell tapi kok harganya drop bgt ya 3.7jt aja. Padahal aku beli 1 minggu yang lalu untuk warna gray steel itu 4.7jt-an. Sebenernya untuk harga keduanya masih manteng di 4jt-an apa emang udah drop ya mas.

    tx

    • delly
    • September 11th, 2008

    mas Arief…
    makasi ya infonya! boleh tau alamat YM nya ga?
    oya, gw juga pake xplor, amit2 dech belakangan ini jaringannya bikin sebel banget! untungnya gw punya 2 kartu, xplor sama simpati jadi klo xplor lagi masalah gw pake dech simpatinya! tapi klo buat internetan sih menurut gw mendingan pake simpati dech, gw pake simpati yang pra bayar (beli pulsa) trus gw beli dech paket flash nya, harga mulai 5000 sampe 100.000,- biasanya gw beli paket tekomsel flash yang 50.000 untuk 100 MB dan 100.000 untuk 300MB lumayan awet sih….
    btw, thanks ya share nya…

    • kikie
    • September 11th, 2008

    mas, klo terima email harus connect dulu ke server ya? saya pake telkomsel account gmail??

    • vievie
    • September 11th, 2008

    mas, akhrny sy beli jg yang wrn puith :)
    mu nny dunk, qlu mu YM ato MSN’an gmn cr’ny?
    trus qlu mu bwt GPS gmn yh?
    mklum ne mas ms gaptek,hehe…

  43. @ranti : masa si 3,7 jt ? murah bgt.. beneran tu beli dmn tu ?

    • vievie
    • September 11th, 2008

    @ranti : masa si 3.7 jt? g aj br 2 hr yg lalu bli yg white steel ms 4.6 jt

    • cellozart
    • September 12th, 2008

    mas…aku udah beli E71sekitar 2 hari yll…blm sempet DL apapun…karena, setelah aku beli, kemudian aku charge dlm kondisi hp mati -+ 3jam…tapi kemarin, aku terima panggilan masuk dari nomor jakarta, tak terdaftar (tak ada di phone book) hp ku langsung mati dengan sendirinya. begitu juga tadi pagi. baterai masih 1/2, tapi begitu aku pilih menu…hp langsung mati…problemnya apa ya??apa aku ada melakukan salah setting???mohon guidance…
    cellozart @ kuta – bali

    • cellozart
    • September 12th, 2008

    mas…masalahnya sekarang…setiap tekan apapun…HP saya langsung mati…hiks!!!

  44. Maaf saya belakangan sibuk jadi baru bales sekarang.

    @Cemplon
    Bisa buat video call jika operator mendukung.

    @Ranti
    Ha ? ga salah?

    @Delly
    Telkomsel gprs nya lancar ya?
    Saya koq ga berjodoh banget ya sama Telkomsel.
    Sempat 3 bulan langganan Flash Unlimited sangat tidak puas tuh :p

    @Kikie
    Ya iya lah.. masa ya iya sih apa lagi ya iya dong.. ;)

    @Vievie
    Coba baca2 jawaban saya yg diatas Vie.
    Sudah dibahas koq. :)

    @Cellozart
    Wah koq begitu ya, sayang sekali..
    Waktu beli di toko nya ga di test? :)
    Kalo bisa sih kalo beli HP, tes SAMPE PUAS di toko nya.
    Kalo cacat atau sering hang, bisa langsung tuker unit baru.
    (jangan bayar sebelom puas dengan hp nya)

    Ok karena lu dah bawa pulang hp nya,
    coba di format dulu aja;
    biasanya sih bisa beres kalo yg sering2 hang / restart gitu.
    Jangan lupa di backup dulu data2 penting nya.
    Cara format (hard reset) nya:

    Type *#7370# from the standby screen while your phone is on.
    It will ask for the lock code which is 12345 unless you have previously changed it. Make sure you do this right, because if you do it too many times the wrong way you can lock up your phone.

    • cellozart
    • September 12th, 2008

    trims atas sarannya mas,
    tapi seperti yg saya bilang : tekan apapun langsung mati.
    sepertinya saya harus kembalikan hpnya ke nokia…hiks

    • rendhy
    • September 14th, 2008

    wah, udah ada yang kebeli warna putih yah ! ! !
    bagus gak warna putihnya?
    kemarin saya takut warna putihnya agak buram seperti e66.
    jadinya kebeli yang warna grey deh.

    mas mau nanya, klu buat download peta sumatera dan yang lainnya dimana yah? saya cuma dapet jawa dan bali doang nih ?

    maksud nokia, yang hanya di gratisin 3 bulan peta itu apa sih mas?
    makasih sebelumnya . . .

    • rendhy
    • September 14th, 2008

    mau nanya lagi,
    kmarin saya download aplikasi lewat laptop untuk e71.
    tapi kenapa yah selalu aja gagal pas diinstalin ke e71.
    katanya kesalahan sertifikat gitu.
    semua aplikasi gak bisa diinstal di e71. yang mas saranin buat download slick, aq coba juga tetep gak bisa masuk nih mas
    kenapa yah ?

  45. itu di app.manager nya trus ke setting allow nya lo ganti ke “all” ntar bs de.. btw gue mo tanya ni.. kok gue ga muncul ya imei info nya.. setelah pencet *#06#.. ?? ada yg serupa ?

  46. Peta nya cuma untuk Jawa dan Bali aja.
    Mungkin daerah laen akan segera menyusul. :)
    Trial 3 bulan untuk navigasi, jadi misalnya kita mau dari point A ke B,
    nanti bisa di tujukin jalannya.
    Asli sangat membantu banget fitur navigasinya.

    Beberapa aplikasi tidak bisa di instal meskipun sudah kita
    setting permission nya ke ‘All’ di Aplication Manager
    karena operating system S60 v3 ini termasuk yg tercanggih protekasi nya.
    Sebetulnya tujuannya antara lain untuk melindungi kita sebagai user dari virus HP,
    dan juga melindungi produsen software dari pembajakan.
    Jika aplikasi yang Rhendy ingin coba instal itu adalah software tidak resmi,
    biasanya ponsel ini akan menolaknya.
    Di forum IPMart diajarin buat cara nge-hack nya koq.
    Kalo ada sempat, coba aja ikuti langkah2nya.
    Ga gitu susah kalo niat sih. :D

      • benny
      • November 27th, 2009

      Boss…saya sudah download slick tetapi ketika saya install di hape tercinta ini keluar tulisan “expired certificate”. Boleh minta bantuannya gak supaya saya bisa install aplikasi ini.

      Terima Kasih.

  47. mas, kok punya saya quickofficenya gak bisa buka, bikin powerpoint ?

  48. bos mo tanya dunk, ane dah setting e-mail and Alhamdulilah bisa kirim, tapi kok rcving nya gak bisa ya,.. padahal ane setting satu email kantor yg POP3 dah sama tuh ama yg di kompi ane, trus kalo yang yahoo malah gak bisa, padahal dah di dstel semua nya pop3 nya,..gimana ya, si hp malah tanya ulang lagi alamat e-mail and passwordnya?/ bingung2

    • kikie
    • September 16th, 2008

    jadi mas, yg katanya “push email” itu bukannya kita bs langsung terima email tanpa hrus connect ke server?? trus klo kita buka kotak surat email kan harus connect ke server, brarti lgsung dikenakan biaya sesuai jaringan (GPRS, 3G, 3.5G) ya..??
    beberpa hri yg lalu ada bbrpa aplikasi bawwaan dr memori card E71 tdk bs dibuka, seprti advance call, sport tracker, dll..
    knapa ya kira2 mas, emg sih g da masalah, krn saya bs donlot lg di web nokia support, cm pengen tau aja sebabnya koq bs gitu.. apa krn memori card gratis bawaan E71 krg baik kualitasnya dibanding dgn memori card merk lain yg harus kita beli sendiri (hal ini pernah saya alami ketika saya membeli HP IPAQ RW6828, memori card nya buruk)

    ohya mas, saya punya alternatif bgi rekan2 di blog ini untuk aplikasi YM, saya skrg pke OCTROTALK, donlot di http://www.octrotalk.com, pilih yg untuk symbian..
    trims mas!!

  49. @Kikie
    oh maksudnya seperti itu yah.. hahaha..
    Iya aplikasi email bawaan yg terintegrasi dengan messaging-nya
    sudah tidak membutuhkan kita untuk konek secara manual.
    Dia akan otomatis mendonlot untuk kita.
    Tapi sepertinya saya perhatikan sebetulnya masih ‘pull’
    karena software ini hanya akan sering2 mengecek email kita
    dan kemudian mendonlotnya.
    Untuk ‘true push’ email, kita harus menginstal software push email dari Nokia
    (link nya pernah saya kasih di posting2 diatas)

    Mudah-mudahan di update firmware selanjutnya,
    Nokia mengitegrasikan push email ini ke bagian Messaging.

    Advance Call Manager pertama kali di jalankan akan
    meminta kita untuk menginstal Web Gate, APS Server apa gitu..
    Kita tinggal menekan ok aja, dan semua akan terinstall.
    (thanks udah nyebut aplikasi ini, saya sendiri baru coba barusan)
    Btw, ini aplikasinya kalo kita jalanin kluar menu:
    Active Mode, Default Action, Manage List, SMS Template,
    Greetings, Messages, Profiles, Screduler dan Locator.
    Ada ide ini buat apa ga? Hehehe…

    Sport Tracker di saya ada New Workout, Training Diary, Routes, Setting gitu.
    Ini kayaknya software buat yg suka joging, hahaha..
    Karena saya yg tipe lebih suka nge-gym, jadi belom coba nih.

    Memori Card bawaan kurang baik?
    Ga tau juga, tapi saya pakai baik2 aja sih so far.. :)

    Oh ya barusan saya dari toko kamera di Dusit Mangga Dua, Jakarta.
    MicroSD 4GB sekarang cuma 160rb, dan 8GB cuma 210rb.
    Semua merek SanDisk, hayo buruan serbu!!!! :D

    Jadi inget beli memori card pertama saya buat Nokia N-Gage,
    256mb aja kalo ga salah 400rb. Hahaha..

    • kikie
    • September 16th, 2008

    mas gak nyoba yg 4GB? klo advance manger bagusnya diperuntukkan untuk nomor2 yg suka misedcall ato sms teror, ato org2 iseng penipuan yg berniat jahat, nah dg aplikasi ini kita bs merasa lbh save krn gak tau ato blm kebaca sms2 yg bernada teror scr psikologi.. klo di aceh keknya berguna jg mas.. hehehe..
    utk smentra thanks lg infonya, smpai jmpa di kendala brikutnya hehehe

    • kikie
    • September 18th, 2008

    mas klo kita connect ke pc via nokia pc suite pke kabel USB, klo kita mo copot kabelnya, harus save remove dulu ya?? tapi saya remove koq gak bisa ya? ada warning nya masih berjalan.. trus saya cabut aja krn saya cek smua program yg masih kbuka, trnyata g ada yg kebuka.. stlah itu memori card gak kebaca lg, harus restart dulu HP nya, stlah direstart bru bs ke detect aplikasinya, tp apliakasi sprti call manger, iconnya ada tp gak bs dijalankan lg, jd harus diinstal lagi call managernya, kira2 salah dmana ya mas? gmana cara yg baik mencabut kabel USB biar gk rusak?? trims

  50. Gua saranin lu donlot PC Suite terbaru (versi 7) dari Nokia dulu.
    Nanti kalo connect, pilih yg PC Suite Mode aja; jangan yg mass storage.
    Gua selama ini di PC Suite Mode, ga ada masalah tuh.. :)

    Malah di PC Suite 7, sms2 yg ada di HP langsung kluar gitu di PC.
    Udah layout baru, dan banyak perbaikan2 dari PC Suite yg lama. :D

    • une
    • September 19th, 2008

    thx ya….info nya jadi bisa maksimalin my E71, ga jadi ganti pake BB deh..ribet kek nya…he he

  51. mas, ternyata masalah saya gak bisa create, edit powerpoint, bukan karena produk yang saya dapat cacat (itu yg saya pikir sbelumnya, sempet juga mau tuker lagi sama pda). Ternyata setelah sy hubungkan dengan pc yang terinstal nokia pcsuite, dan di hp muncul icon sync /menu tool, saya bisa view, edit dan create ppt.
    Btw, saya punya kebiasaan untuk copy halaman web seluruhnya maupun teks saja untuk saya simpan di memori atau saya kumpulkan di note, untuk simpan artikel saya dianggap penting untuk dibaca lagi, sambil ngirit sih :). Kalau di browser e71, kayaknya ada fasilitas save page, cuma untuk dibuka di komputer saya cari2 kok gak ada dimemori hp atau kartu memori ??, trus ada gak fasilitas di web browser untuk menyalin teks sehingga saya pastekan di aplikasi note atau office??(kayak di internet explorer mobilenya pda)

  52. Kayaknya ke save dalam format yg berbeda dengan html standar. :)
    Saya belom coba buka halaman yg di save via pc soalnya.
    Tapi selama ini, kalo di buka ulang dari hp sih ga masalah.

    Mo co-pas dari halaman web yah?
    Kayaknya ga bisa kayak di PDA gitu deh.
    Sayang banget yah, gua juga kangen
    sama fitur ini dari hp2 yg gua pake sebelom ini. :p

    • kikie
    • September 23rd, 2008

    MAS, AQ ADA MASALAH LAGI NEH, SETIAP RESTART TAMPILAN PERTAMA, MEMORI CARDNYA GAK TERBACA ATO “RUSAK”, STELAH SAYA PAKE MODE “CABUT KARTU MEMORI” SAYA KELUARKAN MEMOERI DAN SAYA MASUKAN LAGI.. SEJAUH INI APLIKASI YG TERSIMPAN LANGSUNG DIBACA, TP ADA BEBERPA APLIKASI GAK BISA DIBUKA, ICON NYA ADA, TPI GAK ADA REAKSI APA2 SETELAH DI OPEN.. SOLUSINYA SAYA HARUS INSTALL ULNG LG APLIKASINYA,
    NAH INI TERJADI SETIAP KALI RESTART, MEMORI GAK OTOMATIS DIBACA, SETELAH KE DETECT, BEBERAPA APLIKASI LAGSUNG GAK BISA DI BACA… KIRA2 KENAPA YA MAS, APA HARUS SAYA FORMAT MEMORI CARD? APA MEMORI CARDNYA YG RUSAK? PADAHAL SAYA GAK SERING UTAK-ATIK APLIKASI LOH..
    UNTUK TIPS NOKIA PC SUITE MAKASIH YA MAS, UDA BS SAVE REMOVE. TRIMS

    • Matya
    • September 23rd, 2008

    Mo tanya nih Mas,
    Untuk fitur gmail, kalau ada email masuk memang tidak otomatis masuk ya, maksudku, kita harus connect dulu ke gmail baru download?
    Pada setting-an incoming mail untuk proxy juga selalu yang muncul default dan tidak bisa download incoming mail. Aku selalu ganti dengan user defined dan baru bisa download, tapi lama2 capek juga kalau harus switch ke user defined terus.
    Thanks ya Mas

    • Lenny
    • September 25th, 2008

    Mas, tanya ya … sy baru beli E71 white …
    trus sy coba download slick .. tapi kok ga bisa ya ..
    ada tulisannya “not supported” atau apa gitu …
    padahal kepengen YM dari HP .
    perlunya cuma YM aja sih ..
    ada alternatif lain ?

  53. @Lenny
    Tulisan itu kluar-nya waktu dimana? Donlot? Install?
    Oh ya donlot yg versi buat Symbian 60 v3, Len; jangan yg buat Windows Mobile. :)
    Alternatif lain coba Nokia Gizmo, link nya ada di atas2 ya :)

    @Matya
    Coba buka mailbox Gmail di E71 nya > Option > Connection setting > Incomming Email > Access Point In Use > User Defined > pilih jarigan gprs dari operator elu Matya.
    Juga di Option > Connection setting > Out going Email > Access Point In Use > User Defined > pilih jarigan gprs nya.

    Jangan lupa aktifin IMAP dan POP3 di account Gmail nya dulu via web browser PC.

    @Kikie
    Wah maaf nih baru bales Kie :p
    Waduh.. takutnya memori card nya cacad nih.
    Coba bawa dulu ke Nokia Care, minta di beresin ama mereka.
    Tapi karena udah agak lama, takutnya ga bisa langsung
    tuker dan harus masuk ngantri servis.
    Tau sendiri kan servis Nokia kayak apa. :(

    Misalnya nih ngomong pahitnya,
    memori card nya musti di “proses” sama servis center-nya..
    Gua saranin sih langsung bablasin beli memori card baru yg 4 Gb atau 8 Gb, Kie.
    Kalo ga salah yg Kingston/SanDisk 4Gb udah 160rb dan 8Gb nya cuma beda 50rb.
    Tapi itu tergantung kebutuhan elu Kie :)
    Coba complainin dulu aja ke Nokia Care. :D

    • Adi
    • September 25th, 2008

    Mas, saya mau tanya nih,
    Mengapa kalo retrive e-mail baru kok yang lama yg ada di hp hilang dengan sendirinya? apa ada setting yg perlu diperbaikai? saya coba yg gmail thanks

    • Sekar
    • September 25th, 2008

    Mas, kebetulan saya sekarang lagi browsing-browsing buat nyari handphone baru, awalnya sih saya tertarik sama nokia E71, tapi setelah liat postingan ini entah kenapa saya malah jadi lebih tertarik sama SE P1i-nya. Kira-kira itu produksi yang barunya masih ada ngga ya mas? Kalo iya, sayang ngga kalo saya beli itu sekarang? Soalnya tanggal rilisnya kan sudah lebih dari satu tahun yang lalu. Tolong opininya ya mas, thanks

  54. @Adi
    Yg lama2 emang ilang, Di. :)
    Gua belom coba buat bikin tetep ada di HP, mungkin bisa di set supaya ga ilang.
    Tapi untuk mobile email, dari hp2 sebelom ini gua pake jg yg lama emang selalu ilang sih.
    Tapi email yg di server atau di pc sih tetep gua keep. :D

    @Sekar
    P1i di koran masih ada iklannya dari Soner.
    Kalo ga salah 3,5 juta deh harganya. :D

    • Adi
    • September 26th, 2008

    Kalo gitu bagaimana caranya menyimpan/ melihat lagi e-mail yg lama? apa ada program lain? sebelumnya saya pake blackberry ngak ada masalah, tapi liat Nokia E71 jadi ganti hp. Ok thanks sebelumnya

    • pri
    • September 28th, 2008

    mas numpang tanya. gue orangnya sangat GAPTEK tapi pengen coba HP baru yg canggih. Pilihan antara BB dan E71. Masalahnya simple aja sih:
    1. Untuk chatting doang, apa perlu pake BB connect kah?

    2. Kalo gue denger dari milis2 lain pun sepertinya E71 ini gak bisa pake BB connect, berarti apa kekurangan E71 dibanding dengan BB secara E71 ga bisa pake BB connect?

    3. Secara gue sama istri having a tight budget, jadi pengen ngurangin biaya telp dan sms, chatting itu jadi media untuk komunikasi yg penting. Nah perhitungan cost antara chatting dengan sms atau telp bgimana sih? apakah worthed gue pake E71 dan istri gue pake BB dan kita chatt dibanding telp2an / sms-an?

    4. Hitungan browsing & chatting kalo menggunakan HP itu bgimana sih? Per Mb kah? per byte kah? per menit kah? duehhh lieur euyy….

    temen2 kantor gue pada pake BB dan kalo lagi di lapangan mereka saling chatting untuk konsultasi antar sesama kalo lg trouble shooting di kantor client.

  55. rini/rekan-rekan, dimana ya bisa dapet yg putih? saya di bdg cari2 ga ada :( … dan harganya kok bisa 3,7jt ya dimana tuh belinya di sini masih terakhir saya tanya 4,5jt dan cuma ada yg item…

    berminat nih. bole kabarin ke 08552181888 kalo ada kabarnya, tx banget mas arif, blognya bermanfaat. rgds

  56. >>>adinoto
    di BEC Bdg tuh ada yg putih…kmrn seh di toko Antlantis….saya udah 2x beli e71, dua2nya yg grey steel….yang putih takut cepet bosen …

    • boney
    • Oktober 8th, 2008

    halo mas…emergency nih!!

    gara2 baca fotum di blog mas arif..saya jd beli E71!!

    tapi saya masih blom bisa setting e-mailNya..pake setting wizard udah tp bagaimana cara seting POP3/IMAPnya?

    saya udah baca berulangkali posting di awal..tp blom “ngeh” juga mas.

    saya udah bikin account gmail..tp setting POPnya juga blom bisa(masih bingung).

    udah ke bagian = acuan e-mail > Mneruskan dan POP/IMAP tp gak tau gimana cara bisa langsung nyambung ke E71nya kl ada e-mail masuk. udah saya test ngirim dari account saya di yahoo..emg masuk di gmail tp gak masuk di E71 padahal udah di setting wizard (alamat e-mail dan password gmail saya di E71 udah bener).

    bagaimana solusinya mas? apakah cara setting POP/IMAP di Gmail saya salah(emg gak tau caranya)? ato harus connect dulu lewat wi-fi gt?

    trus apa yg saya harus lakukan..tolong di jelaskan secara detil yah mas!! pliz…kasihan kan smartphone canggih ko’ gak bisa nerima/ngirim e-mail,padahal aku tertarik gara2 baca di forum ini :)

    pliz diberi solusi yah secara detil apa yg harus saya lakukan..ato kirik ke e-mail saya yah mas di ari.widhi1987@gmail.com

    terima kasih sebelumnya.

  57. @Boney
    Di Gmail nya udah dinyalain belom IMAP/POP3 nya?
    Nyalain dulu via web browser PC aja biar gampang. :)
    Nanti di E71 nya tinggal jalanin wizard doang koq,
    minta user dan password, dan beres :D
    Jangan lupa pastiin sebelumnya gprs di hp udah aktif ya.

    Di coba dulu, nanti kalo ga jelas silakan tanya lagi. :D

  58. @Adinoto
    Mungkin yg nulis harga 3,7jt salah tulis atau dia salah dengar mas :)

  59. Mas, bagaimana kalo dibandingkan dengan iPhone (1st gen/ 3G)? Jujur, sejak awal kemunculannya, saya sudah ‘ngiler’ mau beli iPhone. Tapi ketika beberapa teman sudah pakai duluan, dari mereka saya dengar bahwa iPhone ternyata ada beberapa kekurangan yg menurut saya sepele tp justru standar di hp2 lain. Misalkan, iPhone (1st gen, yg 3G saya belum tahu) tidak bisa transfer data via bluetooth dan tidak bisa forward sms.

    Sedangkan E71, saya agak kurang sreg karena OS nya Windows. Padahal PC di rumah sudah jarang digunakan utk ‘beraktifitas’ sehari2. Jadi agak repot kalo mau sync macam2 data dr hp-pc.

    Yang pasti, saya butuh hp multifungsi untuk kerja dan hiburan. Hehe.. andaikan ada produsen yg ‘berbaik hati’ mencipatakan satu produk yg lengkap kap kap! :p

    Terimakasih lho sebelumnya..

  60. oh.. my mistake.. E71 ternyata Symbian OS.. hihihi good news it is!

  61. @Elsara
    Gua tadi dah nulis panjang2 dan detail, eh pas post internetnya putus.. Ilang dah..

    Tapi intinya buat temen2 yang ngiler sama iPhone, jangan sedih.. gua juga koq.
    Tapi sejak hampir semua fitur fancy-nya itu sangat bergantung dengan operator
    eksklusif yang menjualnya, sayang banget ya kalo kita maksa pake iPhone yang di hack itu di Indonesia. :)

    Selling point iPhone 3G:
    – Layar 3.5 inchi beresolusi 480×320
    – Wifi, 3G
    – Memori internal 8-16Gb
    – Sensor gerak dan cahaya
    – Kamera 2 MP
    – User interface yang super keren
    – Web Browser Safari
    – Push Email
    – TV-Out
    Dimana kebanyakan fitur2 ini sudah mulai umum
    dijumpai di ponsel2 multimedia high-end lain. :)

    Oh ya ini beberapa fitur yang ga dimiliki iPhone 3G
    yang sayangnya sangat sering kita pake disini:
    – ga bisa kirim contact via bluetooth < – selamat rajin nyalin yah
    – ga bisa voice dial dari bluetooth headset
    – ga bisa kirim-kiriman file via bluetooth < – hihihi.. ga bisa tuker2an lagu, foto, film, dll….
    – ga bisa jadi modem buat pc / laptop < – di Indonesia kita ga bisa bergantung sama Wifi yg masih jarang banget itu
    – ga bisa edit file2 Office (Word/Excel/PowerPoint) < – buat orang kantoran yg sering tugas diluar pasti gondok yach..
    – ga bisa Video Call < – sukurin.. ga bisa kangen2an
    – ga bisa copy/paste kalo lagi edit teks
    – ga bisa rekam video < – yg suka foto2in artikel di toko buku pasti bankal kangen banget sama fitur ini dah
    – ga mendukung Flash, Java dan download manager di internet browser Safari nya
    – ga ada slot memory card < – kalo hp rusak data kita stuck didalem

  62. why oh why Mr. Steve Jobs..? :(

    • kris
    • Oktober 10th, 2008

    ikutan dung, mas arif numpang tanya dung…….

    Ak kebetulan punya jari-jari tangan tu terbilang “gede”….
    Kira2 enak gag ya klo pake keypadnya, soalnya ak baca sumber lain klo tangannya gede rada susah…..
    Aku benernya baru nyari2 QWERTY phone yg bagus makanya tanya, pls reply~

    Thx

    • iyan
    • Oktober 11th, 2008

    mas arif mau tanya push email itu gag butuh connect ke gprs ato wifi kan ya??caranya gmana ya soalnya saya punya acc email 2..nah itu bisa ngebaca keduanya gag ato bisa ngedetect kalo ada email yg baru masuk??maav ya nanya abisnya gaptekk

    • iyan
    • Oktober 11th, 2008

    oiya aku kmaren beli nokia e71 di nokia 4,650.000 pas aku mau jual dengan kondisi baru pakai 1 hari masa dihargai cuma 3,5jt,,memang segituan ya harga ngejualnya

  63. @Kris
    Keypad nya cembung2 tuh mas, kalo saya sih pakenya nyaman2 aja.
    Atau coba dulu pinjem dummy di toko aja dulu walau dummy itu lebih keras dari aslinya. Paling enak sih cari Nokia Sales and Care yg lumayan gede, minta pinjem demo unit nya dulu. :D

    Biar kita tau betul barang apa yang kita beli kan. :D

    @Iyan
    Jawabannya sudah berkali2 ada dipembahasan diatas mas :)
    Soal harga jual lagi, saya tidak tau.
    Tapi mas Iyan biasa beli HP cuma buat dipakai sehari aja ya? :D

    • iyan
    • Oktober 11th, 2008

    wah saya bukan mas2 alias laki2….iya sehari2 aja kok…oiya mau tanya lagii gizmo gmn cara pakainya sihh…tiap saya connectinn selaluu ada peringatan yg ujung2nya”invalid user and pasword” padahal udah sampa aku ganti settingnya jadi baruuu muluu

  64. Gizmo seinget saya ada user/pass buat account Gizmo dan user/pass buat account YM, MSN, dll itu.
    Yg invalid yg mana? Kayaknya musti bikin account Gizmo dulu deh.
    Maaf saya lupa2, soalnya ada ganti memory card;
    yg ada Gizmo nya lagi ga bawa. :p

    • iswandy arisandy
    • Oktober 11th, 2008

    mas, saya baru beli e 71 neh..tapi masih bingung gimana cara wifi nya, trus saya pernah cek email yahoo saya kok gak kebuka? apa meski di jaringan 3G.
    mohon pencerahan nya.

    salam

    iswandy

  65. @Iswandi
    Selain ada di buku manual juga sudah dibahas dipostingan2 diatas, Mas :D

  66. Oh ya buat pemakai Nokia Email Beta 2, tanggal 10 Oktober (hari ini) mereka akan merilis Nokia Email Beta 3.
    Barusan saya udah cek, tapi belom ada. Mungkin maksudnya 10 Oktobernya bule kali yah.. sekarang mereka masih 9 Oktober :p
    Fitur2 barunya akan saya bahas kalo udah dapet softwarenya. :D

    • iyan
    • Oktober 11th, 2008

    mas arieff gizmo aku uda bisa haruss download ke webnya dulu yaaa..truss pake gizmo5..yg baru!!!
    tapi mas arief kok biaya pemakaiannya gag semurahh Ebuddy..yang ini mahall ih

    • iyan
    • Oktober 11th, 2008

    oiya mas arieff aku mau nanya lagi yaaa..kalo nokia chat ituuu gratiss apa tetep pk tarif gprs???kalo kayak bb kan asikkk

  67. Gizmo baru belom coba sih, tapi asiknya contact id temen chatting kita itu nanti akan terintegrasi sama list contact di HP. :D
    Love it or hate it.. :p

    BB connect juga bayar, Iyan.
    Biasanya paketan sama operator.

    Kalo kita mau paketan buat data / internet, juga bisa koq.
    Gua pake XL paket Mega Data cuma 99rb perbulan. :D

    • iyan
    • Oktober 12th, 2008

    hahaah aku pikir gratiss mas arief….terus mas aplikasi chat yg murah kamu tau gag,kayak ebuddy gtu gag terjangakauu??
    aku uda langganan internet bulanan dikostann sayangkan kalo langganan juga dihp..pemborosan hehe

    • iswandy arisandy
    • Oktober 12th, 2008

    nanya lagi mas,
    gimana cara ngerubah nada masuk sms dari tut-tut biasa menjadi lagu yang disimpan di memory. satu lagi mas, saya coba kirim video via bluetooth ke e71 tapi kok selalu dijawab “not enough memory” padahal saya cek memori nya masih 1,8 gb lagi. mohon pencerahan.

    salam
    iswandy

    • boney
    • Oktober 13th, 2008

    mas arif..sedikit demi sedikit saya bisa mempelajari E71 nih!

    untuk menerima E-mail dr gmail udah lancar mas..dan hasilnya memuaskan.

    maaf sebelumnya saya bingung bgt,tp setelah saya teliti,amati,belajar lagi..akhirnya bisa!

    terima kasih ya mas atas petunjuknya!!

    oh iya, bagaimna kl mas arif membuat komunitas E71 saja..yakin deh pasti sangat bermanfaat bgt, dan pasti banyak yg akan bergabung..lihat aja postingan di blog mas arif,banyak kan?

    itu hanya ide saja mas..bagaimana supaya kita bisa bermanfaat bagi orang lain,y kan?

    best regard!

  68. @Boney
    Thanks buat dukungan dan sarannya.
    Tapi bikin komunitas itu ga mudah Bon, butuh dedikasi yang tinggi loh.
    Takutnya ga ke urus, dan akan mengecewakan banyak orang.
    Jadi sementara begini dulu aja, saya bantu apa yang bisa saya bantu. :D

    @Iyan
    buat chatting saya pake Slick aja sih, atau kalo mo pake yg bawaan Nokia E71 ada Gizmo.
    Link buat donlot Slick dan aplikasi chatting lainnya ada di posting2 diatas.

    @Iswandi
    buat ngubar RingTone bisa ke:
    Setting > General > Personalisation > Tones
    Disana silakan dipilih2 dah.. :D
    Kalo terima video atau file2 besar via bluetooh,
    defaultnya itu masuk ke inbox kita dulu kan.
    Inbox kita setingan dari ‘sono’ nya itu di phone memory.
    Apa mungkin phone memory elu penuh ga?

    Untuk mengetahui kapasitas dan free space dari Memori internal dan memory card:
    Office > File Manager > Options > Memory Details

    Untuk setting media penyimpanan inbox, bisa ke:
    Messaging > Options > Setting > Other > Momory in Use
    dari situ bisa pilih mo pake Phone Memory atau Memory Card.

    • Deni Dananjaya
    • Oktober 13th, 2008

    Bos, gimana sich cara set up Voice guidance untuk Nokia E 71. mohon informasinya.
    terima kasih

  69. Ha? maksudnya yg buat guideance di GPS ya?
    Di Nokia Maps > Options > Tools > Settings > Navigation > Vioce Guidenace

  70. hallo mas,
    saya sudah setting/install gizmo di E71 saya…
    saya masih belum paham cara menggunakannya agar bisa YM-an…dan kalo di BB teman2x dgn mudah ber-facebook ria…kalo di E71 gimana caranya ya?
    mohon pencerahan…

  71. Buat maen Facebook:
    Buka web browser HP, ketik http://www.facebook.com atau m.facebook.com buat yg versi mobile.

  72. hallo mas…
    nanya lagi…setiap saya tersambung hotspot/internet…dan Gmail sudah saya sambung…email baru akan masuk seperti sms masuk,ada peringatannya…nah…kan juga ada fasilitas instant message…petunjuk cara pengaturannya gimana ya mas?supaya bisa dioperasikan oleh YM account saya yg fi yahoo…ato kalo mau IM harus pake gizom/slick???trus tu fasilitas instant message mubazir dunk?
    enlightment please?!
    regards from bali

  73. BERBANGGALAH…kita pemilik E71
    karena setelah dilakukan uji coba,lalu di compare dgn beberapa smart phone & pda phone yg ada…E71 memiliki rating tertinggi…. (sekedar share ajah)…coba klik disini

    http://www.cnet.com.au/mobilephones/pdaphones/0%2C239036203%2C339290943%2C00.htm

  74. download aplikasi FB di link http://www.getjar.com/products/15801/FacebookMobile
    saya baru tau…kesian ya?!…hihi

  75. @Cellozart
    Thanks banget ya buat info nya. :D

    • ifan
    • Oktober 17th, 2008

    Bang Arif, itu E71 bisa push mail dengan email perusahaan ngga? Kan enak tuh kalo bisa kaya’ BB yang ngga perlu connect ke internet asal GPRS aktif email tetep ngalir masuk. Kalau ada software-nya (gratisan atau berbayar) boleh dong infonya. Thanks.

  76. Bisa :)
    Pake Nokia Email aja.
    Bisa kita set mau push atau pull email, hari apa aja, jam berapa, kondisi batre/network seperti apa, dll..

    Link nya ada di posting2 diatas. :D

    • johan turang
    • Oktober 21st, 2008

    e71 emang mantab de

    • Azkadon
    • Oktober 21st, 2008

    mas arif…kalo pas konek ke wifi kantor trus diminta “WEP key for LAN”…apakah itu password nya wifi kantor?(soalnya pake pswd)…tapi sudah saya masukkan pswd nya tapi abis itu browser nya kosong so ga bisa browsing…ada solusinya mas? thanks ya

    • Azkadon
    • Oktober 21st, 2008

    tambahan info mas arif…kalo kita ketik lagi alamat websitenya abis itu ada tulisan “Web: No gateway reply”…gimana nih mas?

  77. halo mas arief yang baik,
    bisakah saya diberi petunjuk cara menggunakan fasilitas instant message yg ada pada E71?
    terima kasih

    • latimelati
    • Oktober 28th, 2008

    Mas Arief,
    Terima kasih banyak lho atas ulasannya..
    So far, I think yours is, by far, the best review of all.. I had this phone since the first time it came out, and I’M LOVING IT.. Mine is the grey steel one, very elegant and sophisticated.

  78. @Azkadon
    Di web browser E71 nya udah dipilih belom access point nya memakain yang mana? Bisa aja memang sudah connect ke WiFi, tapi access point nya masih memakai GPRS.
    Di web browsernya tolong di set access point nya menjadi ‘always ask’ aja. Jadi kita bisa browsing sesuai keadaan internet yang ada dimana saja ;)

    @Cellozart
    maksudnya aplikasi ‘IM’ yg didalam folder Communication ya?
    Jujur saya juga ga ngerti mas.. maaf ya.
    Teman2 yang lain ada yg bisa bantu?

    Kalo mo memakai fasilitas instant messenger seperti YM, Google Talk, MSN, dll;
    Silakan memakain Nokia Gizmo atau Slick aja.
    Link dan penjelasannya nya pernah saya di posting dibagian2 atas. :)

    @Latimelati
    Terima kasih banyak. :D
    Mudah2an elo menikmati produk bagus yg jarang2 dikluarin dari Nokia ini ;P

  79. seperti nya E71 boleh juga di pilih utk yg suka koneksi internet :)

    • NEO
    • Oktober 30th, 2008

    good job bozz….
    gue banyak terbantu ama blog ini
    thanks a lot :)

    • latimelati
    • November 2nd, 2008

    Mas Arif,

    Sebenernya ada yang mengganggu sejak pertama kali ak beli E71 ini, suara kameranya… Gmn cara matiinnya ya? Uda cb ganti profile ke silent (the most obvious shortcut that came into mind), tetep aja bunyi… Trus ak coba camera>options>settings>capture tone, nah disini biasanya kan nokia ada pilihannya “no tone” ato “off”, ko ga ada ya? Is there any other way to shut the camera tone?

    Satu lg, kl seri nokia lain yg ada secondary cameranya, kan untuk foto pun bisa gunain secondary cameranya, tp ko yg ini ga bisa ya? Apa secondary cameranya itu hanya berguna utk video call aja?

    Mohon bantuannya…

    • wiwit
    • November 4th, 2008

    Asyiiik…akhirnya dpt jg E71 yg white, walau harganya sempat meroket…tp berkat bantuan “someone” akhirnya dpt jg harga yg cihuuuy bgt.
    Anyway…blognya mas ini membantu bgt buat ngertiin maunya E71 ku…walau msh terbata-bata jg seeh…thank’s bgt ya mas.

  80. halo mas arif,
    bisa ga E71 pake fasilitas BB connect yg dari XL?
    Blackberry 1…
    thanks before

    • fieta
    • November 4th, 2008

    mo nanya
    pingin bgt punya hp E71 neh biar bisa puas ngenet terus
    masalahnya dalam kerjaan n sehari2, gw g bisa terlepas dari kamera alias narsis dot com

    hp gw sekarang N73
    pingyin ganti sech
    kira2 dari sisi kamera, bagusan mana ya. N73 sama seh, juga 3,2Megapixel. cuma aneh N73 keknya dulu pertama beli kameranya ok bgt, kesini2 gambarnya jadi ngga oks.
    bagusan mana utk kamera antara N73 ama E71???

    Tx ya

  81. @Wiwit
    Thanks ya. :)

    @Cellozart
    Nokia tidak “mau” menyediakan fasilitas BB Connect di ponsel seri bisnisnya sejak E71/E66 lagi. Gantinya disediakan Nokia Email yang gratis, dan hanya menggunakan gprs dari operator kita tanpa harus berlangganan Blackberry Internet Service kepada operator :)
    Saya memakain Nokia Email beberapa lama ini, sudah cukup puas koq dengan kemudahan, fitur2 dan kostumisasi nya.

    @Fieta
    Kalo mau foto2, Nokia seri N akan lebih memuaskan kita :D

  82. @Latimelati
    Iya nih, sayang banget fitur secondary camera didepan sudah ga bisa buat foto2 narsis lagi.
    Hahaha…
    Bunyi dari suara ‘shutter’ foto dari E71 emang rada2 rese sih.
    Ga bisa di ilangin setahu saya tanpa harus menghack ponsel ini.
    Cara termudah adalah menutup speaker yg ada dibagian atas ponsel dengan jari kita.

    Sepertinya Nokia ga mau ponsel ini dipakai buat foto2 tanpa izin.
    Dasar rese nih.. hihihi..

    • iema
    • November 4th, 2008

    hai mas
    maap mo tanya,,aku br pake nokia e 71
    knp yah koq suka tiba mati2 molo,,,truss suka kadang hang sendiri,,,
    soale aku rada gk ngerti neh hehehe,,klo mang seandainya jelek aku mo komplen gt mas hehehe
    thanks before yah.

  83. Hai Iema, seberapa sering tuh?
    Mungkin hp nya emang dapet yg kurang bagus.
    Kalo bisa sih di tukar ketoko nya sesegera mungkin.

    • maureen
    • November 6th, 2008

    mas,, ku udah pernah jalanin setting wizzardnya untuk yahoo,, nah sekarng bisa di delete ga accountnya? ku udah ga k mau pake lagi gitu,, thanx

    • Yolan
    • November 6th, 2008

    HI mas….
    cowokku dah beliin aku e71 kemarin, hehehe….akhirnya
    hasil merengek ku setiap hari ada gunanya ;)
    begitu lihat fiturnya, wew….mantap abiess….
    Tapi harganya gila..meroket banget ya..
    saya dapet 4,8 jt.
    padahal sebelum lebaran kan sempet turun sampe 4,3 juta
    mungkin karna ngaruh dollarnya juga kali ya…

    • iema
    • November 7th, 2008

    oh gt yah mas,,,okeh mas thanks yah bt sarannya….

  84. halo iema,
    masalahmu sama persis dengan E71 pertamaku..
    dihari kedua langsung aku bawa ke toko untuk ditukar dengan yang baru…dan jangan mau kalo tokonya menawarkan/menyarankan service…jgn juga dibawa ke nokia costumer care karena disana juga cuma melayani service..bukan retur produk

    • Yolan
    • November 13th, 2008

    Mas, mau tanya dong,
    kalo aku bawa ke tpt yang wifi gitu,
    connect ke wifi sih bisa, tapi selalu gak bisa browsing n munculnya ‘No Gateway Reply’ gitu

    Trus kalo buka map, selalu default access point nya ‘search for WLan’. cara ganti access point supaya default nya ke provider kita gimana ya?
    thanks loh mas sebelumnya

    • iema
    • November 15th, 2008

    hai mas cellozart..
    thanks bt sarannya..
    aku dah bilang ma tokonya,,percis yg mas blng ktnya suruh ke
    nokia customer care…
    tp aku jg bingung neh,,gmn yah baeknya,,klo retur barang kynya di toko ini gk mau mas…
    thanks yah bt saran2nya sangant membantu…

  85. halo iema,
    wah, rumitnya…
    seharusnya sih bisa tokonya retur…karena memang ada kebijakan dari nokia sendiri utk toko memberikan retur sebanyak 1 kali dlm setiap pembelian…kalo di toko yg tempat aku beli, retur akan dilayani selama 7×24 jam…dan tertera di notanya. maaf telat reply.

  86. Susah juga nih, distributor resmi Nokia Indonesia kan ada 4; sepertinya kebijakannya agak berbeda-beda dalam menangani retur barang.
    Mudah-mudahan Iema ga dapet yang rese yah. :D

    Pembelajaran, kalo mo beli HP mending cari waktu luang.
    Jujur gua sendiri suka beli hp waktunya mepet2 seperti waktu jam makan siang kantor, pulang lembur, dll.
    Idealnya sih kita ke toko hp sudah menyiapkan waktu setengah hari untuk muter2 membandingkan dan menawar harga. Setelah memutuskan untuk beli, jangan lupa di tes sampe puas ditokonya. Jadi kalo ada masalah, bisa langsung tukar dan tidak di persulit. :)

    Idealnya sih begitu, tapi buat kita-kita yang hidupnya sibuk jungkir balik work hard – play hard sih kayaknya susah juga ya cari waktu sebanyak itu. Hahaha… :D

    • Otto
    • November 15th, 2008

    Saya baru beli e71 tadi malam….uprek2…wow nih ponsel mantap habis…it’s grey steel…easy messaging…gampang email-emailan…gps…juga so far dipake tidak ada kendala atau problem….thanks mas for your info n review…from gsm arena is also good

  87. halo mas arif & temans,
    share experience neh…
    suatu hari saya lupa charge E71 saya sampe mati sendiri krn batre abis total. awalnya saya rasa tu hal yg wajar, sampe ketika selesai di charge, saya coba nyalakan kembali, tyt ga bs masuk ke layar utama, jd saya restart dgn membuka baterai..kemudian saya nyalakan kembali…alhamdulilah bs nyala normal lg.tp setelah saya cek,ternyata smsnya,folder2x sms,folder email,semuanya restart ke awal lg,semua data dr sms yg dah saya pilah2x ke folder yg beda2x jg ilang semuanya. saya dah coba ubek2x dimemory card & phone memory…ga nemu2x jg…yawdah pasrah aja…saya anggap ilang.(kenapa ya mas kira2x??)
    so, jgn pernah membiarkan E71 kita abis batrenya sampe mati sendiri deh untuk nextnya…
    cheers

  88. Thanks buat info dan peringantannya, Cellozart.
    Saya lupa pernah abis batre beneran ga yah,
    tapi mustinya sih OS Symbian ga kehilangan data ketika kehabisan baterai. Dan saya pernah iseng menukar simcard yg berati melepas baterai, datanya tidak hilang.
    Tapi ga ada salahnya kita jaga2 kan, dan kalo bisa kita rutin menyempatkan diri untuk membackup data ponsel kita via PC Suite. Ga lama koq, dan akan sangat menolong kalo ponsel kita kenapa-napa.
    Sekali lagi terima kasih ya. :D

    • cellozart
    • November 30th, 2008

    halo mas,
    sorry for being lemot…btw apa ya perbedaan fungsi & kegunaan antara “mail for exchange” dan “nokia email”?
    makasih…

    cellozart

    • Fajar Prabowo
    • November 30th, 2008

    ini pertama kalinya saya ketemu blog ini. saya rasa keren bgt.jujur aja kyknya E71 mahal bgt. Bedanya dengan E61i apa ya….mampunya beli E61i.he3

  89. Saya baru coba Nokia Email aja, yg Mail For Exchange sepertinya untuk email2 korporat gitu deh. Yg berhubungan dengan MS Outlook gitu. CMIIW.. :D

    • jane
    • Desember 1st, 2008

    pengen beli sih tapi… hasil kameranya gimana yah? saya suka experimen alat, jadi pengen nanya kalo hasil lampu LED redup bisa ditangkap nggak yah ama E71. Sepupu saya rekomendasi N82 katanya biar modus malam bisa dapat hasil jepret dari 2-3 meter, kalo E71 bisa nggak yah?

    • jane
    • Desember 1st, 2008

    dimana tuh yg jual E71 ama N82 yang murah? minta dong kontak infonya

  90. @Jane
    Salah besar kalo beli E71 atau Nokia Eseries lainnya untuk mengincar kemampuan kameranya. :)
    Kalo butuh hp kamera yang bagus, pilihlah Nokia Nseries atau Sony Ericsson K-series. :D

    Tempat jual hp yang termurah adalah kita survei ke berberapa toko di pusat penjualan hp. Hehehe…

    • gustav
    • Desember 4th, 2008

    mas…

    ada fitur blacklist number n sms di nokia E71 gak? soale ane tanya ke orang-orang di toko yang jualan nokia pada gak tahu. terus da software yang pas buat blacklist number and sms dimana? harganya berapa. syukur ada yang gratisan

    matur nuwun

  91. Bisa. Pake Advanced Call Manager.
    Seingat saya ini sudah bawaan dari beli koq.

    Fitur2nya bisa memfilter black list, white list, dll
    trus yg terfilter itu bisa pilih, mo langsung di reject, sms, masuk ke mesin penjawab, atau bisa juga di divert.

    Semua itu bisa kita atur baik kapan itu aktif, bagaimana isi salam dari mesin penjawab telpon kita.

    Saya perhatikan sudah sangat lengkap, tidak perlu aplikasi tambahan untuk ini. :D

    • Vera
    • Desember 4th, 2008

    Mas, aku mau tanya nih (titipan pertanyaan dari bosku). Istrinya punya E71 dan mau mengaktifkan email (spy bisa terima/kirim email). Beliau pake Matrix. Gimana ya caranya? Menurut ulasan mas diatas, sptnya mudah sekali. Bisa dikasih penjelasan step by step-nya gak mas? =)

  92. @Vera
    mula2 kita musti punya account emailnya dulu.
    Gua sangat menyarankan memakai Gmail karena selain gratis, cepat, dan berkapasitas sangat besar; juga sudah mendukung POP3 dan IMAP yang kita butuhkan jika memakai email client. :)
    Untuk setting di ponsel,
    jalankan Menu > tools > setting wizard.
    Disitu cukup jelas banget koq langkah2nya :D

    • gustav
    • Desember 4th, 2008

    makasih mas arif…
    saya jadi mantep beli e71.. masalahnya dah dimanyunin wife mau beli ragu-ragu….
    dengan penjelasan ente yang sangat jernih nih melebihi air mineral ane jadi hakkul yakin buat ganti hp…. terimakasih

    • Vera
    • Desember 4th, 2008

    thanks ya mas….!! Appreciate it ! =)

    • rama
    • Desember 4th, 2008

    mas arif…..
    saya tertarik pake E71.. Ada gak ya aplikasi arabic untuk E71 atao E51? Karena relasi saya banyak dari negara arab sono..kalo mau balas sms pake bahasa arab ane bingung.
    sementara ini ane pake E51.. Di Jogja kira-kira dimana yang nyedian aplikasi arabic buat kdua tipe HP ini?

    Thanks mas…

    • Coba cari aplikasinya di IP Mart, Rama. :)
      untuk address nya masukin aja di google “ip mart”

    • ivan
    • Desember 5th, 2008

    gw pengguna E71,,cuman buat gprs dah aktif…tapi masuk ke internet nya koq ga bisa ya…mesti ke nokia center nya pa ya gw…dari HP nya mesti diaktifin apa lagi.???thanx buat informasinya…ga nyesel beli E71..huehuehuehue

    • Hai Ivan
      Coba di web browsernya, di set internetnya default di gprs operator elu. :)

    • gustav
    • Desember 7th, 2008

    Mas..

    kalo aplikasi sms spam manager nokia E71 ga ada ya? yang ada cuma Advance call Manager buat blokir panggilan yang kita inginkan..

    plis deh mas… minta aplikasi yang bisa ngblok sms dari E71 ane… kaya Sms spam manager di Nokia E51… thankyu

    • delfiana
    • Desember 10th, 2008

    mas, ikutan donk,, katanya kalo kita mengincar kamera, pilih seri N ya mas? tapi kok hp saya N76 kameranya jelek y mas kalo dalem ruangan atau pake night mode?

  93. N76? Sudah coba N90 atau N93?
    Kalo masih kurang puas beli kamera SLR,
    hehehe… sori bercanda. :p

    Delfiana,
    kamera di HP memang tidak ada yg bagus koq
    yg ada itu cuma ‘lumayan’ saja :D
    Kamera HP di smart phone paling bagus
    yg saya pernah pake adalah kameranya Soner P1i.
    Mungkin untuk non smarthphone bisa coba Soner K-series.
    Tapi tetap aja sih, belum dapat menandingi hasil
    dari kamera dedicated seperti misalnya kamera pocket bermerek. :D

    • sinyo
    • Desember 12th, 2008

    wedeehhh… bentuk ga gaull blass… hp om om. sory layaw.. tunggu n97 aja dah.

    • wawan
    • Desember 12th, 2008

    weleh2, jadi pingin beli E71 nih, tp hrs jual N73ME dulu, ada yg mau? msh garansi

    • cellozart
    • Desember 13th, 2008

    halo temans…
    dah dari 2 mingguan yll saya mengikuti saran yg dianjurkan. sy daftarkan kedua email saya yg sll aktif (yahoo & gmail) ke NOKIA MAIL…hasilnya sangat mujarab. saya bs nentukan sendiri apakah ingin selalu online ato di SYNC sesekali aja tuk cek email. cara settingnya mudah, nokia mail sangat membantu.saya sangat menganjurkan utk temans yg punya e-adress lebih dari 1 & selalu ingin update.
    sekarang tinggal nyari aplikasi yg bisa facebook & YM yg lebih praktis ketimbang aplikasi facebook yg pernah sy info dulu (http://www.getjar.com/products/15801/FacebookMobile)…jd tambah kesian ama temans yg msh ngotot blekberi-an…hehehe…bcanda

    • cellozart
    • Desember 13th, 2008

    mas,
    ketinggalan 1 pertanyaan…utk web browser, bisa pake opera mini ga?kalo bisa,donlot dimana ya?
    thx b4

    • cellozart
    • Desember 13th, 2008
  94. Buka http://www.operamini.com dari web browser bawaan hp kita. ;)

  95. AJIB, EMANG E71 KEREN SIH..DR DULU GW EMANG CINTA MA NOKIA.. BLACKBERRY.. NO WAY, HAHAHAHA SCARA GW STAY DI BATAM SIH, JADI KALO ADA BARANG BARU KUDU JUAL DAN GANTI LAGI, NAH SEMETARA ANIMO DI BATAM BLACKBERRY GA GANTENG, NOKIA DAN SONY ERICSSON dong YANG GANTENG ABIS,,,

    • ibtissam
    • Desember 15th, 2008

    mau tanya, td tlp ke eraphone harganya 5,1jt. tapi kalo pake BRI jd 4,2jt ambill aja ga? thx

  96. BRI 4,2jt itu maksudnya kalo pake kartu kredit BRI ya?
    Boleh tuh, murah! :D
    Asal bunganya diperhitungin juga ya,
    soalnya setahu saya kartu kredit gitu banyak banget
    jebakannya. Jadi kita musti hati2 ::

    • ibtissam
    • Desember 15th, 2008

    yup, tadi udah tanya2 and itung2. kalo memang mau kredit 12 bln kenanya jd 4,7 sekian
    tapi karena udah ada budget jadi mau cash aja. jadi gmana ambil aja???

  97. Jato2nya kayak harga normal ya?
    Terserah sih, kalo kredit kan kita bisa alokasiin duit kita ke yang laen.
    Tapi coba survei dulu ke toko lain kalo mo beli cash;
    siapa tau bisa dapat lebih murah lagi ;)

    • ibtissam
    • Desember 15th, 2008

    maaf kasih info kekurangan dari e 71 donk. kemungkinan malam ini mau beli, krn besok promosi terakhir (mumpung murah). thx alot

    • ibtissam
    • Desember 15th, 2008

    udah tanya2, tapi semua di atas 4,5jt

  98. Kekurangannya kamera yang tidak sebagus seri tingginya dari Nokia Nseries seperti N95/N96.
    Oh ya, batre nya yang kurang umum karena cuma dipake di E71 dan E90. Harga originalnya bisa dibilang cukup mahal..
    Tapi saya beli merek Lion cuma 65rb, tapi daya tahannya memang tidak bisa sebanding dengan baterai originalnya yg bisa dibilang awet banget itu.
    Hehehe…

    • Septiansyah
    • Desember 16th, 2008

    Pak, saya mau numpang tanya…
    Di INBOX SMS, setiap nama sender sms, selalu muncul Last Namenya di depan.. Gimana cara ganti biar First namenya di depan ya?

    Kalo di phonebook sih ga ada masalah..

    Thank you..

    • Diar Tambunan
    • Desember 18th, 2008

    Selamat siang Pak. Saya mau tanya, kata teman di Kuwait, seri E71 ini sering drop call alias terputus karena ada “bug” nya. Apa pernah mengalami hal ini? Mungkin teman lainnya?

    Saya tunggu nih masukannya

    • fiji
    • Desember 23rd, 2008

    mas mas tolong dong, aku pake E71 dibeliin suami, tapi ga ngerti cara pake alice mail,Gmail,tin.it,virgilio, tuh gimana dan apa harus download dulu? tru IM kok ga bisa dipake ya?adobe reader buat apa ya? duh gaptek niy..mhn di balses ya mas..thx so much

  99. @Fiji
    itu semua ada di buku manual E71 anda :D

  100. @Septian
    Iya tuh emang gitu, coba diupdate firmware nya di Nokia Care
    siapa tau masalah itu sudah hilang. :D

    @Diar
    Hooh, mungkin sinyal operatornya bisa jadi kurang bagus.
    Seperti saya pemakai XL memang belakangan sering ngedrop sinyalnya. Tapi kalo saya tes pake Telkomsel, sinyalnya bagus koq. Jadi saya pikir ini masalah operatornya.
    Dan juga form factor yg sangat tipis plus body logam dari E71 bisa saja ikut mempengaruhi masalah ini.

    • Ruli
    • Desember 28th, 2008

    Halo Bos
    akhirnya saya dapet E71, cuma masalahnya adalah saya juga pakai Macbook. apa ada cara syncronize email di macbook saya secara offline, seperti layaknya saya juga meng sync address book dan calendar dengan memakai program isync? saya googling tapi gak ketemu2 jawabannya, mungkin ada yg bisa bantu?

    • Nasha
    • Desember 29th, 2008

    kalo wifi pake E71 emang cepet?Kata orang2 ada yg lama..
    Bingung nih..Mau ganti Blackberry atau E71…
    Ada usul ga?thx..

    • gue
    • Januari 3rd, 2009

    nokia E71 + SEVEN (www.seven.com) + Tsel flash = Blackberry killer!!

    seven support email kantor yang exchange,gmail,yahoo dll dll
    di banding dengan blackberry

    e71 lebih murah! udah 3g lagi bb yang harganya deket2 blom 3g
    seven=mail apps yang bisa pushmail langsung masukk apalagi pake gmail manteb dukungan buat exchange email kantor itu loh yang muantab di banding produk nokia mail senidiri
    tsel flash=bb jelas lebih murah lah langganannya di banding langganan bb!

    so… mendingan mana?

    • cellozart
    • Januari 4th, 2009

    @ Septiansyah

    Kalo ga salah coba ganti bahasa telpon jadi bahasa indonesia deh…kalo di E71 saya ngaruh tuh…
    begitu juga utk nama yg diawali simbol seperti contoh ~Dian~…kalo setting pake english…dia tetep masuk di alphabetical “D”…tp kl setting indonesia dia akan ditaruh setelah “Z”.
    selamat mencoba!

  101. Hai Guys,
    gua dapet software yg bisa bikin HP kita jadi WiFi hotspot nih.
    Detilnya gua post di tulisan baru sesegera mungkin setelah gua test2 dulu.. ;)

    • ida
    • Januari 5th, 2009

    Mas, aku download themes untuk e71 dari mobile9 tapi setiap mau diinstall ga bisa, messagenya :certificate error, contact the application supplier..
    kenapa ya mas? trus alo mau download themes dari mana ya enaknya?
    makasih ya :)

  102. Coba ke Setting > Application > Application Manager:
    Software Installation : All
    Online Certificate Check : Off

    • ida
    • Januari 5th, 2009

    ih canggih banget, kok bisa tau semua sih mas..
    thanx banget ya, uda bisa nih sekarang..

    • kartika
    • Januari 6th, 2009

    mas, br sbulan saya pake nokia e71 tp qo udh bbrp hr ini foto2 n mp3 yg ada d galeri ilang smua, bs d liatna cm d file mnjer aj,tp kn ribet kl msti liat k situ dl. trus mo gnti nada dring bwt pnggilan msk n sms ga bs..cz dftr lagu mp3 nya yg d profil jg jd ikt2an ilang. yg ada d profil cm nada standar dr nokia doank. kira2 mas tau ga knp bs bgtu? trus solusinya gmn?

    • alfon
    • Januari 8th, 2009

    mas, saya mau bertanya. saya makai e71 baru 2 minggu ini. saya ada masalah dengan pengiriman email. saya bisa menerima email, tpi selalu gagal klo mau mengirim email. saya pakai yahoo.com. bisa dibantu untuk penyelesaiaannya?
    thank,s

    • ida
    • Januari 12th, 2009

    mas, mau tanya lagi dong…
    untuk matiin suara pas lagi foto gimana ya?
    aga ganggu kalo pas foto ada bunyi2 hehee..
    trus satu lagi, ada sms saya yang gantung di outbox tapi ga bisa diapus, kenapa ya?cara ngapusnya gimana ya?
    thanx ya mas

  103. Bunyi pas ngambil foto ga bisa di ilangin.
    Nokia ga mau kita jadi tukang intip yg suka ngambil foto orang tanpa izin sepertinya. =p
    Cara paling mudah meredam suara fotonya dengan menutup speaker yang ada diatas hp doang.

    Sms nya coba di pindahin ke draft dulu, baru diapus Da. :)

    • chaca
    • Januari 12th, 2009

    umm…ada ngga yach aplikasi facebook yang kayak di Blackberry gt buat e71?

  104. Sepertinya belom ada, kalo ada bakalan asik banget ya. Hahaha..
    Soalnya gua pake Facebook yg buat iphone / ipod touch beneran asik banget =p

    • chaca
    • Januari 12th, 2009

    facebook yang buat iphone/ipod touch bisa di download di e71 jg? gimana caranya?

  105. Ga bisa, baik yg buat iphone/ipod touch dan blackberry itu native sama operating system masing2 alat itu.
    Kalo yang buat iphone/ipod touch sih bisa di donlot legal dan gratis secara langsung di Application Store nya Apple.
    Kalo buat BB, ga tau ;p

    • susi
    • Januari 12th, 2009

    mas….gimana caranya buat bisa jalanin Ym di E71… untuk di Im nya saya bingung untuk pengisiannya. saya pakain kartu im3. apa ada aplikasi ym untuk E71?

    • susi
    • Januari 12th, 2009

    sory mas , untuk aplikasi ym yg lain aku dah tau hehehe, untuk setingan Im di E71 harus isi apa aja… gagal melulu neh…..:(

    • cellozart
    • Januari 12th, 2009

    mas,
    aku iseng ngupdate firmware e71 ku sendiri…donlod dari webnya nokia…apa yg salah ya setingnya?
    kok sekarang saban mo nyambung ke wifi ato hotspot pasti ga konek dan system error…jd harus restart maksa gituh…waduh…apa harus ngulang update firmware lagi?
    mohon bantuan…
    thx

  106. Hai Susy, thanks udah mampir :)
    Soal itu sudah pernah diposting diatas,
    Mohon di cek bebi cek dulu ya ;)

    Cello, gua turut prihatin bro.
    Jujur gua dari dulu juga mo upgrade fw nya jadi yg terbaru,
    Tapi liat perubahannya ga terlalu signifikan jadi gua ga jadi.

    Lagi pula gua berprinsip ‘kalo ga rusak, ga perlu dibetulin’ =)

    Lu pas upgrade ada pesan error atau apa ga?
    Cara termudah adalah bawa hp nya ke Nokia Care.
    Teken gua N73 nya pernah lagi update firmware ngehang,
    pas direstart dah blank hp nya.
    Dia bawa ke NSCC Ruko Mangga 2 Mal,
    (deket kantor dia soalnya)
    sama mereka langsung di flash ulang tuh katanya.
    Karena disana waktu itu masih sepi,
    jadi bisa ditunggu. Lu kalo sempet coba aja kesana. :)
    bisa ditunggu malah.

    • melisa
    • Januari 13th, 2009

    mas mau nanya ya,,,
    smp sekarang masih dipake ngga e71-nya? mksdnya sih pengen tau awet ngga nih hape? trus so far ada kendala apa aja?
    tq yaaa

    • ida
    • Januari 13th, 2009

    thanx for your info :)
    mau nanya lagi nih..
    sebel banget deh, aku kan save message di memory card, trus tiba2 ada tulisan cannot access memory card dan tiba2 semua message aku ilang, sebel banget nih, kenapa ya???
    trus pernah juga muncul message cannot receive message, delete some data first, padahal memory card baru keisi dikit, kenapa yaaa???
    thanxb4 mas :)

  107. @Melisa
    ya iya lah.. =))
    Kendala pasti ada, tapi itu minor dan bisa kita perbaiki / akalin sendiri.
    Paling ya kameranya memang ga sebagus Nokia seri N atau Soner seri K yah.. ;)

    @Ida
    Iya gua juga pernah ngalamin hal yang sama.
    Caranya gampang, yaitu kita lebih baik mengatur inbox kita di phone memory aja. Selain lebih cepat aksesnya, E71 memorynya sudah sangat lebih dari cukup kalo cuma untuk menampung inbox pesan2 dan contact kita.
    Memory external ada baiknya hanya kita pakai untuk menginstall aplikasi tambahan dan menyimpan data multimedia saja. :)
    Oh ya masalah memory full juga bisa karena yang di maksud full adalah memory simcard kita.
    Sms dari beberapa nomor XL, akan masuk langsung ke simcard ketimbang ke hp. Tanpa kita sadari memory simcard kita penuh. Ini sepertinya masalah dari XL nya deh, soalnya masalah ini juga saya alami juga waktu masih memakai Soner P1i.
    Cara mengecek dan menghapus sms yang masuk ke simcard di E71 adalah:
    Messaging > Option (tekan softkey kiri) > SIM messages

  108. mas saya mau nanya nih
    saya mau beli e71
    tapi udh 2 minggu saya cari ke nokia mana2 kosong terus saya sudah ke fatmawati,PIM,sency,PS,plangi.smua nya ga ada
    ada saran ga mas?

  109. @Arin
    wah.. kosong ya?
    Sabar ya :)

    Tapi kalo udah ngebet, itu kayaknya semua daerah selatan ya?
    Sudah coba ke daerah Jakarta Barat atau Utara?
    Bisa di Roxy Mas, Cempaka Mas, Mangga Dua, Megamal, atau Kepala Gading. :D

    • firman
    • Januari 16th, 2009

    mas…
    sekarang E71 gw saban donlot sofwer langsung nginstall sendiri tanpa nanya mo di install di phone memory ato memory card…emang gitu ato ada yg salah ya?
    ngecek settingannya gimana ya?

  110. hmm kalo gading kata temen2 saya ga ada mas,soalnya kmaren temen saya habis beli E63
    tapi nanti akan saya cari deh,walopun agak jauh dri rumah juga tempat2 yg mas sebut hhaha

    oh iya beda e63 sm e71 kira2 apa ya?

    • Ira
    • Januari 17th, 2009

    Mau nanya mendingan beli n82 apa e71, saya gila internet, jadi saya pengen punya hape yang bisa buat internetan kapan aja dan dimana aja, kalo nokia n series bisa ga pake paket mega data xl? soalnya naksir sama fitur2 n 82 tapi pengen internetan lancar dimana aja, ga pengaruh sama pulsa…makasih…

  111. N82 itu yg bentuknya agak2 futuristik bukan?
    Mustinya sih ga masalah ya urusan internetan baik di Nokia Nseries ataupun di Eseries. Karena setahu saya sudah memakai operating system dan web browser yang sama.
    Paket Mega Data dari XL cukup memuaskan koq, saya kebetulan juga pake itu. Quota 250Mb itu lebih dari cukup kalo dipake untuk browsing dari hp. :)

  112. @ Arin
    Beda Nokia E71 dan E63, sudah saya buat artikelnya sendiri di blog ini juga. Arin coba aja klik judulnya, Nokia E63 di link bagian kanan atas halaman ini ;)

  113. mas saya sudah dapat loh e71 nya tapi saya msih belum trlalu mengotak atik
    oh iya saya mau tanya,gmn cara download windiws live messenger,karna kebetulan saya sgt sering mnggunakan applikasi tersebut
    terimakasih

  114. Windows Live bukannya sudah build-in ya? Kalo ga salah namanya masih MSN Messenger, tapi bisa koq. Bahkan contact list dari Windows Live kita sudah terintegrasi dengan phonebook. :D

    • suriyanti
    • Januari 19th, 2009

    Malam, saya baru beli nih E71 tp rada gaptek.
    Pengennya nih hP bisa multifunction, mubajir bgt cm dipake telp ama SMS.
    Kira2 ada yg sudah senior bisa bantu gak yah?
    Atau ada artikelnya yg dari NOL banget utk gw pelajarin, sejauh ini sih yg sudah gw lakuin hack sistemnya sendiri dna berhasil.
    Thanks..

  115. Maksudmya “hack”? :)

  116. Untuk setting internet im2 broom gimana ya ko temenku coba gak berhasil

  117. Terkadang bukan karena setingan kita yg salah mas,
    tapi server operator yg terkadang sibuk atau error.

    Internet dari XL yg saya pake juga sering ngadat koq,
    cara gampangnya adalah memindahkan jalur dari GSM ke UMTS, atau sebaliknya. Atau melakukan konseksi ulang aja. Biasanya akan lancar. :D

  118. chaca Berkata:
    12 Jan, 2009 pukul 1:59 pm

    umm…ada ngga yach aplikasi facebook yang kayak di Blackberry gt buat e71?

    Bisa kok…
    silakan kunjungi getjar.com/
    klik nokia E71…
    disitu akan muncul banyak software yg bias didonlot…tmsk fasilitas facebook…
    saya sarankan donlot dan instal NIMBUZZ, untuk keperluan ceting…dg membuka satu program (nimbuzz), maka semua akun messenger kita bisa kita mainkan….
    selamat mencoba

    • lesyana
    • Januari 20th, 2009

    bagusan e71 atau e63 sih?

  119. mas saya sudah bsa lho mengoprasikan wlm tapi web nya itu lho suka gabsa kebuka,suka timmed out gtu atau kadang bahkan loading nya ga jalan
    kalo kyk gtu gmn mas?saya msih gaptek bgt hehe
    kalo yg getjar itu cara mindahin ke hp ny gmn tolong jelaskan dong mas,makasih

    • julia
    • Januari 21st, 2009

    mas,mau nnya ne…
    gimana cara aktifin wi fi di e71 y?
    trus gimana cara aktifin push e-mailnya?
    thx…

    • julia
    • Januari 21st, 2009

    oh ya dah bisa pke gmail..tpi ko ga bisa mncul messages mail nya di hp..
    bisa kirim si,cuman trimanya ga bisa…
    tolong jelasin y mas..plisss

    • julia
    • Januari 21st, 2009

    udh bisa..yessss…
    mas,tolong jelasin wi fi nya ny?
    ga tahu cara aktifin..hehehe

  120. Wifi bukannya tinggal klik di layar utama aja?
    “WLAN scanning off” tinggal di klik aja.
    Nanti kalo ada sinyal Wifi, tinggal pilih mo yg mana; gampang banget koq ;)

    • julia2
    • Januari 21st, 2009

    @lesyana

    bagusan e71 keknya..coba cek di gsmarena.com..
    kemarin g juga naksir ma e63 soalnya ad warna merah..tpi dgr2 keknya e71 dah mau kluar warna merah ma item..g mau beli casingnya aja..klo dah ad..hehehe

    • julia2
    • Januari 21st, 2009

    mas arif emank tgl gitu doank???
    koq biasa g ga bisa y?
    coba d besok g coba lagi..hahaha..
    jadi malu..
    wew…

    • julia2
    • Januari 21st, 2009

    mas, mau nnya ne..
    push emailnya gimana si?
    cuman bisa pull doank..hehehe…

  121. Mohon dibaca dulu komentar-komentar diatas ya. :D

    • lesyana
    • Januari 21st, 2009

    iya sih, tapi bingung juga karena gue kurang guna juga buat fitur2 seperti kamera, karena mending sekalian beli digicam aja hehehe…..

    • julia2
    • Januari 21st, 2009

    saya udah baca berulangkali posting di awal..tp blom “ngeh” juga mas.

    udh pke nokia email,hasilnya sama aja..
    ttp mesti dipull..ga ad cara yg lebih rinci ya?
    agak lemot si..hehehehe

    • firman
    • Januari 22nd, 2009

    @ julia2
    saya udah baca berulangkali posting di awal..tp blom “ngeh” juga mas.

    udh pke nokia email,hasilnya sama aja..
    ttp mesti dipull..ga ad cara yg lebih rinci ya?
    agak lemot si..hehehehe

    halo julia…kalo kamu pake nokia email…caranya adalah kamu harus aktifin setingannya. open>go online…udah deh…tar saban ada email masuk otomatis lgsg bs kebaca,tapi ya gituh,jd agak boros batre..karena sofwernya nyala terus…

    • peter
    • Januari 22nd, 2009

    halo mas arief
    baru liat blog ini dan emang luar biasa
    thx semua saran2nya

    Mau tanya nih, kebetulan baru dapet E71, tapi belon dibuka dusnya hihihi
    Yang mau saya tanyain, di Hp ini apakah bisa punya banyak alamat email, kayak BB gitu?
    maksimum berapa?
    kan enak bisa ngecek2 yang mana saja
    thx

  122. Thanks Firman :)

    @Peter
    Bisa. :D

    • peter
    • Januari 22nd, 2009

    thx bosss,
    nanti saya kabari lagi setelah buka dusnya hihihi

    • du
    • Januari 23rd, 2009

    haduh, sy baru beli e71 ni, 5,115jt di Pekanbau. hiks
    aturannya hp makin lama kan makin murah, lah ini..
    trus gagal trus ni conect intenetnya.
    help mas arif..
    btw mas arif,hp nya udah ganti lagi ato masih setia dengan E 71 nya?

    • firman
    • Januari 24th, 2009

    waktu E71 pertama keluar…saingannya adalah samsung i780…hampir semua fiturnya sama,kecuali OS dan D-pad…
    seiring berjalannya waktu, i780 sudah turun ke 3,750ribu…sedangkan E71 masih diatas 4,5juta.
    Kalo produknya jelek mah ga mungkin harganya bertahan..
    kalo produiknya bagus…ngapain ganti2x lagi?…:)
    saya rasa E71 adalah produk terbaik dan termurah yg pernah dikeluarkan oleh Nokia…

    • suriyanti
    • Januari 25th, 2009

    Bro pengguna baru juga nih, cm rasa2nya kok bnyk banget kelebihan E71 yg BELOM bisa gw manfaatin.
    Kira2 push email itu gimn sih cara kerjanya? ada yg punya link utk software2 E71 gak? berhubung masih kosong/

    • ardie
    • Januari 27th, 2009

    hai bung arif.

    saya bingung nih, rencananya ingin ganti hp. maunya saya sih nokia 5800expres musik, tp setelah membaca blog ini ternyata nokia E71 canggih jg ya. ha3. dari segi harga beda tipis tuh..
    klo bung sendiri lebih memilih E71 atau 5800?, disertai alasannya..
    trims :)

    • the aribowo
    • Januari 27th, 2009

    sy baru nih pake e71,beli 1.050rb.makin naik aja..2 minggu sebelumnya istriku malah beli 1.200rb.naik turun terus.btw mau tanya dong Pa.maklum agak gaptek.
    kalau push email itu chargenya gimana ya?maksutnya apakah bytes yang terpakai atau gimana?, kalau bb services kan sudah jelas.tks ya…

    • dbonline
    • Januari 27th, 2009

    Saya baru dikasih E71 dari Aussie, so far sich buat e-mail dan push e-mailnya jalan, untuk push e-mail saya pake email.nokia.com, kalo untuk messanging pake e-buddy, tp ada yang aneh… saya liat di folder communicate nggak fitur IM’nya dan PTT.. saya udah tanya ke Nokia Careline, katanya dibeberapa produk beda2 untuk produksinya apa iya yah..

    Ada yang bisa bantu nggak yah.. buat dapeton fitur IMnya (seharusnya sich emang built-in tp in nggak ada)

    • heroewid
    • Januari 29th, 2009

    saya mau install software facebook mobile dari getjar di e71, saya donlot dari pc trus di kopi ke memory tapi ga bisa jalan, ada pesan “certificate error! contact the application supplier”..
    ada yg bisa kasih solusinya, thx a lot…

    • ibtissam
    • Februari 2nd, 2009

    m

  123. @Du
    ada masalah ga sama operator seluler nya? :)

    @Firman
    Iya kenapa bisa sampe begitu ya yg Samsung?

    @Suriyanti
    coba ke email.nokia.com
    cara kerjanya? pake sulap kayaknya =)

    @Ardie
    E71 dan 5800 betul2 berbeda keperluannya.
    Jadi kembali lagi kita mau pake hp itu buat apa? :D
    E71 jelas buat kerja, buat senang2 5800 tempatnya.

    @Aribowo
    ha? 1 juta-an aja?

    @Dbonline
    Coba buka http://www.nokia-asia.com/A41163465

    @Hero
    Saya sudah menginstallnya, itu cuma shortcut ke m.facebook.com yang akan dibuka via web browser hp kita. Mending langsung aja masukin alamat itu ke web browser dan kita bookmark aja kalo mau. :D

    • REre
    • Februari 4th, 2009

    Hi,

    Saya baru beli Nokia E71, untuk pertama kali charge itu hrs brp jam, apa hrs 8jam sama spt hp baru lainnya? Tks.

    • Matya
    • Februari 5th, 2009

    Mas, sy pengguna E71 + telkomsel flash unlimited n seneng bgt krn bs maksimalisasi E71. Sy mo tanya, knp sekarang setiap ke web, koq ditanya username + password? Pdhl sy ga pernah merasa setting untuk username + password untuk browsing ke web. Dulu2 sih bs langsung tanpa harus memasukkan username + password. Thanks ya…

    • Matya
    • Februari 5th, 2009

    Mas, untuk pertanyaan saya sebelumnya, sy sdh tanya Telkomsel dan sdh terpecahkan. Krn sy menggunakan Telkomsel flash unlimited, bingung jg krn sebelumnya APN sy pakai Telkomsel dan skrg sy br diinformasikan bhw APNnya harus Internet.
    Nah skrg saya mau tanya hal lain nih. Saya kan mau download email.nokia.com u/ push email, tp koq di HP selalu muncul nofitication : “Not Acceptable” ya? Whats wrong? Sy sdh set u/ application download all dan certificates off. Bs minta tlg kasih pencerahan, Mas?
    Thanks ya

    • erwin
    • Februari 6th, 2009

    mas, aku mau sharing, saat ini aku memakai soner G900, aku kurang puas dgn kinerjanya, sedikit lemot, ada jeda,misalkan pada app office praktiknya lambat, nah yg aku mau tanyakan apakah dlm e71 juga seperti itu?
    Trus mas saya denger 5800xm bisa di install quickoffice dgn cara beli di websitenya, nah yg jadi pertanyaan aku, apakah perbedaan E71 dgn 5800xm setelah diinstall quickoffice?krn gps masing2 sudah ada, klo music pasti lbh unggul 5800xm.. Apakah dr push email, atau internet atau lainnya?mohon info dan pendapatnya mas, krn G900 ingin aku jual, dan bingung ganti e71 atau 5800xm. .
    Thx mas. . Erwin

  124. hallo mas arif, saya juga pengguna E71 walau pemakaian nya belum di maksimalkan masih exploring nih..gimana kalo mas arif bikin komunitas online pemakai nokia seri E71, kaya komunitas komunikator E90 itu lo mass, jadi kalo ada yang butuh info mengenai e71 ini kita bisa sharing sharing gitu…secara feature nya dah ok banget tapi baca manual book rasanya keburu ketiduran dehhh :D
    salam
    rani

    • ibtissam
    • Februari 7th, 2009

    selamat siang mas arif, mau tanya kalo kita menggunakan exel di e 71, kita bisa edit2 di hpnya ga? atau harus tersambungkan dengan komputer? terima kasih

    • firman
    • Februari 8th, 2009

    halo temans,
    kemarin gw abis ngupdate software E71 gw…dapet themes baru dan kerjanya berasa lebih cepet dikit…(emang ngaruh yak?) cobain gih…tinggal donlot kok!
    btw, gw pernah coba “tanding” sama temen gw yg pake E90…tyt mesin E71 lebih cepet ya…

  125. nice post brothers..

    • firman
    • Februari 8th, 2009

    mas..
    bisa minta petunjuk dimana bisa saya donlot software slick via internet?
    ato kalo mas punya link nya boleh dong…
    btw bakal ada masalah ga kalo kita terlalu sering menginstall-remove software2x pada E71 kita?
    makasih! :)

    • deutz
    • Februari 9th, 2009

    @ Arif
    1.Mo tanya cara copy paste E71 gimana caranya dan bisa digunakan untuk copy sms or email aja aja apa bisa juga buat copy artikel di website?
    2.Saya belum pernah coba pake WIFInya E71, kebetulan di ruangan kantor saya menggunakan WIFI yg membutuhkan login : user name+password+domain, gimana cara settingnya karena banyak banget menu2 yg harus diisi lebih dari pada 3 macam settingan yang hanya membutuhkan 3 item untuk login.

    terima kasih,
    deutz

    • zal
    • Februari 18th, 2009

    e71 gw sina…yalnya kadang mati..idup lg klo di restart..knapa y? tenpo hari n 73 gw jg gitu..apa dah bawaan ya nokia ya…

    • Osk
    • Februari 22nd, 2009

    Hallo, mau nanya nih secara saya gaptek banget…baru dapet e71 nya juga 5,250 di Global Teleshop..kira kira kalo indikasi kecacatan pada e71 ini gimana ya? dan untuk menanggulanginya ada cara apa? Oh sekalian, bagaimana cara menggunakan vitur VOiP? apakah VoIp memungkinkan kita bisa telefon gratis begitu? trims ya jawabannya, saya coba install skype cuma kok gbs dipake telefon. Mohon pencerahan nya

    • Osk
    • Februari 22nd, 2009

    Oh iya, sudah coba install aplikasi fring dan nimbuzz cuma kenapa lama banget untuk subscribe skype nya ya? mungkin ada info atau cara2 nya di share yaaa…anyway garmin itu apa? terimakasih banyak..dan untuk aplikasi push mail itu kalo make acc hotmail bisa nggak?

    • Osk
    • Februari 22nd, 2009

    Mas arif, kalo mau nge remove e71 dari pc suite itu langsung close pc suite nya terus cabut aja ya? soalnya ga ada pilihan safely remove device nya soalnya..saya make pc suite terbaru

    • Nonik
    • Februari 26th, 2009

    Mas arif, hr ini tiba2 push e-mail ku yg pake aplikasi SEVEN tiba2 ngadat. Knp ya ? Apa perlu aku hapus tuh aplikasi trus download ulang? Dittgu sarannya ya mas. Maksh banget.

    • fons
    • Februari 27th, 2009

    Thx atas info ny yg cukup lengkap..
    minggu lalu (mgg ke-3 Feb’09) sy udah mau beli tp harganya lg naek dr minggu sebelumnya yaitu sekitar 5.1jt padahal seminggu seblmnya harganya 4.8jt.jd aja saya pending utk beli…ada saran gak kira2 harganya gmn utk beberapa hari ke depan?thx before
    oya terakhir jg warna black udh keluar di pasaran,ada saran jg gak mending yg grey ato black..
    sekali lg thx before

    • wasisbudiharto
    • Februari 28th, 2009

    Tolong bos, aku pakai kartu Halo unlimited, udah setting manual awalnya browsing lancar, tapi sekarang kok jadi gak bisa, udah dicheck sepertinya gak ada yg salah dengan settingan-nya, btw blog-nya keren bos.
    thx before

    • hard
    • Maret 17th, 2009

    kamera E71 mumpuni g sih mas? bisa buat jepret tulisan/dokumen g? thx… ^^
    oya, dibandingkan P1 mending mana? ^^

    • Bagus koq dan bisa buat putu tulisan.
      Tapi kameranya kalo dibanding sama P1i,
      E71 masih kalah dibagian ini.

    • ibtissam
    • Maret 21st, 2009

    selamat sore mas arif, mau tanya donk di e 71 exelnya bisa di edit2 ga?? tolong di bales ya.

    mau minta saran juga donk, mendingan beli e 71 atau pda, krn ita butuh exelnya.
    kalo pda mendingan beli merek apa? tapi yg ada wifi dan yg harga maksimal 4 jt. thx

    • ibtissam
    • Maret 21st, 2009

    304.

    selamat sore mas arif, mau tanya donk di e 71 exelnya bisa di edit2 ga?? tolong di bales ya.

    mau minta saran juga donk, mendingan beli e 71 atau pda, krn ita butuh exelnya.
    kalo pda mendingan beli merek apa? tapi yg ada wifi dan yg harga maksimal 4 jt. thx

    • ibtissam
    • Maret 26th, 2009

    thank u so much.

    thx

  126. kemarin Nokia E71 saya jatuh dan LCD nya pecah saya sudah dtg ke Nokia Care dan garansinya langsung void .
    yang saya mau tanyakan apabila setelah service LCD nya akan berdampak ke yang lain ? tp ketika jatuh dan LCD nya pecah saya masih bisa terima telp dan suaranya masih jelas
    Bisa tolong penjelasannya ka Arif

    • Roly
    • April 4th, 2009

    Untuk pake nokia mail untuk push mail, apa harus akif trus gprsnya?? alias harus bayar?
    thanks infonya..

    • anto
    • April 5th, 2009

    saya baru update pk nokia updater tp lupa backup data sms, sesudah selesai data sms saya hilang, gimana cara balikin datanya? trims

    • Masagung
    • April 12th, 2009

    mas, ada software buat YM di E71 ngga?
    saya jg baru aja pake nih…
    pake ebuddy atau apa yaa???

    • Dian H
    • April 15th, 2009

    trims buat infonya teman2 :D

    • yudha
    • April 16th, 2009

    Mau ngasih info aja nih… bwt yang suka pake GPS coba deh instal Garmin Mobile XT + Maps Navnet v1.45 di E71 pokoknya mantab bgt!!!!!! bisa navigasi selamanya ga perlu bayar lisensi kayak nokia maps yang cuma dapet trial 3 bulan…. bisa turn it turn and dijamin nggak nyasar lagi tanpa takut kantung jebol…

    • firman
    • April 20th, 2009

    @ yudha :
    halo bro, boleh minta info dimana kira2x bisa download (free) Garmin Mobile XT + Maps Navnet v1.45 ga?

  127. Mas, cara masang tema di nokia e 71 gmna sih…????
    gpl ya mas…..

    • yudha
    • April 21st, 2009

    Kalo untuk garminnya bisa dodonlot di :

    http://www.4shared.com/file/64213149/1db59f23/Garmin_Mobile_XT_V_50000r.html?s=1

    trus untuk peta navnetnya :

    http://www.navigasi.net/goclk.php?i=R00v145

    selamat mencoba..
    oya untuk mengistal garminnya memang sedikit sulit, tapi dengan sedikit googling pasti ketemu kok caranya….

    • dladi
    • April 22nd, 2009

    di jual ndak mas E71nya…lagi cari seken nih. tks

  128. saya mau nanya donk..
    koq kalo mau install theme d ownskin ga bs ya?
    truz mncul tlisan contact the application supplier..
    itu knp ya?
    thx b4..

    • ita
    • April 27th, 2009

    Slmt pagi mas..mo nnya neh..ktny e71 srng hang…bener ga ???? mslhnya ak pengen beli tp agak ragu….mksh infony…

    • ita
    • April 27th, 2009

    O gitu ya…ntar kalo ak jd beli boleh donk sering2 nanya about e71 ??? Maklum gaptek nih…

  129. sekarang nokia e71 harganya mulai merangkak turun ,enatah apa penyebabnya..
    kemarin new garansi dari toko nokia aku beli 4,1juta.
    warna black steel. bagus bgd..!
    mantapb deh..

    • heroewid
    • April 28th, 2009

    harga e71 turun karena e75 udah masuk pasaran, trus dolar lagi melemah…
    kmrn nanya2 kalo e71 dijual cuman laku 3,5jt… :(

    • roel
    • April 28th, 2009

    uda ada yang under 4jt juga tuh…
    buat yang minat… buruan gih…

    • nea
    • April 28th, 2009

    e71 bs 3g kn?? cam 3g’y diblkg yaa bukan ddpn??

    • firman
    • Mei 1st, 2009

    untuk teman2x yang ingin puny gps dari GARMIN MOBILE XT di E71 nya (donlot gretong)
    silakan coba kunjungi

    http://www.giest.org/gadget/installasi-garmin-xt-di-e71.html

    have fun…

    btw udah ada yg pernah ngistall joiku blm?
    E71 bs jd hotspot?…kabarin ya

  130. @Nea
    Bisa 3.5G dan ada kamera depan.

    @Firman
    Thanks buat link nya.
    Ini harus di hack dulu ya HP nya?

    Joiku gua dah coba baik yg versi full (trial) maupun lite nya.
    Dan bisa jadi hotspot, gua dah coba di laptop dan di itouch jalan.
    Tapi kalo versi lite, pertama kali browsing masuk ke halaman iklan Joiku Hotspot dulu.

      • firman
      • Mei 12th, 2009

      sama2x mas…
      btw maksutnya di hack dulu tuh apa ya?
      di link yg gw kasih sih udah lengkap tuh tutorialnya…
      gw dah coba…en gw masalah skrg…

      thanks infonya buat joiku…gw kira ada yg versi free donlot…hehehe…dasar melayu…mawnya yg gratisan mulu…

    • Bobby
    • Mei 4th, 2009

    mas, saya mau ikut2an nanya ni….he…
    saya kan uda pake E71 dari bulan Maret kmaren, tapi uda kena masalah gitu, yg pertama, saya pake GPS, sebelumnya saya pake gapapa, tp stelah beberapa hari, tau2 eror n harus sampe buka batere, smpe lebih dari 5 kali saya coba, gitu2 terus, akhirnya saya bawa ke nokia care, trus d upgrade software n memory cardnya d format, uda d slese perkara…
    tapi g lama kmudian timbul masalah baru, abis beberapa wktu dipake, tau2 tu hp g bisa masuk k menu, tapi tombol yg laen bisa, saya bawa lagi k nokia care, trus diganti mesin d, pas dikembaliin dgn mesin yg baru, masalahnya keulang lagi, g bisa masuk menu…tu kira2 gara2 ap y mas??solusinya gmn??
    oiy, memory card saya kn masi yg bawaan hp, yg 2 Gb, tp kok free memorynya tinggal 971 Mb, yg uda kepake 974 Mb, padahal saya baru ngisi 2 foto yg totalnya cm 600an kb…kira2 kapasitas yg sgitu gede ilang buat ap aj y mas?? padahal memory cardnya baru d format…
    makasi banyak y mas sebelumnya…

    • chuby
    • Mei 5th, 2009

    bang, denger2 e71 ada mau keluar warna merah, item, ama gold ya? di global teleshop udah ada gambarnya tapi kok di web nokianya masih aja putih ama abu2 doang ya? kalo ada item/merah, gw mau beli nih bang.
    thx ya infonya.

    • melisa
    • Mei 14th, 2009

    bener ngga sih katanya e71 sering bgt hang???

      • firman
      • Mei 14th, 2009

      dulu E71 pertamaku yg selalu hang…tapi untungnya bisa retur (baca aja ckomplen2xan diatas2x)…sekarang udah mateb bgt, kalopun musti diganti…paling pilihannya E75 ato N97…ganti BB?mmm…thanks but no thanks

    • Ayu
    • Mei 14th, 2009

    Mas Ariof blognya ok banget! Ikutan nanya boleh ya, aku pake Telkomsel flash unlimited, udah utak atik settingannya tp kalo browsing internet tetap yg kena pulsa, bukan paket flashnya. Apa ada yg salah dg settingannya ya?? Bisa dibantu settingan manualnya step by step?
    Makasih sebelumnya,,

    • APN nya musti di set ke paket unlimited, Ayu. Coba tanya ke CS Telkomsel untuk APN untuk Flash Unlimited. :)

    • Ayu
    • Mei 14th, 2009

    ups maaf salah ketik,, mas Arif maksudnya :D

    • mega
    • Mei 21st, 2009

    hallo saya mau tanya donk, karena baru pake nya, mau tau gmna cara mindahin sms ama phonebook dari hp lama ke hp e71 yang baru

    • Backup via pc suite hp lama, restore di hp baru juga pake pc suite.

        • mega
        • Mei 25th, 2009

        bisa tolong di jelasin lebih detail gk maaf soalnya masih kurang ngerti

      • ibtissam
      • Juli 10th, 2009

      cara yg paling gampang,

      tools > switch > ikutin petunjuk.

      biasanya di minta aktifin bluetooth,
      minta key untuk ke dua hp yg mau di pindahin.

      kalo kurang paham tlp or sms ke 93383179

      met mencoba

    • Ayu
    • Mei 22nd, 2009

    Thanks mas, udah bisa sekarang :D
    Tapi ada satu lagi nih, knp yahoo go-ku ga bisa sign in ke emailku ya? jadi bs buka tp utk mailnya ga bisa?
    Satu lagi, lagu2 yang aku masukin ke mem card ga semuanya masuk ke music player, knp bgtu ya?

    • Di refresh dulu list nya. :)

        • Ayu
        • Juli 1st, 2009

        udah aku refresh mas,, tapi ga selesai2 :((
        aku biarin sampe stengah jam jg loading terus tp ga sukses2,,, tapi kalo send via bluetooth trus disimpen bisa langsung keluar di playernya. Apa mem cardku bermasalah ya??

      • Tolong dicoba pake memory card yg lain dulu Ayu, atau coba save lagu nya ke memory internal. Kalo bisa berati memory card kamu yg bermasalah, kalo masih ga bisa coba di update aja ke firmware terbaru.
        Update firmware bisa dilakukan sendiri dengan mudah dirumah, atau dibawa ke Nokia Care.

      • ada anti virusnya ga ney..?

        • Achan
        • November 25th, 2009

        ada bro…lo googling aja antivirus buat E71…yang free ajah

        • Marlon
        • Desember 22nd, 2009

        ada.. hp gw E71 pake anti virus kaspersky mobile..
        search aja d google..

    • mega
    • Mei 25th, 2009

    satu lagi mas arif kmrn aku tanya ke counter hp kenapa E71 kok made in nya beda-beda ada yang made in china, made in korea, sebenernya yang asli made in mana sih??? jadi bingung.

    • Iya untuk Asia memang ponsel-ponsel Nokia di produksi di China, Korea dan India. Kapan ya bisa diproduksi di Indonesia? Semoga segera ya. :D

    • sineny
    • Mei 26th, 2009

    Allow Mas Arief…..aku lagi bingung nih…mendingan E71 atau E75 ya…?? sebenarnya selain keyword ada perbedaan fitur lain nggak ya…??

    • Anisa
    • Juni 4th, 2009

    saya pk E71, tapi koq nggak bisa install tema yang diambil dr luar yg kita download dr internet ya, bisa bantuin nggak, gimana caranya ?

    • wahyu
    • Juni 5th, 2009

    mas mau tanya cara mengaktifkan kamera depan untuk E71 caranya Gimana ya???

    • Adam
    • Juni 17th, 2009

    mo nanya,,,gimana caranya ya agar supaya setiap sy masuk ke aplikasi Yahoo Go!, bukan email yahoo teman sy yg login, tapi sy mau ganti pake email aq,,thanks ya

    • Ayu
    • Juli 2nd, 2009

    Mas Arief, mo tanya loagi (jangan bosen ya :D),
    Kemarin2 aku pake nimbuzz, tapi account fbku ga bisa masuk. Aku coba ganti ebuddy, sukses diinstal tapi ga bisa dibuka, boro2 connect. Kenapa lagi sih? :((

    • Paloa
    • Juli 2nd, 2009

    Ketemu situs download game khusus nokia E71 nih…

    http://e71games.50webs.com

    Gamenya lumayan banyak dan update terus. Uda gue coba sendiri di hape E71 gue. Trusss downloadnya gratis lageee…He2x

      • Anita
      • Juli 2nd, 2009

      4 Paloa, thx bangets infonya… Gamenya seru2 nie. Jd banyak dech koleksi game di handphone kesayangan…

    • Paloa, thank you sooo much.. :)

  131. e71 bisa pk email push g ya?
    pk provider apa yg murah?

    • Ferryanto
    • Juli 14th, 2009

    Mas Arief,
    Thx a lot nih buat postingan ini.. membantu bgt.. :P
    btw saya mau tanya, mungkin pernah ditanyakan ama yg lain.. Bener gak mas, kalo kita sering download bnyk aplikasi, HP kita bisa cepat nge-hang..karna saya baru beli E71 jg (Black Steel)..mantap nih..hehehe..
    Saya takut deh kalo download macem2 bisa cepet hang hp nya..
    Thx..
    Best Regards,
    Ferryanto

    • Betul, karena selain membuat load menu menjadi lebih berat; juga bisa saja konflik satu sama lain. Hanya install yang kita butuhkan aja bro ;-)

    • Ferryanto
    • Juli 18th, 2009

    Mas Arif, mao tnya, apa benar kalau kita terlalu bnyk install aplikasi di E71, bisa buat cepat nge-hang? THx.

    • Ferryanto
    • Juli 18th, 2009

    Maap, re-post.. saya kira gak terkirim..hehehe.. THX..

    • Ferryanto
    • Juli 18th, 2009

    Mau tanya lg nih Mas.. Knp yah koq batere E71 saya agak cepat habis.. saya jarang telepon loh..paling sering up-date E-mail,dll.. berhubungan dgn Internet..Tapi gak tiap saat, paling stgh jam gtu deh.. saya full-charge hari Kamis mlm, skrg hari sabtu tinggal 3 bar.. Gmn sih perhitungannya?Thx.

    • fian
    • Juli 29th, 2009

    mas Arif, saya mau tanya… fungsi dual simnya bagus nggak ya? pertimbangan saya mau beli E71 biar gak banyak2 bawa hape karena saya punya nomor gsm dan cdma, thks…

    • fian
    • Juli 29th, 2009

    mas arif, saya mau tanya? rencananya mau beli hape ini (karena mahal jadi pikir2 dulu, hehehe). Dual simnya berfungsi baik nggak ya, mas? Karena saya mau menghemat membawa hape, thks.

    • NEO
    • Juli 30th, 2009

    mas arif,,,e71 bisa trima fax ga yah??
    apa perlu aplikasi tambahan?
    saya sudah apply fasilitas fax di kartu matrix nya
    tolong2 dengan sangat mas arif,,, trims

    • Tadi saya coba di forum Nokia, sayangnya tidak seperti 9300/9500; E71 tidak mensupport fax untuk sekarang ini.

    • NEO
    • Juli 31st, 2009

    wuahhh sayang banget yahhh,,,padahal udah cocok banget nih ama e71,,,,trims banyak mas arif :)

    • Uya
    • Agustus 4th, 2009

    Mas Arif saya pny mslh sm ky Robby d ats, E71 pny saya kadang2 ga bs msk menu utama tp tombol cepat ky kontak, psn, sm kalender tetep bs d jalanin. . .
    Stlh d restart mslhny kelar, tp folder yg saya bikin manual jd kehapus gtu, trus aplikasi yg ad d dlmnya balik k folder pemasangan,,
    Prnh sya bw k NSCC trus firmwarenya ud d update sm yg trbru trus ktanya kdua memorinya jg d format..
    Stlh bbrp hr mslhnya kambuh lg mas, pdhl sya cm instll app standar ky operamini, nimbuz, advnced call mgr, mobinity, googlemap. dtmbh theme dr situs nokia.
    Ap ad app yg slh ya mas ??

    Mhn bgd bntuanya mas ^^

    • Deni kalem
    • Agustus 18th, 2009

    anjrit hp kitumah lain belieun jelema, kudu meunang niup lilin duit na oge ha ha ha, geus we anu jadul arek nelepon mah teu burung nyambung

    • kusmin
    • Agustus 18th, 2009

    nu teu boga duit tong mukaan daftar harga hp kieu……… geus we ngajedog molor, lamun erek ka gunung kelud heula munjung he he 314 x

    • angie
    • Agustus 22nd, 2009

    Mas Arif…
    aku baru menjadi family E71 niy.. masih gaptek banget.. tapi karena kepincut ma warna putihnya, akhirnya beli juga deh. Btw, aku kan beli E71 second, dan sudah ada bbrp prog. yang didonlot oleh 1st hand user pada folder installation, eg.Facebook. Aku mau tanya gimana caranya mengganti nama pengguna dan sandi kalo kita mau menggunakan prog. yang di donlot tsb? karena program masih meminta data pengguna n sandi yg lama. tks bnyk..

    • angie
    • Agustus 22nd, 2009

    Dear Mas Arif,

    Saya ada problem dengan e71 saya.. karena saya beli second, user id/ data pengguna dan sandi masih menggunakan data pemilik yang lama. Bagaimana cara merubahnya yah?? karena setiap mau browsing dan menggunakan facebook yang telah didonlot oleh pemilik terdahulu, selalu ditanya user id dan password.

    thanks for ur info

    • Aplikasi FB nya pake apa? setahu saya aplikasi FB di E71 sebenarnya masih shortcut doang koq. Apus aja iconnya dengan tombol backspace. Nanti buka m.facebook.com di internet browsernya. Kalo masih ke-login user lama, silakan bantu2lah update status dia sebelom elo log-out (ada di halaman paling bawah).
      Kita juga bisa mendownload icon FB yg baru di halaman itu koq ;)

    • simon
    • Agustus 25th, 2009

    mas…
    aku mau tanya. aku baru sekitar 1 minggu pki nokia E71, aku pikir hape tersebut bagus banget buat aku. lha…yang jadi persoalan nya, aku pengen tau gimana caranya mengetahui FIRMWARES yang ada/terpasang di hape E71 itu,dan gimana cara mengupgrade nya……
    Terima kasih.

    • simon
    • Agustus 25th, 2009

    mas…
    aku mau tanya. aku baru sekitar 1 minggu pki nokia E71, aku pikir hape tersebut bagus banget buat aku. lha…yang jadi persoalan nya, aku pengen tau gimana caranya mengetahui FIRMWARES yang ada/terpasang di hape E71 itu,dan gimana cara mengupgrade nya……
    Terima kasih.

    • rahma
    • Agustus 26th, 2009

    saya mau tanya per pagi ini tombol menu E71 saya ga bisa dioperasikan…muncul di lcdnya cuma 1/2 gtu ajah…
    tp tombol yg lain msh fungsi..napa yahh..?

    • roed
    • Agustus 30th, 2009

    siang mas
    Saya baru beli E71, tapi browser safari bawaannya kok ga ada yah? terus kl download dimana? Makasih

    • reiza
    • September 3rd, 2009

    mas arif saya mau nanya beberapa pertanyaan mengenai nokia e71. sy harap bisa dijawab smua mas.
    1. cara mnaktifkan auto focus nya bagaimana ? saya udah coba jalanin printah mas arif pencet tombol T+Dpad(tp sy enggak tau Dpad itu apa)jdnya saya gak bisa pakai autofokusnya.
    2. e71 saya kan black steel. kelebihan yang black steel dibanding dgn warna yg lain apa (mungkin ada sdikit perbedaan feture) ?
    3. lebih mahal mana diantara warna2 e71 itu ? black or white or grey or maybe red.

    tolong dijawabkan ya mas. kalo bisa dikirim ke email yahoo saya. jawaban sangat sy butuhkan dr mas arif. thanks before.
    (alamat email yahoo saya): eiizaeiiza@rocketmail.com

    • 1. D-Pad kalo kita baca di buku manualnya adalah direction pad. Tombol ngerarah yg aa ditengah2 tepat dibawah layar.
      2. Kelebihan yg black steel adalah warnanya yg black steel ;) bahkan kalo anda beli warna itu yg seri E71x yg kluaran AT&T, fitur2nya malah banyak yg sudah dihilangkan.
      3. Harga jual lagi ke toko tergantung omong kosongnya toko, ga pernah ada patokan yg jelas. Jadi nikmati aja hp barunya. :)

    • Ario
    • September 7th, 2009

    kmaren dah beli E71… skrg harganya 4jt…
    lumayan dapet diskon 10% dari CC BNI… :D

  132. Excuse me, i’m trying to download some pdf and prc file to my E71 from some direct download but somehow, it was not possible.
    Do you have some suggestion? Thanks much!

    • Erry
    • September 16th, 2009

    Kekurangan yang lain adalah saat pemakaian internet baik itu untuk email, chat dll, sering terputus karena E71 mengkoreksi perpindahan dari pemakaian GPRS/EDGE/HSDPA
    Jadi cape deh ..

    • Masalah itu terjadi bisa dibilang disemua merek dan tipe ponsel koq kalo operator GSM kita emang rada loyo sinyalnya. Gua kebetulan pake XL Xplor yg sekarang sinyalnya memang makin loyo ketimbang sejak pertama kali pake beberapa tahun lalu.
      Solusinya, pilih mode GSM ketika kita tidak menggunakan layanan data atau hanya buat cek email, chat, FB mobile, aplikasi Twitter, dan penggunaan layanan data yang ringan; dan hanya gunakan 3G / HSDPA ketika menggunakan layanan data yang agak besar kapasitasnya.
      Tahun lalu saya pernah mencoba menggunakan Telkomsel HALO, di E71 (waktu BB belum booming) sih bagus; ga seperti XL yg suka pindah2 jalur. Tapi saya kembali lagi ke nomor lama karena selain nomornya sudah menyebar juga saya lebih suka pelayanan dari XL paska bayar yang lebih baik dari pada Telkomsel paska bayar yang terlalu ramai konsumennya. :D

    • Oh ya, kalo capek buat pilih2 mode jaringan; saya gunakan shortcut tombol kalender untuk ‘long press’ agar bisa masuk ke menu settingan pemilihan jaringan; ketimbang harus secara manual masuk ke menu itu. :)

    • Uwi
    • September 19th, 2009

    mas, aq tanya nih..cara instal tema di E71 gmn yach???
    cz tiap kali aq instal tuh gx bs n muncul tulisan “KESALAHAN SERTIFIKAT. HUBUNGI APLIKASI PENYALUR”
    tlg bantuin aq ya mas

    • icha
    • Oktober 6th, 2009

    mau nanya, tanggal dikalender kok gak bisa berpindah secara otomatis ya?

    • suci
    • Oktober 9th, 2009

    bisa kamera depan gak seh??

  133. aq baru aja bli e71 3 hr ne… masih gaptek amat negh.. mohon bantuannya ya mas arif.

    aq maw download opera mini 5 beta dr pc trus pindahin k hp bs ga ya..? kalo bs gmn? tinggal di copy aja..?
    push email buat apaan seh..?
    trus untuk seting wizardnya,, operator definenya pake yg mana mas?
    mohon bantuannya ya mas.. ^ ^

  134. aq baru aja bli e71 3 hr ne… masih gaptek amat negh.. mohon bantuannya ya mas arif.

    aq maw download opera mini 5 beta dr pc trus pindahin k hp bs ga ya..? kalo bs gmn? tinggal di copy aja..?
    push email buat apaan seh..?
    trus untuk seting wizardnya,, operator definenya pake yg mana mas?
    mohon bantuannya ya mas.. ^ ^

  135. ada anti virusnya ga negh??

  136. Hp E71 bs kredit ga, klo bs saya mau ambil N Dp nya brp, Setiap bulan nya brp…….????

    • evan
    • Oktober 21st, 2009

    revisi sedikit nih.. hehe untuk fungsi autofokus pada kamera, cukup dengan menekan sekali tombol “T” (gak perlu ditekan terus), terima kasih.. :)

    • kurniawan
    • Oktober 25th, 2009

    kalo beli nokia e71x dimana kalo di jogja

    • E71x adalah E71 yang di sunat fitur2nya, dan untuk pasar Amerika. :)
      Beli yang E71 Black aja, sama koq koq bodi nya dengan E71x. Tapi dengan fitur2 lengkap E71.

    • felly
    • Oktober 30th, 2009

    kamera depan e71 bisa buuat foto ga si?.
    ada yg bilang nga..
    ada yg bilang bisa..
    klo ada yg tauu tolong dong,
    ud otakatik ga bisa”.

    • Setau gua ga bisa Fel, sayang banget ya. Padahal seri2 lama Nokia malah bisa. Jadi kangen ngaca di Nokia 6680 nih, hihihii..

    • jean
    • November 7th, 2009

    mo tny dongg.. aku kan install themes, ud sukses installnya.. en ud bs di set themesnya.. tp kl matiin hp, terus nyalain lg ada install gt lagi, tp udahannya disuruh cek ke app manager buat install lg.. itu knp yah?? tlg dibantu yah :)

    • tezuka shinozaki
    • November 27th, 2009

    gw anak sma kls 10… n gw makek e71 dah 6bln neh… utk fitur na sih g ada kendala…
    kendala na tuh di bgn casing na,, tb2 kek ada cacat gtuw…
    pdhl gw slalu makek silicon case na… apakah ada kjdn yg sm?? n what happened with my mobile phone??
    T.T

    • chyl
    • November 28th, 2009

    oyaa saya mauu tnya niie
    knpa yaa hp saya kalau di hidupkan suka mengginistal something gtu ??
    thnaggs b4

    • chyl
    • November 28th, 2009

    oyaa saya mauu tnya niie
    knpa yaa hp saya kalau di hidupkan suka mengginistal something gtu ??
    thnaggs b4

    • chyl
    • November 28th, 2009

    oyaa skaliian jugag saya mau tnya aplikasi x-plore yg bisa d download buat nokia e71 ??
    thanggs b4

    • tony
    • Desember 4th, 2009

    mas arif, gimana caranya scan name card yang langsung bisa masuk ke contacts data2nya?
    thx!

    • budi
    • Desember 7th, 2009

    mau nanya bagaimana caranya layar depan yang berisi ikon2 diganti dengan foto (maksud saya yang tampak fotonya dan nggak ketutup sama ikon2 tersebut ?

    • Menu > setting > general > personalitation > home screen > matikan active standby nya.

  137. Thx banget neh reviewnya. Saya lg nyari tahu aplikasi QuickOffice seri Nokia E71 atau E63 apa bisa buat edit Excel.

    Lam kenal dari Angel ;)

    • varian
    • Desember 23rd, 2009

    yang dimaksud a gps tuh apa ya? bedanya sama gps receiver (nokia 5800) apa? apa e 71 juga ada gps receivernya?

    • Monic
    • Desember 24th, 2009

    Numpang nax duNkk..
    bagusan e71 ato e63 ya??
    denger2 e71 bxk msalahx ya?
    bingungg nihh…

    thx b4^^

      • Denny
      • Januari 17th, 2010

      Bagusan Nokia E71 Mbak,cozz kl E63 d pake bwt video call,kt ndak bisa lihat wajah lawan kita.
      tapi kl E71 ,kt bs lihat lawan kita…,pd saat video call.
      lagian E71 lbih tipis dan elegant dibanding E63

        • ijal
        • Oktober 20th, 2011

        oya mas.,.,.cara setting video call nya gmna????

    • Diky
    • Desember 26th, 2009

    Urgent..
    Mas Arif mohon bantuan nya..

    E71 saya baru upgrade device software update versi 300.21.012 lewat nokia ovi suite.. waktu install awalnya c lancar, tapi setelah beres install 100 mb lebih, dia minta wait 15 minutes buat update device, katanya”bila layar di hp blank dan ada driver usb connection baru, di ignore aja”, saya udah ikutin semua perintahnya, tapi begitu nunggu 15 menitan g beres2 juga, malah hp nya ngeblank terus, parahnya internetnya lost connection sehingga udah g bisa di apa-apain lagi.. :(

    pertanyaan saya.. sebelum ke nokia care kira2 ada solusi ga buat format ulang dengan hp udah ngeblank gitu..
    butuh informasinya segera mas..
    thanks before, maaf klo ngerepotin..

    • dennies
    • Januari 9th, 2010

    mas, saya mau tanya..
    saya pake E71 br 3 minggu, terus biasanya saya suka masukin lagu lewat PC ditransfer ke hp. biasanya kan supaya datanya bisa kedetect, harus direfresh dulu.. nah biasanya itu bisa dan cepet banget. tapi kmrn pas saya mau masukin lagu baru (5 doang), waktu saya mau refresh itu gak bisa.. loadingnya lamaaaaaa banget. kynya ga bakal abis2 deh loadingnya, sampe akhirnya saya stop aja. itu kenapa ya mas? saya biasanya nyimpen lagunya di mmc. tp untuk foto2 atau lagu2 lama yg ada di mmc masih ada semua.. cuma lagu2 br itu aja yg ga bisa kedetect. makasih byk ya mas

    • Denny
    • Januari 17th, 2010

    tolong dunk aku minta software screen shot E71 ato kasih tahu caranya mengabadikan foto pd saat video call atau pengambilan gambar pd saat video call dijadikan foto.
    pada HP NOKIA E71
    makasih ya sblmnya…

    • fenli
    • Januari 21st, 2010

    mas Arief
    minta pendapat donk……………
    lg binggung ni…
    5530, e63 dan e71……..
    perbedaan ketiga type tersebut gmn y???????/
    pe skrg g dlm kebinggungan memilih 3hp tersebut…….
    mengenai perbedaan software……..
    Thx

  138. kelebihan dan kekurangan overall prosentasenya brapa??
    untuk kelebihan brapa persen? dan untuk kekurangannya brapa persen??

    • nugroho
    • Februari 2nd, 2010

    overall bgus ga nih e71?

    • hafid
    • Februari 24th, 2010

    salam kenal,

    mo tanya nih, ak kebetulan pake E71 krn fitur2nya lengkap bwt keperluanku sehari2 am kerjaan d kantor. Ada beberapa pertanyaan nih:

    1. Gmna y caranya nyeting biar kalo ada email bs kebaca d E71 (kaya nerima SMS gtu)? kemarin ak seting ngikuti petunjuk lewat “Set up e-mail” (masukin alamat email am pasword) tp kok tetep ga bsa ya, udah ak coba 3 kali. Malah sekarang d kotak inbox ku muncul 3 tampilan YahooMail, mo delete ga bsa, email jg ga masuk k HP waktu d coba ngrim email k alamat d yahoo.

    2. Adamasalah jg nih d setingan kalender, dulu ak sering nulis jadwal d kalender (E71 top markotop pokoknya).. tp pernah ak ngehapus satu catatan itu (ngehapus biasa). tp kok skarang ga bsa ya ak masukin catatan lg d kalender, malah ada tulisan “system error”

    ak butuh banget info ini. tolong kirim blsn k email ku aja y, makasih bngt.

    • Buat push email tinggal install Nokia Messeging, bisa di unduh di: http://messaging.nokia.com
      Ada operator seluler yang mulai menarik tarif dari layanan ini, gua pikir ga perlu ikut langganan operator ini. Karena pake gprs yang flat-rate atau pun yg paketan apapun mustinya bisa. :)

  139. Buat gua pribadi, ga perlu pake Antivirus ah. Bikin ibarat ngegas mobil dengan pedal rem yang terus di injak juga. Lemot jadinya. Yg penting jangan saling tukar data yg aneh2. Selama itu cuma gambar atau file office sepertinya masih relatif aman. :)
    Aplikasi juga cukup pakai yang gratisan secara resmi aja. :)

    • dinda
    • Maret 4th, 2010

    mas arif…aq mo nanya nih.
    aq kmaren download themes gitu di http://www.ownskin.com,
    tapi wkt udah mau aq install di e71ku kok ada tulisan “certificate error! contact the application supplier” gitu ya?
    pdhl aq nanya k temen yg juga pake e71 dia ga masalah tuh download di sana, ktnya bisa dpasang…
    makasih yah mas

    • Menu > setting > aplication > aplication manager > software instalation > all
      Menu > setting > aplication > aplication manager > online certificate check > off
      semoga membantu :)

    • Bandro
    • Maret 8th, 2010

    mas arif..
    kok saya coba donlod facebook for e71/e72 di ovi store gak bisa ya??
    knapa tuh??

    • lord gaga
    • Maret 8th, 2010

    mas klo mindahin phonebooks dari soner ke e 71 gimana caranya mas…????makasih sebelumnya

    • Sonernya yg UIQ/S60 (seri smartphone) atau yg biasa? Cara paling sederhana bisa dengan memilih semua contact kita, dan mengirimkannya via bluetooth. Dulu saya menggunakan Soner P1i, menggunakan cara itu cukup mudah dan cepat. :)

    • oyee
    • Maret 17th, 2010

    Mas, masih pake nokia e71 gak? update firmware ada perubahan gak? brp yah harga skrg di maret 2010 ini?

    • dinda
    • Maret 18th, 2010

    makasih mas arif sarannya..
    mas arif, aq mo nanya lagi. sama dengan yg ditulis sdr.ririn, kok e71ku kalo ada telp masuk ringtonenya kedengaran seperti keras-pelan gitu ya suaranya?
    aq pake mp3 sbg nada ringtone..

    • Rixx
    • Maret 24th, 2010

    salam kenal mas Arif. Saya baru mau beli E71 neh (telat banget gak sih..) kalo kebutuhannya untuk email, selain E71 apa ya yang recommended? Trims.

    • Lisa
    • April 1st, 2010

    Bung… mau tanya… bagaimana yah cara mengaktifkan MMS? saya sudah cb kirim sms untuk setting MMSnya, sudah dpt nmr pin dan disetting jg…tp koq masih tidak bisa terima atau kirim MMS yah? thx

    • Lisa
    • April 1st, 2010

    Mas…. di atas kan anda bilang…. tinggal aktifin pake wizard, smua MMS, dll bisa jalan… nahhh…. itu email dan passwordnya itu punya siapa yah mas? punya kita pribadi? atau punya operator? thx

    • kezia casey
    • April 13th, 2010

    sy baru saja beli e71 nih..
    ningung juga abis fiturnya kompit bgt… yg mau ditanyakan nih..
    1.e71 kan uda 3.2mp ya?tp kok ketajaman warnanya masih kalah sama n73 ya?(sblumnya sy pake n7)kerasa bgt nih kecerahan warnanya, salah settingannya apa ya?
    2. sy download app YM di conter hp, tp kok ga bisa login? tampilannya jg beda,pke nama YMtiny..
    yg lain apa ya?
    tolongg ya bro…
    biz udah di utak-atik tapi ga bisa juga.
    thx before

    • Vivian
    • April 30th, 2010

    Saya bukan pengguna Nokia, tapi kebetulan kerja di salah satu operator telekomunikasi. Baru-baru ini seorang pelanggan meminta bantuan untuk setting wi fi di E71 miliknya. Saya perhatikan pilihan koneksinya seperti terkunci di GPRS (cursor tidak bisa naik-turun ke pilihan wifi), sehingga ponsel ybs sampai sekarang tidak bisa digunakan konek ke wifi. Apakah memang dikunci dari operator ?
    Bisa bantu solusikan (kalau bisa step by step deh) ? Terima kasih sebelumnya

      • Arif Diamanta
      • April 30th, 2010

      E71 gampang banget koq browsing pake wifi nya koq, dan caranya banyak banget. :)
      Alternatif 1:
      Di layar active standby (yg ada kalendernya) > Klik “WLAN Scanning off” > Nanti dia scan hotspot wifi yg ada > kalo ketemu kita bisa pilih start browsing.
      Alternatif 2:
      Buka browser bawaan, kalo dia ga tanya pilihan koneksi; maka Options > Setting > General > Access Point > Alwasys Ask
      Nanti tiap mo browsing dia bisa kasih pilihan mo pake koneksi internet dari mana aja.

      Alternatif 3:
      Menu > Connectivity > WLAN wizard > tinggal pilih hotspot yg ada.

      Kalo dikunci sama operator, mustinya engga ya. Apa urusannya, masa sampai sebusuk itu. :)

    • TASYA
    • Mei 1st, 2010

    kenapa ya gps nya aq ngx bisa kelihatan gambr peta nya ???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

  140. aku mumet nganggo e 71

  141. permisi mas sebelumnya, saya mau tanya koq e71 ngrefresh lagu yang baru dimasukin kuq lama banget iy, padahal saya baru beli sekitar 1 minggu yang lalu
    waktu pertama beli juga pas masukin lagu dari komputer ke hp lewat pc suite pas d refresh di hp kuq ga mau keluar lagu yg baru dimasukin, di refresh juga lama banget sampe berjam – jam belum selesai juga

    Mohon bantuannya mas..

    • andrew
    • Juni 7th, 2010

    mas klo di kantor ku coneksi wifi ny ada setingan proxy nya,. klo di e71 setingan rubah proxy ny gmn /????

    Mohon bantuan nya
    Thanks ya./

  142. thanks share nya,,,

    • tengga
    • September 8th, 2010

    sya juga pakai 6120.. dan termasuk tipe orang yg sayang ter hadap HP nya.

    tapi copet mengaqmbil kebahagiaan tersebut,

    sekarang sedang bimbang cari HP, dan bingung memilih antara E66 dan E71

    harap di bantu masukan nya trims

    • fachri
    • September 10th, 2010

    mas arif mau tanya.
    kontak teleponya kan saya kosongin, terus saya salin dari sim card ke telepon..
    tetapi kenapa klo sms masuk tidak ada nama, yang ada hanya nomornya saja..
    tolong soluisnya dan terimakasih

    • Ressy
    • September 23rd, 2010

    Mas Arif..

    saya mau tanya nih..

    Lebih pilih mna antara e63 ato E71??
    klo untuk dipake anak SMA sperti saya,hehe..

    Thx a lot..

    b(^^)d

    • Johannes
    • Oktober 2nd, 2010

    Mas saya mau tanya HS-44, AD-44 itu bisa ga untuk Nokia E71 dan harganya berapa ya…???
    Terima kasaih…

    • tyaz
    • November 10th, 2010

    mas…
    ku mau nanya…
    bisa ga’ ya video call pake aplikasi skype di nokia E71…???
    soalnyaa ku pnag baca situs, katanya bisa makanya aku dunlod skypenya… pas aku coba malah ga ada pilihan video callnyaa :(
    mohon petunjuknya ya mass…

  143. saya sudah 1 bulan punya E71.
    Kualitasnya bagus,tapi mengapa kalau saya HOSPOT’an,sring skali hp saya jadi lemot bgt.???????

    • liandro
    • Januari 16th, 2011

    hy..slm persahabatan……
    saya mo nanya ni……
    saya pnya hp nokia e71, namun saya format dengan cara *#7370#, nah setelah di format hp saya tidak bisa kembali seperti semula, ketika dinyalakan hanya ada tampilan nokia trus tidak bisa beroperasi lagi….
    gimana caranya supaya hp saya bisa kembali seperti semula….
    mohon jawabannya ya……….

  144. Ga bisa ya matiin cahaya saat kita lagi poto
    Kl gini trs rusak mata gue liatin tu cahaya mulu
    Ada caranya ga?

    • dede_junior.
    • Februari 14th, 2012

    nokia E71, simple, praktiz, dan pas bway gya..
    y bwat yg make E71. luck dch

  145. mau tanya gimana cara mengganti nada sms nya biar bs diganti dg nada atau lagu mp3,,jd g tergantung ama nada bawaan ponsel..thanks

  146. gimana cara gunain 3g e66

  147. info yang sangat hebat berguna banget..
    ane baca dari awal ampe akhir pake hape berjam-jam.. manteb Gan..

    lengkap Gan.. maturnuwun..

  148. Thanks

  149. Excellent post. I’m going through some of these issues as well..

  150. kalau lampu sensor yg dekat lubang suara pungsi nya untuk aapa ??

  151. bagaimana cara membuka paswort ipaQrw6828

  152. untuk nokia E71 tidak dapat menggunakan sinyal 2G, itu kanap om ya?

  153. Hi! Would you mind if I share your blog with my myspace group?
    There’s a lot of folks that I think would really appreciate your content. Please let me know. Cheers

  154. I know this web site gives quality depending articles and extra stuff, is there any other site which
    presents such information in quality?

  155. I do not know if it’s just me or if perhaps everyone else encountering issues with your website. It appears as if some of the written text on your posts are running off the screen. Can somebody else please provide feedback and let me know if this is happening to them as well? This may be a problem with my internet browser because I’ve
    had this happen before. Thanks

  156. I really like it when individuals come together and share opinions.
    Great site, keep it up!

  157. Paragraph writing is also a fun, if you be acquainted with afterward you can write or
    else it is difficult to write.

  158. Howdy! This is my first visit to your blog! We are a team of volunteers and starting a new initiative in a community in the same niche.

    Your blog provided us useful information to work on.
    You have done a marvellous job!

  159. KEREN (Y)

  1. Juli 28th, 2008
  2. Januari 9th, 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: