Cara Mendiagnosa Gangguan Internet Telkom Speedy

Telkom Speedy memang sering dikeluhkan oleh banyak orang karena sering bermasalah. Sebelum kita kesal dan marah-marah ke pelayanan pelanggan Speedy, mari kita coba atasi sendiri gangguan dari koneksi internet kita. Berikut adalah prosedur diagnosa yang diberikan oleh Telkom Speedy:

Cek Sendiri Gangguan SPEEDY(panduan untuk pelanggan sebelum telepon 147)
Halo Pelanggan Speedy yang kami hormati,
Pada kesempatan ini kami ingin memberikan tips untuk anda apabila mengalami gangguan Speedy. Tips ini akan membantu anda mencari penyebab gangguan yang paling umum terjadi, dan pada sebagian besar kasus akan bisa diketahui masalahnya tanpa harus menelepon ke 147.
Tips Cek Sendiri Gangguan SPEEDY

Cek Modem:
Apakah lampu POWER modem menyala?
Langkah ini diperlukan untuk mengetahui apakah modem dalam keadaan hidup atau tidak. Apabila lampu POWER modem mati sementara listrik ke modem sudah tersambung, artinya modem dalam keadaan rusak. Silahkan hubungi 147 untuk mendapatkan penggantian (apabila masih dalam masa garansi).
Apakah lampu LAN menyala?
Cek lampu LAN untuk memastikan koneksi modem ke PC atau laptop OK. Apabila lampu LAN mati, koneksi antara modem dan PC kurang baik. Cobalah memeriksa apakah ada kabel terputus atau konektor yang longgar.
Apakah lampu DSL menyala?
Tujuan dari langkah ini adalah untuk memastikan status modem apakah sudah sinkron dengan sentral. Apakah lampu DSL menyala tetap atau mati/berkedip? Bila menyala tetap artinya modem sudah sinkron dengan Sentral. Silahkan lanjutkan ke cek lampu INTERNET.
Bila lampu DSL mati/berkedip, artinya modem tidak bisa melakukan sinkronisasi dengan sentral. Cobalah mencabut kabel telepon dari splitter dan menyambungkannya langsung ke modem.
Apabila setelah itu lampu DSL menyala tetap, artinya splitter anda rusak. Gantilah splitter dengan yang baru. Splitter biasanya bisa didapat di toko computer atau toko listrik yang menjual modem ADSL.
Apabila setelah disambung langsung ke modem lampu DSL tetap mati/berkedip, mohon agar dapat dilaporkan ke 147, karena petugas di sentral harus melakukan reset kepada saluran Anda.
Apabila lampu DSL mati/ berkedip, Cek juga nada panggil telepon, apakah ada dial tone, bila tidak ada, maka ada masalah di jaringan, mhn agar dilaporkan ke 147.
Apakah lampu INTERNET menyala?
Cek lampu internet ini gunanya untuk memastikan bahwa koneksi ke internet sudah OK/tersambung.
Restart Modem
Apabila lampu internet sudah menyala tetapi gangguan internet masih terjadi, cobalah untuk melakukan restart modem dengan cara menekan tombol on/off, atau reset atau mematikan dan menghidupkan kembali modem DSL anda. Banyak kasus dimana setelah dilakukan restart koneksi internet kembali berjalan dengan baik.
Kalau belum bisa juga. Mohon maaf bila demikian, mohon anda bisa menelepon 147, petugas kami akan membantu anda.

Terima kasih.

Customer Care Unit.

  1. Terima Kasih atas informasinya Speedy. Sekarang saya sudah mengerti.

    • sujirno adi
    • Juli 27th, 2011

    kalau semua sudah di lakukan, tetapi internetnya g bisa jg, trus petugasnya sudah d hubungi tetapi tetap tidak tersambung jg…lalu solusinya bagaiman???????????????????????

      • qumar
      • Januari 13th, 2013

      bakar aja modem nya…

  2. @ sujirno adi
    Cabok si Speedy

    • priyo adi saputra
    • November 20th, 2011

    kenapa speedy sangat lelet,,,, mau buka fb aja butuh satu jam,..

    • bara
    • Desember 6th, 2011

    saya pelanggan speedy paket familia, speednya kira” 1 Mbps, cuma pas saya tes pake speedtest, disana tertera downloadnya cuma 0.53, jarang bisa lebih banyak dari itu.
    trus pas petugas datang, saya tunjukin hasil tes pake speedtest itu, katanya dih hasil test di speedtes bukan jaminan seberapa banyak yg dikirim dari telkom, itu gmn ya??

    • Yg di iklan, brosur, dll itu cuma kecepatan “up to” atau “sampai dengan”. Selalu ditulis atau disebutkan koq; tapi ya gitu deh orang2 jualan emang paling enak ngakalin ketidak telitian dan kecuekan orang Indonesia. 🙂

    • al rahman
    • Desember 11th, 2011

    saya juga pelangan speedy telkom paket family, masalah kecepatan yang kamu hadapi hampir sama dengan yang saya hadapi. kecepatan setelah saya test dengan speedtest speedy dan juga speedtest yang lain termasuk dengan speedtest program (software) yang katanya lebih akurat kecepatan itu selalu turun apalagi disaat siang hari bahkan sampai putus koneksi jaringan. masalah ini sudah saya laporkan berulang kali dan berulang kali pula petugas telkom memperbaikinya tapi sampai saat ini masalah itu terus terjadi.

    • rudy
    • Januari 21st, 2012

    saya pelanggan speedy selalu bayar tepat waktu tapi speedy tidak tepat janji enggak cocok tuh ……????????

    • rudy
    • Januari 21st, 2012

    saya sarankan kepada speedy kalau belum siap jangan dulu buka jaringan internet malu tuh dengan janji

  3. He’ eh Kesian tuh ame nyang usahanye warnet,ayo dong speedy perbaikin jaringan global nye, byr nye kan lebih mahal dari jaringan nyang laennye,ayo jgn kalah ame jaringan yg laen nyang bayarnye lebih murah.

    • fastabiqul khoirot
    • Maret 5th, 2012

    iya nie kadang” juga kalau mau buka browsing itu gag bisa ke buka malah ada tulisan server not found itu bagaimana caranya dan apa maksudnya itu kn artinya tidak bisa menemukan jarigan server

  4. klo blum dibayar gmna mas??

    • amariin
    • Juni 23rd, 2012

    Terima kasih atas informasinya ,tau begitu saya ga akan sering protes ke speedynya langsung….

    • zaenal
    • Oktober 28th, 2012

    Stlh sy bc uraian diatas…..intinya kt ttp hrs telf 147….dan akan didatangi petugas max 3×24…..!!! Solusi paling tepat……ganti aja pake modem gsm indosat.sy sudah membuktikan!!!….dan lancar jaya sampe sekarang!!!!!….maaf telkom,bkn sy mediskriditkan!!!!….tp kenyataannya mmng sperti itu. ID speedy saya 131312108565

    • akhina_str
    • November 29th, 2012

    Sampai kapan ini koneksi “BRUTAL” begini . . . Paket 2mbps . . .yang terbaca cuma 315 KBPS . . . . .PAYAH.com

    • harnotopri
    • Desember 8th, 2012

    speedy memang bukan provider yang tepat janji,, untuk pelayanan pun bisa dinilai lambat,,, mungkin untuk jaringan dsl nya yang belum diupgrade dalam menghadapi membludaknya pengguna internet diindonesia… saya harap ini bisa jadi masukan speddy agar bisa memperbaiki jaringannya service providernya jika tidak ingin kehilanga konsumen secara masal.

    • Jee Dinata
    • Maret 31st, 2013

    samapai sekarang juga tetap aja permasalahan speedy ya itu itu juga
    bayar tepat waktu,koneksi tetap bikin malu…
    kalo telkom gag memperbaiki masalah klasik itu,lama2 bakal kehilangan pelanggan tuh, walaupun berbagai macam promo di buat untuk menarik pelanggan.
    telpon rumah? sudah banyak yg lebih milih HP
    flexy? udah banyak yg pindah ke provider lain
    speedy? nunggu giliran ditinggalkan nih 🙂

  5. Telkom Speedy?
    Rate: 10 jempol kebawah

  6. Telkom Speedy?
    Rate: 10 jempol kebawah

    • moni
    • April 20th, 2013

    udah 3 minggu koneksi putus nyambung, modem udah diganti, udah nelp 147, kirim email, telpon ke plasa, terakhir datengin plasa dengan membawa bukti speedy error, gak pernah ada tanggapan sampai hari ini pun koneksi putus nyambung terus, SPEEDY EMANG GOBLOG!!!

  7. nyo kadang

  8. cit kon

  9. warnet saya mati nyambung tolong cek untuk petugas sepidy

  10. speedy blm siap untuk mentenance , karna ga ada yang namanya bagian theknisi adanya bagian masang doang 😀 jutaan klien gitu loh harus brp jutaan juga theknisinya 😀
    lebih baik sedikit mahal ketimbang cuman penyesalan yang didapat..

    #bubar bubar hehehe…

    • tiara
    • Desember 30th, 2015

    indih0me lama penangannannya….3 hari 2 malam usaha sya rugi……banget….ngomongnya doang mao d atasi….tp mana…masa perbaikan aja sampe berlarut-larut…emang ga punya stok apa….

      • yoga permna
      • Desember 31st, 2015

      Ibu tinggal dimana yah.? klo boleh saya tau?

    • vamps
    • Januari 16th, 2016

    Saya 2 bulan indihome bayar g pernah telat..
    Tapi saya bayar cuma untuk dibikin emosi..
    Puluhan pengaduan jawaban sama..
    Apa cobak?

    • vamps
    • Januari 16th, 2016

    Huu

  11. bener tuh saudaraku semua, satu sisi sy trimakasih dgn speddy bisa ada penghasilan tambahan, tapi sy juga kecewa dgn pelayanan yg kurang bagus dari pihak speddy, kronalogis :
    1.bulan januari 2016 jaringan mati total selama sebulan
    2.tgl 7 februari 2016 jaringan konek tapi tidak maksimal dipakai siang hari selalu putus-putus. Kalau malam bagus.
    3.tgl 7 februari sore sampai dgn sekarang ini tiap hari sy konfirmasi ke 147 tapi blm juga baik.

    kira-kira kemana lagi hai saudaraku sy harus mengadu. berikan solusi apa sy hrs lapor ke kantor kodim, polsek apa dokter hewan……pusing pala by…by…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar