Cliche’s Dari Sinetron Indonesia

Berikut adalah kompilasi dari segala macam yang cliche di sinetron Indonesia. Sebetulnya ga cuma sinetron Indonesia aja koq, sinetron Taiwan dan Korea juga ga kalah ancurnya kalo kita objektif dalam menilai. Tulisan-tulisan dibawah bukan gua yang nulis, karena gua lebih suka mengisi waktu yang sangat berhaga itu lebih baik diisi dengan hal-hal yang lebih produktif. Thanks banget buat teman-teman di forum Video Games Indonesia yang cukup tabah meluangkan waktu mereka, nontonin sinetron untuk menulis list ini. Jadi mohon maaf kalo agak aneh karena gaya menulisnya berbeda-beda. List aslinya yang lebih ter-update, bisa kita dapatkan disini.

  1. Protagonis cewe akan selalu sabar setengah mati sampe dicelakain berkali-kali sama antagonis, bakal diem terus, kecuali sinetronnya uda mau abis.
  2. Akan selalu ada orang yang gengsinya ketinggian. Dan biasanya jadi antagonis.
  3. Genrenya pasti antara: Romance, Slice of Life, Horror ato Religi. Action ga bakal pernah.
  4. Anda akan selalu menyebut diri anda sendiri dengan 3rd person view bila bicara dengan orang yang dikenal dan jauh lebih tua (bicara dengan orang tua, jangan bilang ‘aku’, sebut nama lu!).
  5. Plot device untuk membunuh orang adalah tabrakan mobil. Entah cuma kecelakaan kepada karakter utama/pendukung ato cara menghukum antagonis terakhir.
  6. Dan yang nabrak pun bakal diem aja di depan TKP, ga mau tanggung jawab ataupun kabur biar jadi tabrak lari. Si tukang nabrak orang pun sebagian besar ga bakal dikasih nama ataupun kepentingan di cerita mendatang. (Sering kan, pas yang ditabrak ditangisin temen/cewenya, mobilnya dieeeem aja. Bukannya si tukang tabrak keluar dari mobil, ato mobilnya bawa kabur kek)
  7. Ular pembelit macam ular piton atau sanca akan menjadi berbisa seperti ular kobra. Makanya, hati-hati kalau kamu ke dunia sinetron dan ketemu ular piton. Digigit, mampus lu.
  8. Ustad-ustad pasti dibekali dengan silat untuk membasmi setan. Kayak di movie2 Hong Kong soal hantu aja. Kenapa bisa begitu? Ya… Karena emang udah kayak begitulah di sinetronnya! Atau Tuhan memberi session Pencak Silat gratis untuk tiap orang yang jadi Ustad?
  9. Bicara soal ustad… Agama di sinetron pasti selalu Islam. Ga pernah ada sinetron Katolik, Kristen, Buddha atau Hindu. Ini bukan penghinaan agama, lho! (kec. sinetron Nyla itu kali ya?)
  10. Plotnya seputar cinta segi tiga dan rebutan harta
  11. Kalo lagi marah, standardnya mata melotot dengan background musik pake simbal
  12. Kalo lagi berpikiran jahat, matanya disipit2in sinis sambil main2in mimik mulut
  13. Tokoh karakter suka ngomong sendiri, gw rasa maksudnya kalo direal life bergumam dalam hati15. Pembicaraan Selalu FULL FACE penuh 1 monitor TV
  14. Make up super tebal padahal aslinya talentnya ga seputih itu
  15. Pencahayaan Setting malam ake lampu sorot jauh biru di belakang pepohonan. (Malem tapi kok terang banget)
  16. Susah bedain suasana PAGI,SIANG,SORE Semua lightingnya terang abisss..
  17. Org kaya, rumahnya selalu mewah gaya victoria.
  18. MESKIPUN MISKIN DAN MELARAT, TERLANTAR dan DISEKAP/DICULIK, TALENTNYA TETEP DANDANANNYA LUAR BIASA BAGUSNYA DAN TETAP CANTIK. (cuman ada coreng2 hitam sedikit)
  19. Sarapan selalu ROTI TAWAR & JUICE JERUK
  20. Makan malam bersama selalu ada NASI DI CENTONG dan makan di ruang dinner gaya victoria.
  21. MUSIKNYA MIDI SEMUA, TOTALLY MIDI SEMUA DARI KEYBOARD macam ROLAND/KORG
  22. Berhubung dengan Point 7. Apabila anda bertemu dengan seekor monster atau ular berukuran normal di rumah anda tanpa alasan jelas, jangan kabur. Berteriaklah ketakutan, jadi anda bisa difrag tuh monster/ular dengan gratis.
  23. Biasanya, kalo karakter antagonis lagi marah, dia bakalan melotot, musik bakalan genjreng2 tambah rame dan muka si antagonis bakalan disorot selama kurang lebih 5 detik
  24. Make Up buat karakter anak cewek SMU yang menyebalkan terlalu berlebihan …
  25. Darah-nya agak terlalu PINK
  26. Mobil yang dipake ngebunuh pasti masih utuh tanpa lecet…
  27. Adegan kejar”an pake mobil cuma di cepetin kameranya …
  28. Kanker otak sama leukimia penyakit paling sering muncul di sinetron
  29. Banyak kembaran sama sering lupa ingatan
  30. Selalu pasrah sama tuhan, tapi gak pernah mau berusaha (biasa orang yang ditindas ini )
  31. Orang yang jahat, jahat banget kek setan kesurupan setan, yang baek, udah kek malaikat aja
  32. Orang2 figuran di sinetron kek supir taksi, tukang pos, aktingnya ancur abis kek anak SD maen drama didepan kelas
  33. Semua sinetron maennya di primetime dan ampir di semua station (bikin kesel nih, untung ada kabel )
  34. Kl ada scene solat pasti pake nangis.
  35. Jatoh dari tangga terbukti mematikan. Pasti guling2 dengan pasrah sampe bawah, terus darah pasti keluar dari hidung dan sedikit dari mulut.
  36. Peran protagonis masih akan mencintai dan menyayangi si antagonis, mau diinjak2 kyk apapun. Dan nanti di akhir cerita, waktu si antagonis tobat dan jadi baik, mereka akan berpelukan sambil nangis bahagia.
  37. Berhubung Poin 39. Kalau antagonis tidak tobat… Pasti langsung kabur dari rumah lalu mati ketabrak mobil bernama ‘Plot Device’. Seperti mobilnya nongol sendiri tanpa supir, kemudi dan gas otomatis dan SREEET!! Matilah sang antagonis. Supirnya mau ngerasa bersalah, cuek ataupun juga mati, sinetron doesn’t care.
  38. Kamera akan selalu di slow down sebelum tulisan ‘Bersambung’ nongol.
  39. Berhubung poin 41. Apabila tidak di slow down, kamera akan berganti2 antara FULL FACE muka si protagonis yang lagi melas, dan si antagonis yang sedang melotot, sambil diiringi SFX “JENG! JENG! JENG!” dengan kecepatan yang makin lama makin cepat sampai keluar tulisan “bersambung”nya keluar.
  40. Para penghuni rumah walau dirumah gak mo pergi kemana2, full dandan spt mo pergi ke pesta bahkan ada ibu2 yang pake sanggul wig…wakakak in real life keseharian pake sanggul wig dirumah ? Bahkan ada yang mau tidur tapi tetep pake eye shadow…
  41. Sekarang aktor/aktris mukenya masih bau kencur ada yang dapet peran jadi bapak2/ibu2 atau esmud, ada yang menambahkan efek2 dahi berkerut dengan garis2 hitam arang atau efek ubanan tapi muke full make up
  42. Pemeran pembantu sebagai yang ngerame2in seperti adegan demo atau sebagai massa lagi ngejar2 seorg karakter, mimik mukanya terlihat kaku dan gak bisa acting
  43. Mobilnya kalau mau nabrak (entah berhasil atau tidak) ga ada tanda-tanda pengemudi injak rem atau banting setir
  44. Tidak ada karakter abu abu, yang putih; putihh banget terlalu bae dan pemaaf, bila hitam pasti selalu jahat ga ada bae baenya
  45. Setiap tidur pasti dengan lampu full nyala, emang sihhhhh ada orang phobia dengan tidur dengan full gelap, tapi ga semua orang di sinteron kan? Gue sih silo kalo tidur lampu utama dengan 2 lampu di meja kanan kiri nyala
  46. Accesories siswa sekolah kayak lolipop, kalung warna warni, bando pelangi, anting, gelang dll
  47. Kalo ke sekolah pasti tasnya ceplek, ketauan ga ada bukunya di dalam tas, paling cuma 1 buku digenggam di tangan
  48. Mencerminkan perilaku sekolah yg buruk, dengan mengeluarkan seragam sekolah…
  49. Peratiin ga sekarang, setiap kali telepon pasti pake HP (si PENELEPON), untuk si penerima telepon juga pake HP, dikit yg pake telpon rumah
  50. Mereka butuh cari kontrak rumah baru, ada bbrp sinetron yg setting rumahnya sama, yg paling terkenal rumahnya sinetron Bidadari itu, dan banyak sinetron mistis dari Indosiar
  51. Paling Gokil lagi, bikin shooting di Cafe tapi bukan di Cafe, shooting cuma di rumah/studio dihias dengan bbrp meja bertaplak dan lampu warna warni… Paling kerenan lagi kalo setting outdoor cafe cuma pake taman rumah…
  52. Karakter protagonis kadang2 kurang cerdik. Ada sesuatu, dia bisa2 malah bingung gak jelas. Sementara karakter antagonis, cerdiknya udah wow!
  53. Yang jahat kelewat jahat, yang baik kelewat baik …
  54. Sekarang sinetron lagi model pake 1 nama semua; cahaya, aisyah, kasih, intan, liontin, kutu, kupret, dll
  55. Coba kalian perhatikan kalo settingnya di suatu tempat (seperti: terminal, diskotik, pasar, dll dech pokoke yang berkaitan dengan orang banyak). Orang yang mondar-mandirnya PASTI orang yang sama dengan baju yang sama.
  56. Polisi selalu datang belakangan (meniru India kali yach)
  57. Perhatikan backsoundnya PASTI yang itu2 lagi
  58. Luka akibat kecelakaan lalu lintas umumnya ada di kepala, berupa diperban atau minimal diplester.
  59. Credit Title pada saat Ending harus disertai dengan sponsor dalam bentuk scan kartu nama yang norak dan menunjukan jenis usahanya dan harus sampai terbaca.
  60. Nenek sihir harus pake cutex hitam
  61. Dalam keadaan apapun di rumah: santai, sibuk umumnya menggunakan perhiasan minimal anting atau jam tangan.
  62. Taxi yang digunakan biasanya blue bird.
  63. Polisi lalu lintas di sinetron bisa bertugas mengusir penjahat dan menumpas teroris.
  64. Seluruh direktur dan pekerja kantoran cowok (white collar) harus menggunakan baju lengan panjang+dasi.
  65. Kalo adegan tabrakan mobil, bukan mobilnya yang kebalik, tapi kameranya yang muter
  66. Kenapa yah tempat ajep ajep sinetron Indonesia Teraaaaaaanng bgt
  67. Terus kalo mau ngomong aja di tempat clubbing dengan nada suara normal (bukannya harus dengan tereak tereak karena harus melawan suara musik?) Apalagi scene kalo dialog dengan telepon ga ke WC tuh biasanya kalo ngangkat HP
  68. Musik ama suasana suka ga singkron
  69. Di Cafe/pesta ulang tahun/pesta lainnya dkasih minumnya hampir selalu minumnya sirup strawberry n melon aduh gatau rasanya yg penting warna merah dan hijau
  70. Kalo bangun tidur pasti masih full make up palagi khusus cewe bulu matanya masih nangkring kayak jangkrik….
  71. Ibu2 gedongan kalo dirumah pake sendal/sepatu hak tinggi…gak varises yah ? Huaihsu
  72. Dan obat merahnya selalu ditetesin setelah kain kasa ato perban ditempel. Buktinya? Obat merahnya bisa keliatan sama para pemirsa kan? Pdhl kalo gw luka sih, kain kasanya ditetesin obat merah dulu sebelum ditempel ke atas luka.
  73. We all know how its gonna end ^^
  74. Lho bukannya kita justru ga tau kapan abisnya? Kan diperpanjang terus episodenya ampe beratus ratus dan beranak pinak cucu mungil
  75. Kejar tayang, menyebabkan kualitas isi sinetron dipaksakan dengan akting yg STD
  76. Penjahat pasti naeknya jeep & pake jaket kulit warna item
  77. Scene pesta ultah, pasti ancurnya gak karuan & tamu2nya pasti kaku luar biasa model & gerakannya.
  78. Rata2 sinetron sekarang musti ada pembantu yg dandanannya menor kayak orgil + bagong
  79. Rata2 juga ada peran orang gendut yg kerjanya makan melulu
  80. Entah kenapa, “musuh” dari pemeran utama selalu merupakan manusia bersifat jahat. Kyk gak ada variasi “musuh” laen (misal, penyakit, adat, norma etc)
  81. Scenario untuk keguguran kandungan adalah jatuh/didorong dari tangga…
  82. 80% ABG smu di sinetron jahat2 semua,berpakaian menor,kl ada protagonis lwt ntr dsindir dgn muka sinis..kdg di jegal pk kaki(kaya street fighter aja di sengkat) n kl ud jato nti pada disorakin hhuuuuuuuuuuuuuu rame2 ama para pendukung n penjilat nya yg ga jlas motif nya knp ikut2an sebel ama protagonis pdhl ga ada urusan apa2,akting para penjilat nya jg parah abis
  83. Rata2 semua film sinetron org tajir semua,rumahnya bak istana..biarpun ada yg miskin jg rumah nya ud termasuk mewah buat org miskin nya
  84. Semua sinetron sistem kejar tayang semua,keliatan dr mutu cerita ama mutu akting nya
  85. Utk khusus sinetron baru2 jaman skrg mayoritas pemerannya yg masih muda2 ato abg yg mukanya blh di bil cakep2 tp akting ancur amburadul,artis kawakan jmn dulu ud ga dipake alasannya mahal n kl pk abg sekarang yg ga bs akting lbh murah
  86. Para sutradara,produser ama script writer,semua nya pada ga ada urat malu bikin sinetron yg ancur2 gt tanpa ada perbaikan sm skl
  87. Sinetron selalu menghiperbolakan istilah “Money is the root of all evil”
  88. Protagonis, yang nantinya jadi cewek super cantik, pasti dandanannya : kacamata bingkai tebel dan lebarnya gak wajar, ada freckles buatan di mukanya, rambutnya dikuncir 2, pake behel, mau yang diluar atau yang didalem, pakaiannya rapi dan sopan
  89. For thi stime period, kebanyakan judul sinetron yahhhhh nama si pemeran utamanya ituu
  90. Untuk sinetron remaja, surganya para cowo kalo di sekolah soalnya para tokoh utamanya yg cewe baik yg protagonis maupun yg antagonis selalu berbusana super ketat n rok selalu diatas lutut, yang lebih baik lagi make up yg bikin tu cewe jadi cantik
  91. Judul atau lirik lagu – lagu lokal yang lagi ngetop biasanya dijadikan judul filmnya, bahkan yang lebih parah judul filmnya itu dijadikan nama tokoh utamanya
  92. Figuran yang berjoget di diskotik dalam film sangat tidak alami… Kaku banget jogetnya… N biasanya diskotik yang ada tuh sempit banget, kayak diskotik kelas bawah padahal yg pergi orang elit
  93. Ngomong2 soal elit, rumah2 mewah yang dipakai dalam sinetron biasanya itu itu saja… Kekurangan lokasi syuting rumah mewah mungkin
  94. Selalu muncul masalah baru jika film itu tidak ingin dibikin klimaksnya ( contoh : cinta fitri, gila tuh film dari yg gw demen nonton awalnya ampe eneq gw nontonnya gara2 masalahnya ga abis2 )
  95. Selalu ada peran untuk si bencong, si bawel, si menor, dan si gila
  96. Lagu opening dan endingnya selalu sama biar uda berapa episode juga ga diganti2 lagunya
  97. Tokoh utama si anak jalanan / miskin terlihat sangat terpelajar dilihat dari cara bertutur kata, tidak terlihat logat asli anak jalanan
  98. Peran anak kecil terlihat sangat kaku dalam berakting, terlihat dari cara berbicara yang terbata2 seperti mendiktekan teks drama
  99. Suatu judul sinetron kadang ga nyambung ama isi ceritanya karena kebanyakan judul sinetron yang dipakai diambil dari judul lagu BAND yg lagi booming (mungkin saat ini tidak karena mostly pake judul nama PEMERAN UTAMA semua, waktu tahun2 lalu ada judul AKU BUKAN UNTUKMU, KALA CINTA MENGGODA etc capek dehh)
  100. Opening Title sinetron dijadikan promosi lagu lagu suatu band bahkan lebih medok lagunya daripada nama nama si pemeran di sinetron bahkan band tersebut bisa 1 album lagunya dijadikan soundtrack sinteron (Letto, Ungu, Gigi, Drive dll)
  101. Anak kecil kalo kesel sama orang tua pasti complainnya dengan kata2 “Mama/Papa/Tante/Oom jahat!!”. Bukannya “**** you!” aja sekalian… Eits, kayaknya enggak mendidik banget.
  102. Aktor / aktris sinetron rata rata ga berpeluang buat pelari.. Karena rata rata selalu gagal dalam mengejar orang (baik itu karakter protagonist ataupun antagonist).. Ngejer orang yg baru pergi 2 detik aja bisa ketinggalan.. Ngejer anak kecil yg lagi lari aja bisa ketinggalan (seringnya figuran antagonist merasa kecapean sampe ngos ngosan.. Padahal yg dia kejer cuma anak kecil)
  103. Buat sinetron laga.. Baik itu yg kolosal.. Pas lagi ada adegan perang atau berantem.. Sementara fokus kamera tetep ke jagoan yg lagi berantem ama penjahatnya.. Figuran yg lagi berantem atau perang selalu sama gerakannya.. Gerakan memutar mutar pedang sambil joget joget..
  104. Pemaen indo ga bisa ngecover bentuk dari stuntman.. Profesionalismenya ga ditonjolin.. Kadang bulu keteknya juga ga bisa disembunyiin.. Padahal udah jelas pemaennya adalah cewe..
  105. Bagi pemaen amatir setiap dialog pasti ga fokus.. Mata selalu ngelirik ke samping kanan atau ke kiri.. Bukannya ke lawan dialognya.. Figuran figuran yg terlibat.. Misalnya ngetawain orang yg jatoh.. Bukannya ketawa fokus ke orang yg jatoh tapi lirik kiri lirik kanan..
  106. Credit title segede bagong.. Kadang malah nutupin wajah pemaennya itu sendiri.. Termasuk iklan iklan berukuran jumbo.. Tetep.. Donatur adalah segalanya..
  107. Hp di sinetron punya teknologi canggih semua.. Navy keynya lebih canggih dari punya nokia sekalipun.. Tanpa search nomor.. Bisa kesambung dengan cuma 1x pencet..
  108. Teh manis berpeluang jadi minuman keras.. Apapun itu minumannya.. Pasti warnanya coklat terus.. Sekalipun putih palingan cuma aer..
  109. Ironinya setiap orang masih ada yg kekurangan aer.. Kesulitan dapetin aer.. Sementara kalo tamu lagi dateng pasti langsung disuguhin minum.. “pak / bu, ga usah repot repot..” “ahh gpp.. Cuma aer..” (kalimat yg paling sering diucapin kalo ada adegan bertamu)
  110. Mobil mogok ga pernah kayak keliatan mogok.. Ga pernah ada asep.. Cuma dibikin njut njutan aja.. Tau tau dateng yg dateng sebagai montir pun cuma butuh waktu 5 detik buat ngebenerinnya.. Buka kap.. Puter puter aki.. Trus suruh si sopir (biasanya sih cewe) buat ngegas..
  111. Kalo sinetron tersebut laku & sukses, dipanjang2in ceritanya walau udah maksa abis, contoh: sinetron Tersanjung ampe Tersanjung 6
  112. Kalo ada orang yang dikabarkan mati tapi badannya hanyut di sungai ato ga ketemu badannya, dia sebenarnya belum mati. Dia sebenarnya sudah diselamatkan oleh seseorang di sebuah desa dan hanya hilang ingatan. Dia akan segera kembali lagi dengan nama yang berbeda.
  113. Karaker utama cowok selalu cakep. Karater utama cewek selalu cantik. Keduanya saling menyukai. Dan kalo ada karakter lain yg suka sama salah satu dari karakter utama, pasti kualitasnya “nggak banget”. (Orangnya bloon, bego, jelek, dll)
  114. Kalo adegan di mobil, sandaran kepala jok mobil pasti dilepas (biar ketika ngeshoot kameranya gak kealingan sandaran kepala keknya)
  115. Jika terjadi percakapan 2 orang di dalam mobil yang di shoot bergantian, laju mobil tidak sinkron bisa tiba2 lebih cepat / lebih lambat
  116. Adegan kecelakaan mobil umumnya di shoot dari kaca depan, terlihat bayangan ranting dan dedaunan, adegan diperlambat, dan terdengar suara rem yang sama “ckiiit brak”
  117. Sound effect yang dipake di sinetron ancur-ancuran, masa orang ditampar bunyinya kek orang ditonjok bugg gituh
  118. Sinetron tentang siswa SMU pasti menggunakan formula “cinta segitiga”
  119. Nama2 sinetron yg pake nama cewek ga jelas pasti tokoh utamanya super innocent dan pure baik hati…
  120. Anak SD pun bisa lebih kejam daripada “ibu tiri”
  121. Di sinetron orang yang naek motor (biasa si penumpangnya) kagak pernah pake helm, dengan rambut berkibar-kibar, angkat2 tangan. , bener-bener gak memberikan contoh baik buat masyarakat.
  122. Tokoh jagoan yang abis diusir dari rumah malem-malem pasti gak lama ujan gede, padahal dari kemaren2 cuaca cerah gak pernah ujan
  123. Tokoh yang suka melotot, pasti bisa dipastikan… JAHAT! Sementara tokoh baik matanya pasti di kecil-kecilin…
  124. Kalo adegan berdoa pasti ada nangis nangisnya
  125. Cerita awal2nya bagus biasanya jiplakan. Lama2 kalo uda ketahuan ngjiplak ceritanya dirubah malah jadi amburadul.
  126. Orang kaya gak punya logat daerah. Yang berlogat (betawi, jawa, gunung kidul, cina, batak, dll) biasanya cuma kebagian peran pembantu atau ‘rakyat jelata’.
  127. Cuma di nagabonar jadi 2 orang kaya logatnya batak
  128. Meskipun dianggap jelek (cheesy b movies, a piece of crap bla bla bla) tapi masih ditonton juga
  129. Yang nonton sih bukan gue heheheee tau deh yg lain, yang nonton adalah orang orang yang ga ada kerjaan atau yang ga sibuk pas jam tayang sinetron
  130. Setidaknya sebagian dari sinetron itu adalah ‘pencerminan’ dari kehidupan kota Jakarta, sehingga banyak orang diluar Jakarta meniru-niru fashion dan budaya sinetron tersebut
  131. Identik sama sound efek simbal.. Kan kl film india tuh keyboard/terompet gitu ..
  132. Film layar lebar horor selalu menampilkan diskotik/pub sbg tempat having fun sebelum terjadi kejadian atau bertemu dgn hantu atau bahkan ditempat itulah mereka bertemu dgn hantu
  133. Tempat ajeb2 selalu di hiasin pake lampu warna-warni (kesannya kampungan)
  134. Klo rating dari penonton naek plot selalu berubah… Cth: dulu ada sinetron yg protagonisnya mati, tp penonton pd tertarik. Lgs diidupin lgi tu protagonis…. Skrg ada sinetron yg pemeran utamanya anak balita yg dirawat sama 3 anak SMU, niat sutradaranya ngebuad tu anak makin lama beranjak dewasa. Tp karena penonton suka sama tu anak lgs berubah plot jd ttp anak balita sampe skrg….

Blogged with Flock

  1. Di VGI-nya udah update tuh boss…:mrgreen:

  2. mass..

    aku ngopi tentang yg klise” dari sinetron ini yaa!!
    tenggs banget.. gokil abis.
    mampir dongss. tapi aku masii novice soal ngeblog =)

  3. Gua senang kalo lu suka, Izul🙂
    Ok tentu, tetap semangat.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: