Dengan mudah mengubah PC anda menjadi WiFi Hotspot

Kini ada cara mudah mengubah PC kita menjadi WiFi hotspot tanpa membeli pemancar WiFi terdedikasi yang mahal itu. Yang kita butuhkan adalah:

  • Laptop yang memiliki WiFi internal atau PC dengan WiFi adapter.
  • PC atau Laptop itu memiliki koneksi kabel dengan internet. (Speedy, Biznet, Fastnet, dll)
  • Windows 7
  • Software Connectify yg bisa didapatkan gratis di: http://www.connectify.me/download/index.html

Meski dirumah sudah ada pemancar WiFi sendiri; tapi kadang dikantor juga perlu. Di kantor belom pasang pemancar, jadi sementara menggunakan solusi ini cukup baik. Kelemahannya adalah PC yang dijadikan host harus selalu menyala. Tapi karena lingkungan kantor PC saya selalu menyala, mustinya tidak masalah. Hehehe..

Saya menggunakan WiFi adapter ini karena PC yang saya gunakan belum memiliki WiFi internal. Alat ini saya beli di toko komputer dengan harga yang cukup murah sekitar 100rb-an.

Setelah dicolokan ke USB port, Windows 7 langsung mengenali adapter ini secara otomatis. Setelah itu download software Connectify dari link diatas, dan install di PC Windows 7 anda. Setelah terinstall dan dijalankan pertama kali, Connectify akan mengeluarkan paduan dalam mensetting WiFi. Paduannya cukup mudah koq:

  • Pada layar pertama, adalah layar “Welcome” klik Next
  • Di layar “Network Name” masukan nama hotspot anda. Ini bebas namanya, tapi harus diisi. klik Next
  • Setelah itu di layar “Password”, masukan kata sandi yang kita mau. Mininal 8-63 karakter. klik Next
  • Kemudian di “Share Connection”, pilih Local Area Networking. klik Next
  • Paduan selesai, disini juga bisa kita mengabarkan keberadaan software ini di situs2 jejaring sosial anda

Nah sekarang kita bisa memulai menggunakan WiFi hotspot bikinan kita sendiri. Saya sudah mencobanya dengan iPod Touch dan Nokia E71, dan puji Tuhan bisa berjalan dengan lancar 🙂 Selamat mencoba..

    • dia
    • Juni 10th, 2010

    seberapa jauh jangkauannya gan???

  1. Tergantung adapter wifi kita. Mungkin mulai dari 10 meter sampai ratusan meter, sekali lagi tergantung spesifikasi alat wifi dan kondisi ruangan. 🙂

  2. gan, kok gak cocok ya denga win7 Stater

    • Andi
    • Oktober 30th, 2010

    windows vista gmn?

    • aries
    • November 23rd, 2010

    gan, dimana bs beli s/w

    • denny
    • Januari 10th, 2011

    windows xp gimana kok gak kompetibel ya….

    • faizal
    • Februari 1st, 2011

    boos bgimna cara mngetauhi ada nggaknya wifi internal di pc….help

    • andy sitanggang
    • Februari 15th, 2011

    nambahin.. pada dasarnya setiap laptop generasi terakhir punya yg namanya card wifi ..nah dgn modal ini bisa laptop jadi hot spot wifi, tanpa harus membeli alat2 yang dijual provider..dengan memakai connectivity tentunya..utk dpt memancarkan sinyal sharing dari laptop..sy sdh coba sampai jarak 10 meter bisa dipancarkan dgn laptop DELL yg sy punya dan hasilnya sngt memuaskan full bar….satu hal software connectivity hanya bisa jalan di windows 7 kecuali windows 7 starter yg harus diupgrade ke windows 7 ultimate, home atw enterprise.. ,,install connectivity jg hrs dilakukan pada saat terkoneksi dgn internet..spy detect langsung dgn jaringan..selanjutnya direstart ulang..ikuti prosedur dan petunjuk pada website connectivity..ok bro met mencoba..

    • billy
    • April 23rd, 2011

    @ all : saya mau tanya sedikit nih… dan mohon dibantu diberi jalan keluarnya…
    saya punya problem saat menginstal aplikasi Connectify ini di laptop saya yg OS.nya sudah Win 7 Ultimate.
    Permasalahannya adl, setelah proses download Connectify berhasil, kemudian dilanjutkan dengan proses Installing. Nah begitu sampai proses Installing ini, proses install.nya selalu berhenti dan tidak ada respon sama sekali…
    Namun, kalau usb modem yg sy pake saya Disconnect, proses Installing.nya langsung berjalan lagi sampai Complete.
    Namun anehnya, kalau proses Install aplikasi Connectify ini sudah berhasil, modem tidak mau di connect.kan lagi, dan selalu muncul tulisan Error….
    Yang ingin saya tanyakan, apakah GSM USB Modem bisa dijadikan koneksinya atau tidak ?
    Kalau bisa, langkah-langkah apa saja yang harus sy lakukan…
    Demikian pertanyaan saya. Terima kasih sebelumnya, buat bantuannya…

    • @Billy
      disini yg kita butuhkan adalah PC yg terkoneksi internet secara KABEL. Dongle yang kita pakai disini ada lah WiFi ADAPTER, bukan modem GSM. 😀

      • aif
      • Juli 31st, 2012

      pake modem GSM jg bisa d share pke connectify biar ky hot spot gtu…
      tp siap2 z tuh kuota modem kmu cpt habis…

    • bejoe
    • Agustus 15th, 2011

    kalo pake internet modem tuk koneksi internetnya koq gak bisa? gimana caranya biar bisa?

    • justinko
    • September 21st, 2011

    ?crack nya mana

  3. saya mau tanya.. saya kan pke modem usb.. dan mau membuat wifi dari modem tersebut,,
    apakah bisa wifi adapter di jadikan sumber wifi ?
    yg saya taukan wifi adapter cuma buat menangkap sinyal wifi,,,
    klo bisa bagaimana caranya agar modem usb bisa di jadikan sumber wifi,,, makasih

      • aif
      • Juli 31st, 2012

      tnggl install connectify nya z,bisa lngsng ky wifi ko…
      klo yg pke adapter wifi tuh yg pke sumber internet’a di wifi

    • teguh168
    • November 10th, 2011

    numpang nimbrung nih, laptop/netbbok biasanya sudah ada wifi internalnya dan dari situ bisa sharing network internet anda dengan menggunakan setting home network ato buat lebih mudahnya gunakan network sharing ad hoc disitu anda akan diminta untuk membuat nama dan security (wep) bisa dibuat tanpa security (open). jadi gal perlu repot beli wifi reciever/ ngedownload connectify (XP not recomend) yg versi berapapun.
    semoga beguna tip’s ini sobat.
    BN: network sharing ad hoc cuma bisa antar PC/laptop/netbook.

    • Lie
    • Desember 28th, 2011

    Tolong dibantu dong….sy punya modem Wellcomm W238G apakah bisa diupgrade menjadi wifi? diPC sdh Win 7 Ultimate, ada TP-Link n Access point Linksys juga, thanks sobat

  4. Nambahin saja , sebenar nya pakai laptop sudah bisa di fungsikan sebagai HotSpot , saya sudah mencoba nya pakai modem aha sebagai media internet nya, sedangkan pembagian share nya saya pakai software connectify Pro . Semoga berguna

    • cokey
    • Maret 26th, 2012

    klw saya g pke lan.hanya pakai modem bisa ngga gan thx

  5. windows xp g bisa ya pren ??

    • Ica
    • Agustus 24th, 2012

    kalau PC saya pakai windows xp bs ga? PC kntr sudah terkoneksi dengan LAN tapi saya mau jadikan agar bisa wifi ke hp atau ipad saya… gimana caranya yah? beli wifi adapter ini dmn yah? wifi adapter ini yg bisa jadi wifi kan yah…… thanks info nya… 🙂

    • Nugroho
    • Agustus 26th, 2012

    mas kenapa saya coba connect dari ipod touch ga bisa ya ?hanya loading terus dan ga connect2 ?

    • teja
    • September 11th, 2012

    saya coba install conectivity masuk run untuk administrator. saya isi paswordnya untuk administrator kok ndak bisa ya?ada yang bisa bantu

    • enjoysqr
    • September 16th, 2012

    Sy menangkap wifi tetangga sy yg menggunakan username dan pass (mikrotik) apakah signal hotspot itu sy shared ad hoc ke laptop yg lain…thank’s bro

  6. nih buat bikin connectifity nya jadi PRO …
    email : rohieth123@ymail.com
    serial number : 6UMQPR-D2WNUN-KJJQ98-ZGE721-7Q5Q1C-CGATBK-LXLDV5-2MBNBG-VE4RW6-JQEJ48-ZNYGFV-JULNNG-5K4RU3

    moga aja masih bisa dipake …

    • erfan
    • Oktober 8th, 2012

    sekedar sharing..
    saya pake netbook dgn OS win7starter bisa kok pake connectify..
    tinggal download trus install..
    memang waktu download ada comment maybe some features not support with your OS..tp sampai saat ini lancar2 aja..

  7. saya udah download file nya tapi waktu mau diinstall kox minta sandi administator yeah…????
    tolong bantuanya donk saya ga bisa install nhe…

    • bajing
    • Desember 11th, 2012

    apakah semua PC yang akan menerima signal dari connectify harus dibekali hardware arau software juga?

    • selatan
    • Januari 16th, 2014

    seberapa tinggi om pujianya

  8. apakah semua wifi adapter bisa dipake gan? apa semua bisa memancarkan hotspot?

    • wawan
    • Desember 27th, 2016

    untuk nge cek PC dengan WiFi adapter gimana?

  9. My partner and I stumbled over here different web address and thought
    I might as well check things out. I like what I see so now i’m following you.
    Look forward to going over your web page for a second time.

  1. Desember 22nd, 2016
    Trackback from : Tips Cantik Wanita
  2. Februari 12th, 2017
    Trackback from : Harga Kosmetik

Tinggalkan komentar